IBX5981FE7FCD958 Tips Kombinasi Efek Gitar Sederhana Untuk Live

Tips Kombinasi Efek Gitar Sederhana Untuk Live

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Gitaris tentunya ingin tahu apa saja efek yang digunakan gitaris favorit mereka. Namun ketika melihat settingan efek dan ampli mereka, kita hanya bisa melongo karena begitu rumit dan ribetnya jalur efek dan signal chain mereka...

Mencari Sound Gitar Yang Pas

Mencari sound gitar memang tidak sama untuk semua orang. Ada yang hanya butuh 4 efek saja, ada juga yang butuh 40 ! Jika Anda belum pernah menonton film dokumenter "It Might Get Loud", dimana The Edge (gitaris U2), menunjukkan rig efeknya yang luar biasa.

(btw rugi banget kalau belum nonton film ini....)

The Edge dan seluruh rig efeknya.

Tentunya tidak semua gitaris membutuhkan pedalboard efek sebesar lemari baju. Untuk situasi seperti band wedding, cover classic rock, atau top 40, hanya membutuhkan beberapa efek basic saja. 

Contohnya seperti clean boost, overdrive atau distorsi, chorus, delay mungkin sedikit reverb. Dengan efek tadi kita sudah bisa memainkan hampir sebagian besar lagu populer. Kemudian kita bisa menambahkan beberapa efek 'spesial' lain seperti tremolo, octaver, atau synth.


Pakai Multiefek Saja..???

Multiefek untuk gitar dan bass kini sudah semakin canggih dan bersuara semakin bagus. Sayangnya semua jenis multiefek yang bagus itu harganya cukup mahal, diatas, 4 jutaan. 

Beberapa multiefek tercanggih yang ada saat ini


Walaupun multiefek pasti menyediakan semua kebutuhan sound kita sebagai gitaris, rasanya tidak semua efek yang ada akan kita gunakan. 

Itulah kelebihan stompbox dan pedalboard. Kita bisa bebas mengganti efek sesuai dengan yang kita butuhkan. Dan tidak perlu masuk menu dan segala macam editing, pokoknya tinggal plug and play. 


Beberapa Contoh Kombinasi Efek Gitar Sederhana

Berikut ini adalah contoh gabungan efek stompbox untuk berbagai jenis musik. Tentunya silakan disesuaikan, ditambah dan dikurangi sesuai dengan kebutuhan. 


  • Untuk Cover Classic Rock 


Pedalboard di atas menggunakan ukuran Pedaltrain NANO+ . Untuk sound classic rock sebenarnya hanya butuh distorsi dan overdrive saja. Tapi Sansamp Classic ditambahkan buat simulasi amplinya, btw bisa diganti dengan pedal preamp lainnya.

Distorsinya standar, Boss DS 1 ditemani overdrive Digitech Bad Monkey. Katana Clean Boost untuk booster volume yang transparan untuk clean, drive, atau distorsi. 

Efek delay paling belakang pakai TC Electronic Flashback Delay, buat pemanis sound solo gitar. Delay juga bisa diganti reverb atau efek modulasi lainnya. 

Tanpa pedal wah? Pedal wah bisa ditaruh paling depan sebelum Bad Monkey atau diantara Sansamp Classic dan Katana Boost. 



  • Untuk Cover Top 40, Wedding, Classic Pop, Dll


Efek untuk jenis musik ini memang bisa lebih variatif karena setiap lagu tentu berbeda-beda kebutuhan part gitarnya. Untuk sound utamanya lebih banyak clean, clean dengan modulasi dan crunch (tidak banyak distorsi).

Efek-efek diatas adalah : EHX Micro POG >> EHX Soul Food >> RC Booster >> Keeley Germanium Super Phat Mod >> Boss FBM 1 >> Line 6 M5

Boss FBM bertindak sebagai EQ juga sekaligus preamp untuk sound clean ala ampli Fender. RC Booster adalah clean boost plus dengan EQ untuk membentuk tone gitar sekaligus booster.

Kemudian ada dua overdrive, EHX Soul Food dan Keeley Germanium Super Phat Mod. Soul Food adalah overdrive sejenis Klon Centaur. Karakternya halus dan tidak terlalu menghentak overdrivenya.

Sedangkan Keeley untuk sound drive yang sedikit lebih 'kotor', tapi tidak high gain. Kedua overdrive tadi saling melengkapi , karena sound untuk band sejenis top 40, wedding, dan lainnya tidak butuh distorsi yang terlalu tajam.

Kemudian ada tambahan Micro POG di awal sebagai tambahan efek dan juga bisa untuk menambah ketebalan suara gitar.


Untuk Grunge, Hard Rock, Punk

Efek untuk jenis musik ini memang lebih straight forward dan tidak neko-neko. Kebanyakan oakai efek overdrive, distorsi, kadang juga fuzz. Modulasinya hanya satu, yaitu Strymon El Capistan.

Tech 21 California hanya bertindak sebagai clean preamp dan selalu menyala. Distorsi dan overdrive semuanya datang dari efek saja. Satu lagi yang mungkin kurang, adalah noise gate. Biasanya diletakkan di paling belakang.


Ok segitu dulu tips dan trik kali ini, nantikan baca juga berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net !!


Baca Juga Berbagai Artikel Menarik Lainnya

Stompbox Preamp Untuk Sound Direct Gitar




0 comments: