IBX5981FE7FCD958 Tips Manggung Maksimal Dengan Peralatan Minimal

Tips Manggung Maksimal Dengan Peralatan Minimal

Guitarsquartz.net - Tampil live dengan sound keren kini tidak harus membawa banyak peralatan ke panggung. Saat ini sudah banyak peralatan ringkas yang sudah bisa menghasilkan sound yang cukup bagus untuk keperluan live.

Peralatan Serba Mini

Tren saat ini adalah semua alat musik semakin mengecil dan ringkas, terutama untuk amplifier serta efek gitar. Salah satu alasannya adalah karena semakin mahalnya ongkos perjalanan dan frekuensi tampil di panggung yang semakin sering. Tergantung panggung tempat kita main, kadang waktu untuk cek sound saja tidak ada, dan harus bergerak secepat mungkin untuk menyiapkan penampilan.

Produsen alat musik pun berlomba-lomba membuat peralatan musik ringkas agar memudahkan para musisi untuk tampil di mana-mana tanpa perlu membawa banyak alat yang berat.


Manggung Dengan Seminim Mungkin Alat

Jika masih tampil di panggung di kota tempat tinggal dan punya kendaraan, maka membawa amplifier atau bahkan drum sendiri pun tidak masalah. Lain cerita jika kita harus bepergian dari satu kota ke kota lain, atau juga antar negara.

Kita bisa menyiasatinya dengan membawa sesedikit mungkin alat, tapi juga jangan sampai mengorbankan kualitas sound gitar atau bass kita. Karena itu, kita harus pintar-pintar memilih alat apa saja yang akan kita bawa.


Tips Manggung Dengan Alat Minimal

Berikut ini kita akan membahas cara-cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi bawaan alat tapi masih bisa tampil dengan maksimal.

Power amp- pedal atau power amp mini : Jika menggunakan amplifier atau speaker kabinet merupakan sebuah keharusan untuk Anda, maka disarankan untuk melihat beberapa jenis power amp pedal seperti Mooer Baby Bomb atau EHX Caliber 22.
Contoh power-amp pedal.


 Kedua alat tadi bukanlah efek, melainkan power amp mini yang bisa dicolok langsung ke speaker kabinet. Dengan demikian kita cukup membawa pedalboard dan power amp pedal tadi, dan bisa menggunakan speaker kabinet apa saja yang ada di atas panggung. Kekurangan nya kita harus menyediakan waktu untuk cek sound dan meminta bantuan soundman.




Menggunakan Amplifier Mini : Amplifier lunchbox atau berukuran mini juga cukup marak. Contohnya Orange Tiny Terror atau EVH 5150 III LBX 2. Biasanya amplifier ini dijual bersama speaker pasangannya yang juga berukuran tidak terlalu besar. Walaupun cukup besar, masih cukup mudah untuk dibawa-bawa.



Gunakan Cabinet Simulator : Saat membawa amplifier dan speaker sudah tidak memungkinkan lagi, maka kita bisa menggunakan cabinet simulator. Umumnya cabinet simulator atau cabsim sudah memiliki output XLR atau balanced yang bisa langsung colok ke mixer tanpa perlu ampli lagi. Jadi dari output pedalboard >>cabsim>>mixer. Salah satu contoh cabsim berkualitas dan sudah memiliki colokal XLR adalah Cabzeus buatan GFI System.



Gunakan Efek Berukuran Mini : Ingin lebih ringkas lagi?? Maka gunakan efek mini dengan ukuran casing 1590a (sebesar Xotic EP booster). Sudah banyak pembuat efek yang merilis ulang produk mereka dalam ukuran 1590a. Keuntungannya tentu saja memperkecil ukuran pedalboard, atau bisa juga membuat lebih banyak efek di dalam pedalboard yang kecil. Beberapa contoh efek dengan ukuran casing 1590a adalah TC Electronic Sub n Up, Valeton Coral Cab/Coral Amp, Ibanez TS Mini, atau juga efek2 buatan Mooer.






Gunakan Multi Efek : Multi efek sekarang ini memiliki kualitas yang jauh lebih bagus dibandingkan tahun 80-an. Ada sangat banyak pilihan mulai dari Line 6 Helix atau Headrush Gigboard, Line 6 HX Stomp atau untuk versi terjangkaunya ada multi efek buatan Zoom, seperti G3n dan B3.  Ada juga multiefek analog seperti Valeton Dapper atau Tech 21 FlyRig, yang juga masih berharga cukup murah.


Dengan multi efek, kita dapat tampil di mana saja tanpa perlu bawa ampli, pedalboard, kabel dan lainnya. Sangat praktis.


Efek Simulator Amplifier : Ingin lebih ringkas lagi? Maka kita bisa menggunakan efek simulator amplifier seperti Sansamp GT2 atau Joyo American Sound. Simulator ampli ini kita gunakan bila kita tidak membutuhkan banyak efek dan hanya menggunakan satu jenis suara saja selama manggung. Dengan begini, kita tidak perlu repot membawa pedalboard sama sekali.



Demikian dulu tips dan trik kali ini, semoga dapat menginspirasi pembaca untuk semakin meringankan beban barang yang harus dibawa saat manggung, Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanyda di Guitarsquartz/net !