IBX5981FE7FCD958 5 Website Terbaik Untuk Mencari Bentuk Chord Gitar

5 Website Terbaik Untuk Mencari Bentuk Chord Gitar

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Mencari bentuk-bentuk chord yang tidak biasa kadang menyulitkan gitaris pemula. Memang mempelajari berbagai bentuk chord serta posisi nada di fretboard gitar bukanlah hal yang mudah.

Untuk membantu kita, ada beberapa website yang bisa mencari dan menemukan berbagai bentuk chord yang rada aneh. Kita bisa juga memasukkan keyword 'chord finder' dan bakal menemukan cukup banyak website sejenis.

Disini tim Guitarsquartz menemukan beberapa website chord finder yang mudah digunakan dan memiliki koleksi chord yang cukup lengkap. Kita juga sering menggunakannya saat kebingungan nyari chord hehe.

Mari kita lihat beberapa diantaranya :


1. Oolimo

Website chord finder ini memiliki desain laman web yang tertata rapi dan enak dipandang. Tapi yang lebih penting lagi adalah koleksi chord-nya yang cukup lengkap.

Oolimo juga memiliki tutorial singkat mengenai penggunaan beberapa tipe chord seperti diminished dan teori singkat tentang chord serta interval.


2.Uberchord

Website yang sangat sederhana ini sangat memudahkan kita mencari bentuk chord. Tinggal ketik nama chord yang kita ingin tahu bentuknya, maka akan langsung keluar beberapa pilihan chord yang berdekatan.

Setiap chord rekomendasi juga bisa diklik untuk menunjukkan berbagai posisi chord tersebut di fretboard, serta beberapa tangga nada rekomendasi yang berhubungan dengan chord tadi. Sangat praktis dan memudahkan kita.


3. Chord-C.com

Satu lagi website chord finder dengan tampilan yang sederhana. Ada berbagai macam bentuk chord yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan.

Sayangnya beberapa fungsi pencarian tidak membuahkan hasil. Walaupun berbagai chord yang ada cukup lengkap, tapi sayangnya beberapa tipe chord tidak ditemukan seperti slash chord. Selain itu kadang beberapa tampilan chord tidak keluar foto contoh chordnya.


4. Jamplay Chord Finder

Mungkin Anda tidak asing dengan JamPlay, sebuah perusahaan IT yang berbasis online lesson untuk gitar. Salah satu tools gratis yang mereka sediakan adalah chord finder.

Untuk chord finder yang disediakan JamPlay ini, kita harus memasukkan terlebih dahulu posisi not di fret untuk mengetahui chord apa yang dimainkan. Jadi semacam reverse chord finder gitu. Ada suara yang berbunyi sesuai dengan posisi chord yang kita mainkan.


5. String Theory 

Website ini mungkin adalah yang paling lengkap. Selain bisa mencari chord gitar, ia juga bisa menemukan chord di piano, bass, ukulele, mandolin, dan banjo.

Website ini juga bisa menemukan bentuk tangga nada yang sesuai dengan kuncinya. Memang membutuhkan sedikut waktu untuk bisa menguasai berbagai fitur yang ada di website ini, tetapi ada juga tutorial berbentuk video untuk membantu kita.


Semoga artikel ini berguna untuk pembaca Guitarsquartz.net ! Baca juga berbagai artikel menarik lainnya seputar tips dan trik, news musik, berbagai aksesoris gitar dan bass, juga chord lagu terbaru baik Barat maupun Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya :




0 comments: