IBX5981FE7FCD958 7 Merk Gitar Bass Terbaik Dunia

7 Merk Gitar Bass Terbaik Dunia

GuitarSquartz.net - Gitar Bass adalah salah satu instrumen yang ada dalam sebuah band. Kendati demikian, banyak orang awam yang kurang mengetahui Gitar Bass menjadi salah satu komponen yang membuat alunan musik terdengar selaras. Mungkin beberapa dari mereka hanya mengetahui keselarasan tersebut berasal dari gitar, drum dan vokal yang dibawakan. Padahal diantara beberapa instrumen tersebut, Gitar Bass memiliki andil yang cukup besar dalam terciptanya sebuah alunan musik yang bersih dan padat.

Bass dapat diibaratkan sebagai kaki dan tangan dari sebuah permainan band. Bass adalah penentu sebuah chord yang selaras. Jadi, selain bass memiliki kunci-kunci dasar, bass juga memiliki kunci bass yang bervariasi namun tetap sesuai dengan ketentuan nada yang benar. Lebih istimewa lagi, bass menjadi alat musik yang memandu gitar atau keyboard. Bahkan bass dapat mengisi kekosongan ketukan yang ada dalam sebuah permainan drum.

Berbicara tentang Gitar Bass, banyak merk Gitar Bass yang cukup terkenal dan dijadikan andalan oleh para pemain Bass profesional. Gitar-gitar Bass ini juga banyak dihasilkan oleh perusahaan gitar ternama. Berikut 7 merk Gitar Bass yang memiliki kualitas terbaik tingkat dunia.

1.     Gitar Bass Ibanez
Gitar Bass Ibanez menjadi primadona para pemain musik dengan aliran metal. Namun tidak jarang para musisi jazz juga turut menggunakannya. Ibanez sudah terkenal sebagai perusahaan Jepang penghasil salinan kualitas instrumen yang setara dengan Amerika. Saat ini Ibanez sudah berdiri dan berkembang menjadi produsen instrumen dengan peralatan besar di bawah nama merk sendiri. Varian Gitar Bass yang banyak diminati oleh pemain musik adalah tipe SR dan BTB Bass.

2.     Gitar Bass Gibson
Gitar Bass ini memang tidak terlalu populer dikalangan pemusik pemula. Eksistensinya dalam pemusik pemula banyak tertutupi oleh gitar bass seperti Explorers, Les Pauls, SG dan Fly VS. Sebaliknya, para profesional justru banyak yang mendambakan kepemilikannya seperti jenis Firebird yang juga digunakan oleh Nikki Sixx dan Motley Crue.

3.     Gitar Bass Yamaha
Gitar Bass Yamaha memang tidak diragukan lagi sebagai produsen alat musik yang beragam mulai dari gitar, drum, piano sampai xylophone. Kendati demikian produk gitar bass dari Yamaha ini juga tidak boleh diremehkan. Beberapa tipe seperti Yamaha RBX170 menjadi salah satu Gitar Bass Yamaha yang sesuai dengan kebutuhan musik anda.

4.     Gitar Bass Fender
Dalam setengah abad terakhir, hampir semua genre musik menjadikan Fender sebagai andalannya. Fender terkenal sebagai Gitar Bass pasif dengan 4 senar. Namun dalam lineupnya, Fender juga memiliki spesifikasi sebagai bass aktif dengan 5 senar. Musik dengan genre Jazz dan Precision Bass banyak menggunakan Gitar Bass Fender ini. Di Amerika, Fender terkenal sebagai gitar bass yang cukup menguras kantong. Namun Fender juga menyediakan beberapa varian yang cukup ramah di kantong seperti MIM Bass Dan MIM Precision asal Meksiko.

5.     Gitar Bass Squier
Jika sebelumnya sempat disinggung tentang Fender kualitas “standar” dengan harga yang lebih murah, Squier mungkin adalah salah satunya. Squier dapat digolongkan sebagai Fender kelas 2. Squier banyak digunakan oleh mereka yang ingin merasakan sensasi bermain Fender dengan harga yang cukup terjangkau. Squier biasanya di patok dengan harga 2 juta kebawah. Kendati demikian, Squier pernah merilis varian Classic Vibe dan Vintage Modified  series yang menjadi intrumen Gitar Bass terbaik.

6.     Gitar Bass Rickenbacker
Meskipun tidak sepopuler Fender, Rickenbacker banyak digunakan oleh musisi terkenal seperti Paul McCartney, John Entwistle, Geddy Lee dan Lemmy Kilmister. Gitar ini banyak mengusung genre musik rock selama dekade eksistensinya. Sayangnya di Indoensia, Gitar Bass ini masih jarang ditemukan.

 7.     Gitar Bass Warwick
Warwick  dari Jerman ini patut masuk dalam deretan atas dalam daftar dengan merk terbaik Gitar Bass. Beberapa seri seperti Corvette, Streamer dan Thumb menjadi salah satu model instrumen yang menghasilkan tonewoods eksotis yang dilengkapi dengan finishing sempurna. Maka dari itu, merek Gitar Bass ini dipatok dengan harga yang cukup tinggi.

Dari beberapa merk Gitar Bass terbaik kelas dunia diatas, manakah yang paling anda idamkan?