IBX5981FE7FCD958 Cara Belajar Teknik Dasar Gitar keroncong

Cara Belajar Teknik Dasar Gitar keroncong

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Ukulele adalah alat musik seperti gitar namun bentuknya lebih kecil dari gitar pada umunnya dan hanya memiliki 3 atau 4 senar saja tidak seperti gitar biasa yang menggunakan 6 atau 7 senar. Dalam perkembangannya, Ukulele memiliki nama populer di beberapa daerah seperti kencrung, cak, dan cuk serta untuk cak dan cuk biasanya ada dalam musik keroncong.

Memainkan gitar Ukulele sangatlah mudah tidak seperti gitar biasa, Anda seorang pemula dalam memaikan alat musik yang dipetik ini pasti langsung bisa, asalkan Anda di sarankan sudah mempunyai gitar ukulele sendiri.

Berikut ini Guitarsquartz.net akan memberikan tips bagaimana cara teknik dasar gitar keroncong

1.Prinsip pertama mengusai chord atau kunci dasar gitar ukulele. Chord dari ukulele sendiri sangat banyak dan beragam. dan kunci dari ukulele yang bersenar 3 dan senar 4 sangat berbeda. Dibawah ini adalah kunci dari ukulele.

Berikut untuk kunci dasar gitar ukulele yang bersenar 3


Cara Belajar Teknik Dasar Gitar keroncong


Untuk kunci dasar gitar ukulele yang bersenar 4

Cara Belajar Teknik Dasar Gitar keroncong


2.Prinsip ke 2 adalah menyetem gitar ukulele Anda dengan nada tidak fals. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mencari nada LA di senar A (paling bawah). Pencarian nada bisa menggunakan pendenganaran atau bisa menggunakan alat semacam piano. Silakan di putar-putar dulu sampai menemukan nada LA

Baca juga:


Selanjutnya Anda harus mencari senar G (paling atas). Caranya adalah jika Anda menekan di fret nomor 2 pada senar G, maka bunyinya akan seperti senar A.

Selanjutnya senar E. Untuk mencarinya silakan Anda pencet pada fret nomor 3, jika suaranya seperti senar G. Maka Anda sudah berhasil menemukan nadanya.

Selanjutnya senar C. Coba Anda tekan fret ke 4, dan sesuaikan supaya bunyinya seperti senar E. Untuk lebih jelas cara menyetem Ukulele bisa cek disini

Sekarang coba bunyikan satu per satu dari atas, maka suaranya akan terdengar SOL DO MI LA. Silakan Anda sesuaikan suaranya sampai benar-benar pas. Mungkin ini sangat susah karena harus memiliki pendengaran yang sangat kuat dan peka. Saya akui saja, saya sangat kesulitan dengan cara ini. Sangatlah susah untuk mencari nadanya.

Oke, cukup sekian dari saya tips belajar teknik gitar  koroncong, semoga bisa membantu Anda yang sedang belajar alat musik ukulele. Dan bagi anda yang mempunyai pertanyaan seputar gitar ukulele bisa tinggalkan komentar dibawah ini...





0 comments: