IBX5981FE7FCD958 Memilih Pickup Bass Yang Tepat Untuk Bass Anda

Memilih Pickup Bass Yang Tepat Untuk Bass Anda

Guitarsquartz.net - Tidak hanya gitar, bass pun memiliki berbagai jenis pickup. Setiap pickup tentu akan menghasilkan berbagai suara yang berbeda, walaupun mungkin perbedaannya tidak akan terlalu jelas, kecuali untuk sesama pemain bass dengan telinga yang jeli.

Pickup bass cukup beragam, seperti banyaknya jumlah perusahaan gitar serta luthier gitar custom. Ada juga bass yang memiliki konstruksi serta bentuk berbeda dari yang ada di pasaran. Tapi untuk saat ini kita akan belajar mengenai berbagai jenis pickup yang tepat untuk bass kesayangan Anda.

Baca Juga : 

Pengaruh Pickup Bass Terhadap Suara Bass Anda

Pickup adalah perangkat yang mengubah getaran senar menjadi energi dalam bentuk arus listrik, jadi bisa dibilang pengaruh pickup sangat besar pada sound bass Anda.
Memang amplifier, efek, dan beberapa faktor lain juga berpengaruh besar pada suara akhir, tapi memilih pickup yang tepat bisa memaksimalkan suara dari keseluruhan alat yang kita punya.

Memilih Pickup Bass Yang Tepat

Yang paling mudah adalah melihat bentuknya. Pickup dengan bentuk yang berbeda tentu tidak dapat digunakan di bass Anda. Jika perlu, kita keluarkan pickup dan kita ukur dimensinya, karena kadang walaupun bentuknya sama tapi dimensinya sedikit berbeda.

Berbagai Jenis Pickup Bass

Kita lihat dulu berbagai jenis pickup bass yang umum digunakan sebagian besar bass. Pickup-pickup ini mungkin saja ada di bass yang Anda punya.

  • Jazz Bass pickup

Pickup ini yang ada pada bass Fender Jazz.Sering disebut juga J pickups atau J style pickups. Karena populer, design pickup ini juga bisa kita lihat di bass dari berbagai jenis. Karakter suara nya vintage, punch,dengan midrange yang cukup dominan. Pickup Jazz kadang juga disebut dengan pickup bass single coil. Ada versi 4 dan 5 senar, cukup jarang untuk yang 6 senarnya.


  • Precision Bass pickup


Selain Jazz Bass, tentu ada juga P Bass atau Precision Bass dari Fender. Pickup ini digunakan pada seluruh Fender P Bass. Karakter suaranya lebih deep dan lebih banyak frekuensi low dibanding pickup Jazz Bass. Karena itu pemain bass dengan aliran musik keras senang memainkan bass dengan P pickup. P pickup ini juga ada yang versi 4 dan 5 senarnya.


  • Musicman pickup

Pickup satu ini adalah ciri dari bass buatan Musicman. Mulai dari Stingray, Sterling, dan Bongo bass semuanya menggunakan pickup ini, kecuali beberapa seri terbaru yang juga menggunakan pickup ala Jazz dan Precision. Biasanya pickup ini dipasangkan dengan elektronik aktif. Pickup ala Musicman ada yang versi 4 senar hingga 6 senar.



  • Bass humbucker
Pickup bass humbucker ini biasanya ditemukan pada bass modern seperti Schecter, ESP, atau Ibanez. Bass humbucker bisa aktif atau pasif, namun seperti merek EMG diatas contohnya adalah pickup humbucker aktif, alias menggunakan baterai. Tersedia untuk versi 4,5,6 senar.



  • Soapbar pickups
Soapbar memiliki dimensi yang lebih ramping dari humbucker. Soapbar memiliki banyak versi konstruksi dan jenis magnet, dan lain-lain. Soapbar juga sering ditemukan pada bass custom atau butik karena bentuknya yang lebih estetis. Ada sangat banyak versi pickup soapbar untuk bass, contohnya yang buatan Nordstrand seperti di bawah ini. Ini adalah pickup single coil di dalam casing soapbar pickup.
Nordstrand Soapbar Pickup


  • Pickup Bass Lainnya

Kadang pembuat bass dan pickup juga berinovasi dan membuat bentuk pickup yang tidak seperti pickup lainnya yang umum. Contohnya pada bass buatan Jerzy Drozd dan Atlansia dibawah ini. Kedua pembuat bas inovatif ini membuat berbagai macam bass yang unik, silakan cek untuk info lebih lengkap.
Jerzy Drozd Obsession Soul 28 VI


Atlansia Bass 


...dan juga pickup berbentuk oval buatan Delano.
Delano Xtender pickup


Sebelum Membeli Atau Mengganti Pickup Bass Anda..

Pertama sekali pastikan dulu dimensinya sudah tepat, sehingga ketika dipasang tidak terlalu kecil, terlalu besar, tidak muat, dan sebagainya.

Lalu kemudian elektroniknya. Pastikan dulu apakah pasif atau aktif. Pickup bass aktif tidak bisa berfungsi tanpa sebuah baterai 9 volt. Dan selalu perhatikan manual dari pickup untuk memasang agar tidak salah solder kabel dan sebagainya....


Selamat berburu pickup baru untuk bass Anda, dan nantikan berbagai artikel menarik hanya di Guitarsquartz.net !