IBX5981FE7FCD958 Berbagai Pedalboard Ukuran Mini Yang Ringkas

Berbagai Pedalboard Ukuran Mini Yang Ringkas

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Portabilitas atau kemudahan untuk dibawa bepergian menjadi salah satu trend musisi saat ini. Teknologi memungkinkan gitaris membawa lebih sedikit efek sehingga lebih mobile dan tidak perlu terganggu beratnya barang bawaan.


Mengapa Pedalboard Mini?

Kecuali kita adalah gitaris profesional dengan jadwal tur dan rekaman yang padat, sebagian besar dari kita malas untuk memiliki pedalboard berukuran besar plus segala efek, kabel power, dan kerumitan di dalamnya.

Belum lagi biaya perjalanan yang mahal dan kena charge jika bawa terlalu banyak barang. Karena itu banyak gitaris yang bereksperimen dengan pedalboard berukuran mungil alias mini. Dan lagi, semakin banyak perusahaan efek yang membuat berbagai efek ukuran mini juga seperti Mooer misalnya.

Banyak perusahaan pembuat aksesoris gitar juga peka terhadap hal tersebut dan banyak yang membuat berbagai pedalboard dengan ukuran kecil yang bisa muat tas pedalboard kecil atau di kantong gigbag.

Pedalboard Untuk Gitaris Minimalis

Tidak semua gitaris atau bassist membutuhkan belasan efek stompbox. Ada juga yang hanya mengandalkan gitar, beberapa efek dan sebuah amplifier.

Tentu urusan sound gitar berbeda untuk semua orang, tapi jika Anda termasuk pengguna efek yang minimalis maka pedalboard mini cocok buat Anda.

Contoh Pedalboard Mini Yang Ada Di Pasaran

Ternyata tidak sulit menemukan pedalboard mini untuk kebutuhan kita. Cukup banyak pabrikan yang membuat pedalboard mini berkualitas, baik lokal maupun produk internasional. Dibawah ini adalah beberapa pedalboard yang kami rekomendasikan..


  • Mooer Stomplate PB-01


Pedalboard mungil ini bisa dilipat dengan mudah sehingga masuk ke dalam case kecil yang menjadi opsi saat membeli pedalboard ini. Saat direntangkan, PB-01 bisa membuat cukup banyak efek gitar. Tapi perhatikan ukuran panjang efek, karena diutamakan untuk efek berukuran mini seperti buatan Mooer...


  • Pedaltrain Nano


Salah satu pembuat pedalboard profesional dan banyak digunakan gitaris dunia. Pedaltrain terbuat dari bahan logam yang kuat dengan cat yang cukup tahan lama.

Nano adalah ukuran pedalboard terkecil yang dibuat Pedaltrain. Rongga persegi ditengah untuk memuat kabel jumper dan power ke efek agar lebih rapi dan tidak terbelit.


  • Rockboard DUO 2.0


Pedalboard ini memiliki banyak lubang untuk menyembunyikan kabel, dan cukup ringan karena terbuat dari logam lembaran. Tapi jangan ragukan kekuatan pedalboard ini karena berteknologi Jerman..

Banyak ruang di bagian bawah pedalboard buat mounting power supply dengan ukuran besar. Rockboard jugamenyediakan mounting khusus untuk berbagai ukuran power supply. Pedaboard yang baru diluncurkan bulan Mei lalu tersebut juga sudah ada bonus perekat efek dan cable ties.


  • Boxxcase Microboxx 1


Produk lokal ini sudah banyak dibicarakan karena kualitasnya. Kelebihan Microboxx adalah pedalboard yang jadi satu dengan tutup case, menjadi ukuran koper kecil. Tentu berguna untuk menjaga settingan efek tidak berubah, dan yang lebih penting agar efek tetap awet dan tidak cepat rusak.


  • MONO Lite Pedalboard


Pedalboard buatan MONO ini sangat sederhana tapi juga efektif. Ringan dan pas untuk yang hanya memiliki 2-3 efek (tergantung ukuran efek, efek lebih kecil bisa muat lebih banyak).

Bentuknya yang seperti huruf U, memungkinkan banyak ruang dibagian bawah pedalboard untuk memasang power supply, berbagai kabel jumper dan efek, serta mungkin satu atau dua efek tambahan yang selalu on. MONO Lite juga sudah termasuk velcro kuat buatan 3M.


  • Gator Mini Bone


Mungkin pedalboard terkecil yang diproduksi oleh pabrik, Gator Mini Bone untuk gitaris atau bassist dengan efek minimalis, 2-3 efek saja (tergantung ukuran efek). Terbuat dari polyethelene, plastik kuat yang bisa menahan benturan.

Bagian bawahnya sudah dilengkapi velcro untuk menahan efek. Disediakan juga tas kecil menarik untuk membawa pedalboard mungil tersebut.

Buat Pedalboard Sendiri??

Pada artikel  Berbagai Bahan Murah Untuk Membuat Pedalboard, kita sudah bisa membuat pedalboard sendiri dari bahan-bahan yang sudah ada di sekitar kita. Jika pedalboard yang ada tidak sesuai dengan yang kita inginkan maka kita bisa membuat sendiri dengan material dan peralatan yang murah dan mudah ditemukan. 

Ok, sampai disini dulu nantikan berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net !!




0 comments: