IBX5981FE7FCD958 Memilih DI Box Untuk Bass

Memilih DI Box Untuk Bass

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Kemarin kita sudah sempat membahas kegunaan DI box atau direct box untuk bass. Kali ini kita akan melihat beberapa DI box terbaik untuk penggunaan dengan bass elektrik.

DI Box Untuk Bass

Pada artikel kemarin sempat dibahas kekurangan direct box atau DI box untuk bass, yaitu tidak adanya tambahan karakter suara selain suara asli bass.

Walaupun untuk situasi tertentu sangat berguna, ada juga pemain bass yang menghindari DI box karena suaranya yang terdengar 'steril' atau dingin. Tidak seperti suara bass dari amplifier yang bulat dan penuh energi.

Karena itu banyak DI box khusus untuk bass, dilengkapi dengan preamp dan EQ agar suara dari direct box tidak terlalu 'steril'.

Pemain bass harusnya sudah tahu Tech 21 Bass Driver DI, sebuah DI box dan preamp yang didesain khusus untuk bass dan sudah menjadi standar bagi banyak pemain bass.

Tech 21 Bass Driver DI sudah menjadi standar untuk DI box khusus bass

Karena itu pada artikel ini sebagian besar DI box nya memiliki EQ dan preamp, karena menurut kami fitur tersebut membuat DI box lebih fleksibel untuk kebutuhan pemain bass...


Beberapa Fitur Yang Sering Ditemukan Pada DI Box Bass

DI Box khusus bass tentu memiliki fitur yang disesuaikan kebutuhan pemain bass. Kita akan lihat beberapa fitur tersebut...  Tapi perlu diingat juga jika fitur ini tidak selalu ada pada semua DI box bass.

  • Pad Switch : Berguna saat kita menggunakan bass aktif. Pad untuk mengurangi volume bass yang terlalu tinggi. 
  • Paralel Out : Output yang bisa digunakan untuk menghubungkan pedal tuner.
  • Phantom Power : Untuk DI box yang membutuhkan daya, bisa menggunakan phantom power dari mixer. 
  • XLR out : output yang kita hubungkan ke mixer.
  • 1/4 out : output yang kita hubungkan ke amplifier. 

Contoh Koneksi DI Box Bass

Biasa nya DI box untuk bass memiliki jalur koneksi seperti ini :
DI box bass yang menjadi contoh (Tech 21 Bass Driver) memiliki 4 colokan. Input (dari bass atau output efek), Parallel Output (untuk ke tuner atau amplifier; tanpa dipengaruhi EQ), XLR Out (ke mixer atau perangkat lain dengan colokal XLR), dan 1/4 Out (ke ampli ; dengan diepngaruhi EQ dan karakter preamp).

Khusus untuk parallel out, biasanya lebih sering digunakan untuk tuner. Jarang untuk ampli karena hanya paralel dari jack input.

1/4 out sudah memiliki karakter dari preamp dan EQ dan bisa juga digunakan untuk preamp tambahan untuk memperkuat suara bass standar.

XLR (male) out digunakan ke untuk output direct ke mixer. Phantom power bisa digunakan melalui XLR out untuk memberi daya pada direct box ini.

Pada artikel  "Pentingnya DI Box Untuk Gitar Bass Elektrik", DI box biasa tidak memiliki fitur sebanyak Bass Driver misalnya, karena didesain untuk bisa digunakan untuk semua jenis instrumen. Jika karakter suara bass natural, maka DI box lain bisa kita gunakan.

Tapi jika butuh suara DI yang tebal seperti amplifier, maka gunakan DI box khusus bass dengan preamp dan EQ.

Berbagai Contoh DI Box Untuk Bass

Berikutnya, kita lihat berbagai DI box yang sudah diakui kehandalan nya oleh para bassist dari seluruh dunia. Dan sebagian besar dari produk DI box ini sudah bisa kita temukan di Indonesia. Mari kita lihat !


  • GK Plex


Bass preamp DI pertama dari Gallien-Krueger. Berteknologi digital dan bisa memilih berbagai preset suara dari berbagai era ampli GK. Sudah dilengkapi dengan tuner dan overdrive, GK Plex juga berukuran cukup kecil dan muat di pedalboard kecil.



  • Darkglass Electronics B7K


Darkglass adalah brand yang cukup mengguncan dunia lewat produk inovatif mereka. Karakter suaranya lebih banyak dikenal modern dan cenderung metal, meskipun dengan mengulik EQ nya kita bisa mendapatkan suara genre lain dan cukup fleksibel.



  • Hartke Bass Attack 2


Pengembangan dari Bass Attack generasi sebelumnya. Bass Attack 2 sudah ada overdrive dengan 'mix' frekuensi agar frekuensi low bass tetap keluar. Masih ada fungsi 'shape' dengan footswitch terpisah untuk variasi sound.



  • Tech 21 Bass Driver


Bass preamp/DI ini sudah menjadi standar bagi pemain bass selama 30 tahun lebih. Saat ini sudah terbit V2 atau versi ke-2 nya, dengan tambahan knob 'mid' yang sangat berguna untuk menjaga detail bass serta dua switch frekuensi untuk bass dan mid untuk berbagai jenis bass elektrik.




  • Mesa Boogie Subway+


Preamp/DI box buatan Mesa Boogie ini cukup fleksibel. Tidak hanya amplifier gitar saja, Mesa Boogie juga sudah berpengalaman membuat ampli bass berkualitas.

Preamp dan EQ nya diambil langsung dari amplifier Subway. Memiliki berbagai in dan out yang banyak, tuner mute, fx loop dan boost. Subway DI+ pas untuk yang membutuhkan banyak jalur efek dan direct ke mixer.



  • Ampeg SCR DI


Bass preamp/DI box pertama dari Ampeg. Sudah banyak pembuat efek yang mencoba mendapatkan karakter suara ampli bass Ampeg dalam bentuk stompbox atau preamp, tapi tentu tetap tidak bisa mengalahkan aslinya...

Mengerti kebutuhan pemain bass, SCR DI juga sudah dilengkapi aux in dan headphone output. Sangat mudah untuk latihan lagu hanya berbekal smartphone dan SCR DI. Tidak hanya itu, sirkuit overdrive Scrambler juga ditambahkan untuk memperkuat suara geraman khas ampli Ampeg.



  • Sadowsky Bass DI


Untuk bassist yang mengutamakan sound bass clean dan natural, maka bisa menggunakan Sadowsky Bass DI.

Alat ini tidak menambah 'bumbu' yang banyak untuk sound bass kita, sebaliknya EQ yang ada pada Sadowsky Bass DI cukup halus, dan kita tidak butuh terlalu banyak pengaturan untuk dapat sound bass yang jernih, bersih, dan kalem.



  • Aguilar Tone Hammer Preamp/DI


Diambil dari preamp ampli bass Tone Hammer buatan Aguilar. Dengan EQ yang powerful, Tone Hammer DI akan membentuk suara bass seperti yang kita inginkan. Dilengkapi sirkuit AGS untuk overdrive yang tebal seperti ampli tabung.



  • MXR M80 Bass DI+


Bass DI+ menggabungkan preamp dan overdrive ke dalam satu kotak efek. Praktis dan pas untuk yang menghemat tempat di pedalboard. Bass DI+ juga sudah dilengkapi noise gate yang hanya mempengatuhi sirkuit overdrivenya saja, fitur yang tidak ada di preamp bass/DI lainnya..



  • Dr J Sparrow Bass DI


Melihat susunan knob pada Sparrow, kita bisa langsung tahu jika DI box ini sangat 'terinspirasi' dari Tech 21 Bass Driver. Meskipun tidak memiliki fitur sebanyak dan semewah Bass Driver, tapi suara yang dihasilkan cukup kuat dan tebal.

Bisa menjadi alternatif preamp dan DI box untuk yang memiliki budget terbatas...



  • Behringer BDI21


Terbuat dari plastik mulai dari casing hingga footswitchnya. Tapi jangan salah, sudah cukup banyak pemain bass yang mengakui kualitas suara BDI21, walaupun tidak sedikit juga yang meragukan build quality dan ketahanannya.

Bagaimanapun juga, BDI21 memiliki harga sangat terjangkau, dan bisa menjadi pilihan untuk pemain bass berbudget minim (termasuk saya saat ini), untuk mendapatkan sound bass yang bisa digunakan untuk segala macam jenis musik .


OK, sampai disini dulu artikel kita, sampai nanti dan tunggu terus berbagai artikel menarik hanya di Guitarsquartz.net !!


0 comments: