IBX5981FE7FCD958 Berbagai Macam Headphone Amp Untuk Latihan!

Berbagai Macam Headphone Amp Untuk Latihan!

Guitarsquartz.net - Headphone amp? Mungkin pernah mendengar istilah tersebut. Di dunia pergitaran, yang dimaksud dengan headphone amp adalah alat untuk berlatih gitar atau bass, tanpa perlu membawa amplifier atau alat pengeras suara apapun, jadi hanya butuh headphone + gitar/bass + headphone amp saja!
unsplash-logoLui Peng

NOTE : Saat membeli, pastikan keyword "headphone amp" yang dimaksud benar-benar untuk gitar, karena ada juga headphone amp khusus untuk gadget, laptop, atau komputer yang SAMA SEKALI bukan untuk gitar.

 Jadi baca dulu dengan benar deskripsi produk di marketplace atau berbagai toko online sebelum membeli "headphone amp" khusus untuk gitar...

Baca Juga : 6 Tips Dan Trik Melatih Perpindahan Chord Gitar Dengan Cepat!!!

Fungsi Headphone Amp

Fungsi utama headphone amp gitar dan bass, tentu saja untuk berlatih sendiri dimana saja, tanpa suara berisik yang bakal mengganggu orang di sekitar kita. Kadang situasi membuat kita tidak bisa berlatih dengan volume yang keras.


Berbagai Macam Headphone Amp Untuk Latihan Gitar Dan Bass

Mari kita lihat beberapa jenis headphone amp yang ada di pasaran saat ini. Beberapa sudah ada di Indonesia di berbagai marketplace, tapi ada juga yang harus kita beli dari luar negeri, tinggal kita sesuaikan saja dengan kebutuhan kita....

  • Valeton Rushead

Headphone amp ini berharga sekitar 500 ribuan. Salah satu yang termurah, tapi sudah memiliki fitur yang cukup lengkap. Memiliki aux in untuk sumber audio dari handphone, music player, dll. Baterainya rechargeable dan bisa tahan sampai 4 jam. Ada 3 versi untuk gitar dan satu unuk bass.
Valeton



  • Vox Amplug 2

Vox ikut meramaikan kembali headphone amp untuk gitar dengan meluncurkan Amplug, yang sekarang sudah mencapai generasi kedua. Secara fitur sama dengan Rushead, hanya Vox masih mengandalkan baterai AAA sebagai sumber tenaganya. Vox Amplug2 tersedia dalam 6 tipe untuk gitar dan 1 untuk bass.
Vox Amplug 2


  • Mooer Audiofile

Mooer sedang naik daun sebagai pembuat efek analog dan digital berkualitas asal China. Audiofile adalah headphone preamp pertama buatan Mooer, namun tidak seperti dua headphone amp sebelumnya, Mooer Audiofile sedikit berbeda. Audiofile diharuskan menerima output dari efek gitar atau bass.

Jadi diletakkan paling belakang, setelah efek terakhir dipedalboard kita. Berguna saat kita ingin latihan dengan menggunakan seluruh efek dipedalboard kita, atau untuk monitor sound pribadi. Audiofile juga sudah dilengkapi cabsim, sehingga bisa juga di colok langsung ke mixer.
Mooer Audiofile


  • Roland GO Mixer

Sebenarnya alat ini untuk rekaman dengan smartphone, tapi masih bisa difungsikan buat headphone preamp. Roland GO Mixer memang lebih tepat disebut sebagai interface daripada headphone preamp. Dengan berbagai pilihan input, serta kemampuan merekam ke smartphone, Roland GO Mixer fiturnya cukup lengkap. Memang rada-rada overkill kalau kita menggunakannya sebagai headphone amp, walaupun tentu saja masih bisa.
Roland GO Mixer



  • Spire Studio

Nah, alat ini juga terbilang bukan headphone amp sebenarnya. Spire, hasil karya dari iZotope ini bisa untuk merekam langsung ke smartphone, dan juga mixing dan beberapa efek yang terkoneksi juga ke smartphone. Spire ini lebih cocok dibilang sebagai alat untuk menulis lagu daripada hanya sekedar headphone amp.
Spire



  • Line 6 Pocket Pod

Line 6 dikenal dengan berbagai multiefek serta plugin digitalnya. Line 6 juga membuat seri POD yang terkenal itu menjadi versi headphone amp. Input dan outputnya tidak jauh berbeda dengan headphone amp pada umumnya, namun sudah dilengkapi dengan berbagai simulasi efek dan amplifier berkualitas ala Line 6.
Line 6


Ok, sampai di sini dulu artikel tentang berbagai headphone amp untuk latihan, semoga pembaca dapat memilih headphone amp mana yang sesuai. Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya di Guitarsquartz.