IBX5981FE7FCD958 Tips Manggung Direct Tanpa Amplifier!!

Tips Manggung Direct Tanpa Amplifier!!

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Manggung direct kini menjadi pilihan banyak gitaris, walaupun dulu sering dianggap tidak sebagus miking spekaer kabinet. Berbagai efek dan alat tersedia bagi kita untuk perform di mana pun dengan mudah tanpa membawa amplifier.
Image by Alessandro Lannocca from Pixabay

Mengapa Direct?

Direct berarti dari gitar  >> efek dan perangkat lainnya >> mixer panggung.

Mengapa Direct?  Karena lebih sederhana dan cepat saat setting atau cek sound. Dengan direct kita hanya perlu membawa gitar, pedalboard atau beberapa efek, kemudian langsung colok kabel snake atau langsung ke mixer. Simpel.

Sedangkan dengan amplifier + kabinet, maka kita harus mencari posisi mic-ing yang tepat, cek dengan soundman, mungkin sedikit mengatur amplifier, kembali cek dengan soundman, dll. Belum lagi risiko posisi mic di kabinet yang berubah karena tersenggol atau hal lainnya...

Logistik untuk membawa dan memasang amplifier juga cukup mahal (kru, transport dll).. Jadi jika dibandingkan manggung secara direct jauh lebih mudah dan murah.

Belum lagi jika kita harus manggung di tempat antah berantah yang tidak punya ampli gitar atau ampli apapun di atas panggung. JIka kita memiliki alat untuk manggung direct, maka panggung seperti apapun tidak jadi masalah..

Tuntutan Jaman
Biaya untuk membawa barang dengan pesawat semakin mahal, dan tidak semua maskapai penerbangan akrab dengan alat musik. Karena itu musisi semakin menghindari membawa berbagai macam amplifier mahal mereka dengan pesawat dan lebih memilih direct untuk manggung.

Kecepatan bongkar-pasang alat juga menjadi tuntutan. Khususnya untuk festival atau penampilan di televisi dimana dari satu band ke band lainnya harus bergulir dengan cepat. Disinilah kemudahan dan kecepatan setting 'direct' dibutuhkan.

Direct Lebih Akrab Dengan Pemain Bass

Bassist lebih akrab dengan manggung direct, karena soundnya yang lebih simpel dan tidak seribet gitaris (tidak selalu..). Dan ada lebih banyak peralatan direct untuk bass di banding gitar.

Pemain bass bisa manggung hanya dengan membawa direct box saja. Direct box berkualitas akan menghasilkan suara yang cukup untuk manggung berbagai jenis musik. Apalagi jika bass nya memiliki preamp aktif, maka sebuah direct box pasif pun sudah lebih dari cukup untuk sebuah session atau manggung.

Sementara gitar jika hanya colok ke direct box saja suaranya tidak akan cukup. Gitaris membutuhkan beberapa alat tambahan agar menghasilkan suara gitar seperti yang sudah kita kenal...

Beberapa Alat Yang Dibutuhkan Untuk Manggung Direct

Ok, kalau begitu apa saja yang harus kita siapkan untuk bisa manggung direct? Beberapa alat dan efek kita butuhkan untuk mendapatkan sound direct yang maksimal.

Stompbox Preamp/Amp Simulator
Preamp atau amp simulator ini fungsinya sebagai pengganti amplifier gitar. Karakter suara ampli digantikan dengan stompbox preamp ini.

Ada banyak stompbox preamp/ amp simulator stompbox di pasaran, tapi sebagai contohnya adalah Tech 21 Sansamp GT2. GT2 memiliki banyak karakter ampli di dalam satu stompbox, dan sudah menjadi semacam 'rahasia umum' untuk sound direct gitar.

Untuk yang digitalnya ada Mooer Preamp Series. Mooer membuat simulasi digital amplifier yang terkenal, mulai dari Marshall, ENGL, Diezel, Mesa Boogie dan lainnya. Bentuknya yang mini juga pas untuk yang pedalboardnya crowded.

Penempatan preamp/amp simulator ini sama seperti amplifier gitar. Jadi efek drive dan distorsi didepan, kemudian delay modulasi dan reverb setelah preamp. Dengan setting seperti ini sudah cukup untuk menghasilkan sound direct yang cukup aman dan oke.


Cabinet Simulator
Sesuai dengan namanya, cabinet simulator atau disebut juga cabsim merupakan simulasi dari speaker kabinet gitar.

Mengapa kita butuh cabsim? Karena kadang suara dari preamp stombox saja tidak cukup untuk beberapa gitaris. Baik Mooer maupun GT2 sudah memiliki cabsim internal yang cukup baik, tapi bisa ditingkatkan dengan cabsim external. (Tidak semua preamp stompbox dibekali dengan cabsim internal)

Cabsim ada yang analog maupun digital, berukuran stompbox hingga yang mini. Cabsim analog contohnya seperti ADA dengan seri GCS nya. Untuk cabsim digital contohnya GFI System Cabzeus.

Untuk cabsim digital terkini dilengkapi dengan teknologi IR atau impulse response,  yang bisa menjadikan suara gitar kita seperti dimainkan lewat speaker kabinet sungguhan.

Cabsim diletakkan paling belakang setelah semua efek dan preamp. Tapi ada juga yang menempatkan berbagai efek modulasi, delay dan reverb setelah cabsim. Silakan dicoba saja, mana yang paling bagus menurut Anda.

Perlu diperhatikan, jika menempatkan efek modulasi, delay dan reverb stereo, maka cabsim nya pun harus memiliki input stereo juga, jika tidak maka suara stereo efek tidak akan terdengar dan menjadi mono.

 Direct Box
Direct box ditempatkan paling terakhir sekali setelah semua perangkat tadi. Karena direct box memiliki output XLR untuk langsung dicolok ke mixer.

Tren cabsim saat ini adalah sudah memiliki direct box internal dan sudah memiliki colokan XLR out. Jika cabsim yang kita gunakan belum memiliki XLR out maka kita bisa menggunakan direct box (contohnya seperti Tech 21 GT2).


Power Supply Berkualitas
Ya. Power supply efek yang bagus akan mengurangi noise berlebihan yang berasal dari sumber listrik atau peralatan listrik.

Karena kita main direct, segala sumber noise yang berasal dari efek dan perangkat kita akan semakin terdengar ke sound system utama. Gunakan power supply yang bagus dan memiliki filtering noise yang bagus.

Memang PS efek yang berkualitas tidak berharga murah, tapi anggaplah sebagai investasi untuk kesehatan seluruh efek dan perangkat kita serta jaminan minim noise di berbagai panggung.

Tips Dan Trik Mangung Direct

Selain tips di atas, ada beberapa tips tambahan untuk manggung direct 8-) :

  • Komunikasi yang baik dengan soundman/asisten sound : Manggung direct biasanya akan memudahkan soundman karena hanya perlu colok kabel XLR saja. Tapi tetap komunikasikan dengan baik segala kebutuhan kita. Soundman yang pro biasanya akan senang hati membantu kita. 
  • Alat manggung direct bisa dipakai untuk manggung dengan ampli : Jika kebetulan ada ampli JCM 900 yang segar-bugar atau bahkan Mesa Mark IIC+ (ngimpi...), maka jangan sia-siakan dan segera colok ke ampli! Kita cukup mem-bypass cabsim kita sehingga dari preamp dan efek langsung ke ampli. 
  • Perhatikan Phantom Power : Ada beberapa alat musik yang bisa rusak jika terkenal phantom power dari mixer. Hal ini sangat jarang terjadi, tapi pastikan dulu spesifikasi cabsim atau efek yang kita gunakan apakah bisa menerima phantom power atau tidak. 


Alternatif Lainnya

Gunakan multi efek digital hehe. Sangat praktis, dalam satu unit kecil kita sudah bisa mendapatkan berbagai efek, simulasi ampli dan kabinet serta kemampuan untuk menyimpan preset.

Berbagai multi efek saat ini sudah cukup mumpuni untuk manggung secara direct, mulai dari Line 6 HX Stomp, Headrush Gigboard, Mooer GE200, Hotone Ampero, dan lainnya. Multi efek pas untuk gitaris yang suka mengulik dan bereksperimen.


Ok, sampai disini dulu artikel kita, nantikan berbagai artkel menarik seputar news musik, aksesoris gitar, berbagai chord lagu terbaru dan perkembangan terkini teknologi musik hanya di Guitarsquartz.net!!


0 comments: