IBX5981FE7FCD958 Tips Efek Bass Untuk Band Pop Punk

Tips Efek Bass Untuk Band Pop Punk

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Pop punk, sebuah genre yang pertama kali dipopulerkan oleh Blink 182 dan kemudian berjaya di tahun 2000-an. Beberapa band pop punk masih ada dan terus berkarya. Musik pop punk lebih sederhana dan lebih mementingkan pesan lagu dari pada kerumitan teknik pemainnnya.

Beberapa band pop punk yang tenar di tahun 2000-an

Kebutuhan Sound Band Pop Punk 

Untuk efek bass band pop punk, sebenarnya sangat sederhana. Langsung colok amplifier pun bisa. Tapi dengan sedikit tambahan efek bakal membuat suara bass di band pop punk kamu lebih terdengar jelas dan tidak tertutup suara gitar dan drum.

Suara bass untuk band pop punk, membutuhkan attack yang tajam (bisa menggunakan pick) dan frekuensi mid yang jelas. Bassist band pop punk biasanya memainkan bass dengan pick walau ada juga yang menggunakan finger picking atau jari untuk memetik senar bass.

Fender Precision sering digunakan bassist pop punk


Kita bisa menggunakan bass apa saja, tapi bass sejenis Fender Precision sering digunakan karena suara low nya yang punch dan mid serta treble yang cukup dominan. Tapi selebihnya, kita bebas menggunakan bass apa saja.

Apa saja efek yang bagus untuk suara bass band pop punk?

Sebenarnya tidak terlalu banyak, tapi beberapa efek ini akan sangat membantu gigs pop punk bersama band Anda.


Preamp/Amp Simulation
Efek tipe preamp pedal atau amp simulation bisa membuat sound bass pop punk lebih nendang, karena ada tambahan karakter simulasi amplifiernya. Efek jenis ini rata-rata juga bisa direct ke mixer, seandainya ampli panggung kurang bagus atau tidak ada amplifier bass.

Sansamp Bass Driver adalah preamp pedal yang paling banyak digunakan

Salah satu contoh preamp pedal yang sudah terkenal adalah Tech 21 Sansamp Bass Driver. Sansamp ini semacam standar untuk suara bass rock, dan masih pas digunakan untuk pop punk. Untuk preamp pedal ini bisa kita set untuk sound yang clean atau bersih.

Berbagai pedal preamp lain contohnya adalah, GK Plex, Hartke Bass Attack 2, Ampeg SCR-DI, Aguilar Tone Hammer dan beberapa produk lainnya.

Untuk sound clean sudah ada, lalu bagaimana dengan efek lainnya?


Efek Overdrive Bass
Dengan preamp pedal pun sudah cukup, tapi untuk menambah variasi suara untuk part-part tertentu, efek overdrive bass bisa kita gunakan.

BOSS ODB-3, salah satu contoh bass overdrive.

Efek overdrive bass ini bisa kita set light low gain atau high gain. Biasanya settingan low gain yang tidak terlalu banyak overdrivenya sudah cukup untuk membuat suara bass sedikit menonjol.

Tergantung kebutuhan lagu, untuk bass pop punk kita tidak memerlukan terlalu banyak overdrive. Beberapa efek overdrive bass lainnya contohnya seperti, MXR Bass Overdrive, Darkglass B3K, EHX Bass Soul Food, Ampeg Scrambler, dan  masih banyak lagi.


Tuner
Meskipun band pop punk, yang namanya bass setem harus tetap di jaga hehehe.... Tuner berbentuk pedal stompbox paling pas untuk kebutuhan panggung, karena bisa 'mute' suara bass ketika kita sedang menyetem bass atau bisa juga untuk mematikan suara ketika mengganti bass.

TC Electronic Polytune 3



Tambahan : Compressor
Compressor atau kompresi dapat menjaga agar volume bass stabil dan tidak terlalu banyak 'loncat' volume nya, karena bisa menyulitkan soundman hehe.

Seymour Duncan Studio Bass Compressor


Sebenarnya compressor ini sifatnya tambahan saja, bisa digunakan atau tidak. Kalau kita bisa menjaga permainan bass dengan level yang stabil dan dinamika yang tidak terlalu banyak, maka kita tidak terlalu butuh efek jenis ini sebenarnya.



Efek bass untuk pop punk memang sederhana, karena tidak butuh banyak variasi untuk suara bassnya. Lebih penting adalah bermain dengan stabil serta memilih not-not yang tepat saat memainkan lagu, kita lebih fokus pada permainan kita.

Sampai disini dulu, nantikan terus berbagai artikel menarik hanya di Guitarsquartz.net !!


0 comments: