IBX5981FE7FCD958 Stompbox Preamp Untuk Sound Direct Gitar

Stompbox Preamp Untuk Sound Direct Gitar

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Semakin banyak gitaris yang manggung tanpa amplifier, langsung direct ke mixer. Selain lebih sederhana dan ringkas, sound setiap kali manggung bisa lebih konsisten.

Tapi untuk bisa direct ke mixer, kita butuh stompbox preamp dan cabinet simulator atau cabsim. Cabsim sudah pernah kita bahas, nah mari kita sekarang membahas stompbox preamp.


Stompbox Preamp ?

Dikenal juga dengan nama preamp-type pedal, amp-in-a-box (AIAB), amp simulator. Sering juga disebut simulator amplifier.

MOOER Micro Preamp Series, contoh stompbox preamp dengan teknologi digital. 


Sebenarnya apa yang disimulasikan? Yaitu karakter preamp dari sebuah amplifier tertentu. Penyusun sebuah amplifier gitar terdiri dari power amp dan preamp section. Preamp section ini yang kita lihat di muka amplifier, dengan EQ bass, mid, treble, presence, dan kontrol lainnya.

Preamp section adalah salah satu faktor yang menentukan karakter suara gitar. Setiap amplifier gitar tentu punya karakter preamp yang sendiri. Nah, dengan stompbox preamp/AIAB tersebut kita memiliki karakter suara amplifier gitar di dalam sebuah stompbox.

Ada berbagai macam variasi stompbox preamp. Ada yang memiliki karakter suara ampli Marshall, Fender, Mesa Boogie dan lain-lain. Ada yang analog dan digital juga.



Mengapa Harus Menggunakan Stompbox Preamp Untuk Sound Direct Gitar

Tentu saja berfungsi sebagai pengganti amplifier gitar. Preamp stompbox preamp biasanya berukuran cukup kecil hingga bisa muat di pedalboard, disamping efek-efek lainnya juga.

Catalinbread Galileo, contoh stompbox preamp yang memiliki karakter ampli Vox AC30


Untuk yang sudah pernah mencoba direct ke mixer tanpa cabsim atau stompbox preamp, pasti menyesal hehe. Karena suara yang terdengar akan kasar dan tajam, serta membuat telinga sakit.

Jika kita latihan di studio, suara yang kita dengar tentu berasal dari amplifier gitar dan bass. Menggunakan stompbox preamp dan cabsim menjaga agar suara gitar kita tetap terdengar 'seperti suara gitar' ketika di colok ke ampli.


Stompbox Preamp = Pedal EQ ??

Bisa ya dan tidak. EQ pada stompbox preamp memiliki karakter 'ampli' yang kuat, berbeda dengan pedal EQ yang hanya menambah atau mengurangi frekuensi tertentu tanpa memberikan karakter tambahan pada suara gitar.

Memang ada beberapa amplifier dengan preamp yang netral tanpa memberikan karakter tertentu. Tapi sangat jarang, dan biasanya hanya ampli gitar akustik atau bass yang memiliki preamp netral tanpa karakter.


Berbagai Karakter Suara Stompbox Preamp 

Wah, sangat banyak. Tapi yang paling populer contohnya karakter suara ampli Marshall, Vox, Mesa Boogie, Orange.

Tech 21 Character Series, contoh stompbox preamp analog


Ada juga yang membuat stompbox preamp atau AIAB dari amplifier lain, tapi empat nama di atas adalah yang paling sering ditemukan.

Setiap stompbox preamp memiliki keunikannya masing-masing, ada yang lebih cocok untuk clean, crunch, ada juga yang bersuara bagus untuk metal, rock, dan sebagaianya.


Contoh Menggunakan Stompbox Preamp Untuk Direct Ke Mixer

Urutan dari gitar sampai ke mixer yang disarankan bisa kita lihat dibawah ini :


Stompbox pedal preamp yang kita gunakan adalah Boss FBM-1. Overdrive(JHS Double Barrel) dan Xotic EP Booster kita taruh sebelum FBM-1, lalu efek seperti reverb, delay, chorus diletakkan setelah FBM-1. Gitar masuk dari EP Booster hingga akhirnya keluar dari output XLR Cabzeus (atau cabsim lainnya).

Kita lihat contoh lainnya :

Pada contoh pedalboard diatas, kita gunakan stomp preamp pedal Victory Countess. Karena stompbox preamp ini sudah ada 2 channel, jadi tidak perlu banyak efek overdrive. Tapi tetap kita tambah fuzz ala Big Muff dari ARC effects dan sebuah EP Booster untuk variasi saja.

Ada dua efek diatas, yaitu Strymon Skyline (delay) dan Neunaber Immerse. Kedua efek ini ditempatkan setelah  Countess, sementara Big Green dan EP Booster tetap di depan, sebelum masuk ke input Countess.


Jadi singkatnya, efek seperti overdrive distorsi, atau fuzz dilettakan sebelum preamp pedal. efek lain seperti modulasi,chorus, delay, reverb, setelah preamp pedal.


Bisakah Tidak Perlu Pakai Cabsim dan Hanya Preamp Pedal Saja ?

Bisa saja, selama preamp pedal kita memiliki cabsim bawaaan. Memang stompbox preamp dan cabsim adalah pasangan yang paling tepat. Jika kurang satu, seringkali gitar terdengar kurang indah.

Tech 21 Character Series versi 2 sudah memiliki cabsim bawaan yang bisa di aktifkan. 


Tidak terlalu banyak pedal preamp/stompbox preamp yang sudah ada cabsimnya. Mooer Micro Preamp sudah memiliki cabsim bawaan yang dapat diaktifkan. Untuk yang analognya, Tech 21 Character Series ada yang bisa diaktifkan cabsimnya, yaitu Character Series versi ke 2-nya.

Sayangnya Tech 21 tidak melanjutkan produksi character series alias sudah discontinued.



Ada Gak Solusi Yang Murahnya Gitu? 

Jika kita lihat berbagai merk preamp pedal diatas, rata-rata harganya bikin kita males untuk membelinya. Tapi jangan takut, untuk kita gitaris dengan budget terbatas masih ada cukup banyak pilihan buat preamp pedal/stompbox preamp/ Amp In A Box. Mari kita lihat !



  • Behringer GDI21




Pedal preamp ini adalah 'tiruan' dari Tech 21 GT2. Tentunya dengan harga yang jauh lebih murah serta casing dan switch yang terbuat dari plastik. Untungnya pedal preaamp ini masih analog jadi, masih bisa dibetulkan dan di modifikasi.



GDI21 memiliki suara cukup baik untuk tugasnya sebagai preamp pedal, meskipun tidak spesial atau perfect. Bisa juga jadi langkah pertama untuk gitaris yang sedang belajar membangun pedalboard.



  • Valeton Coral Amp


Kalau tadi yang analog, maka Valeton menawarkan pedal preamp digital dalam bentuk casing mini 1590A.

Coral Amp memiliki belasan simulasi amplifier gitar, plus dengan cabsim yang bisa diaktifkan lewat tombol. Dan yang lebih praktis lagi, Coral Amp ini ada channel A/B nya untuk 2 sound berbeda.


Ok semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca Guitarsquartz.net. Preamp pedal dan cabsim adalah solusi tepat untuk yang ingin tampil tanpa menggunakan amplifier atau sering juga disebut direct. Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guuitarsquarz.net !!

Baca Juga Berbagai Artikel Menarik Lainnya :

Cabinet Simulator Dan Fungsinya Untuk Live Serta Recording

5 Multiefek Terbaik Untuk Gitaris Pemula




0 comments: