Tips Memilih Amplifier Gitar Yang Berkualitas

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Fungsi dari alat musik adalah untuk mengiringi sebuah lagu. Alat musik yang dipakai haruslah keras dan dapat dinikmati. Untuk itu, dibutuhkan alat untuk mendukung suara dari alat musik tersebut. Amplifier bisa memiliki kontrol mulai dari satu hingga selusin lebih, umumnya amp dilengkapi dengan kontrol switch on/off, kontrol volume, kontrol untuk treble dan bass, bahkan amp dengan harga lebih mahal juga memiliki kontrol mid-range untuk menyesuaikan nada antara bass dan treble. Jika anda memainkan gitar disebuah aula besar penting punya amp dengan control reverb, agar suara gitar atau bass yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Tips Memilih Amplifier Gitar Yang Berkualitas

Sangatlah banyak pertimbangan jika kita ingin memilih suatu barang. Banyak keraguan yang biasanya akan dirasakan karena banyaknya barang yang kurang bagus kualitasnya yang dijual di pasaran. Yang harus diperhatikan yaitu cara memilih ampli gitar di toko penjualan ampli gitar akustik maupun elektrik. Berbicara soal ampli pastinya akan berhubungan dengan penguat suara pada gitar. Ampli ini adalah salah satu alat yang sangat dibutuhkan oleh gitar agar suaranya bisa kuat dan dapat dinikmati oleh pencinta musik.

Berikutlah 5 tips Memilih Ampli Gitar Yang Berkualitas versi Guitarsquartz.net

Mengenal jenis-jenis ampli gitar

Pastikanlah kita mengetahui ada jenis ampli apa saja yang ada di pasaran sebelum membeli ampli gitar. Secara umum, ampli gitar ada 2 jenis, yaitu ampli combo dan ampli head. Perbedaan dari kedua ampli tersebut adalah pada ukurannya. Pada ampli combo, ukurannya lebih kecil daripada head. Pada ampli combo, speakernya menjadi satu. Sedangkan pada head, speakerny terpisahkan.

Mengenal komponen  dalam ampli gitar

Membeli berarti tahu bagaimana cara menggunakannya. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui komponen-komponen apa saja yang ada pada ampli gitar. Ada solid state amps, tabung amps, digital amps, dan hybrid amps.

Mengetahui cara menggunakan yang benar

Menggunakannya berhubungan dengan setiap komponen yang ada pada ampli gitar.  Antara lain adalah fungsi dari solid state amps yakni untuk memperjelas serta untuk menjernihkan suara. Bisa membedakan yang asli dan yang palsu. Kita dapat menanyakan tentang beberapa merk dari ampli pada penjual ampli gitar. Kita bisa memilih merk apa yang akan dibeli sesuai dengan tingkatan kualitasnya. Terdapat merk ampli yang bernama VOX, Ibanez, Laney, Boss, Digitex dan Yamaha.

Belilah di toko menjual khusus ampli gitar

Jangan lupa untuk membeli ampli gitar di toko yang khusus jual ampli gitar akustik atau elektrik. Sebab, seorang penjual tentunya orang yang begitu paham tentang dunia ampli dan akan menjelaskan tentang serba-serbi ampli itu sendiri.

Harga

Jika dilihat dari harga, Amplifier jenis combo harganya lebih murah jika dibandingkan dengan jenis Head/Cabinet. Ukurannya lebih kecil danjuga sangat  praktis untuk dibawa sangat cocok untuk penggunaan di ruangan kecil seperti studio kecil, rumah pribadi atau digunakan didalam kamar. Untuk amplifier jenis head/Cabinet harganya lebih mahal dibanding Combo karena biasanya untuk penggunaan di tempat yang lebih luas seperti di lapangan, panggung konser besar atau gedung yang luas dengan tata suara yang lebih rumit dibanding Combo yang hanya untuk ruangan kecil.

Suara yang dihasilkan dari gitar sangat dipengaruhi oleh kualitas amplifier. Apabila amplifier denagn kualitas yang buruk , maka bisa menjadikan suara gitar yang baik menjadi buruk pula. Tentunya bisa meningkatkan urusan rasa dan kenikmatan dari suara gitar yang dihasilkan dengan kualitas ampli yang baik.

Demikianlah Tips Memilih Amplifier Gitar yang berkualitas, mudah-mudahan dapat membantu Anda dalam kegiatan belajar gitar, semoga bermanfaat. Salam :)


0 comments: