IBX5981FE7FCD958 10 Bentuk Chord Unik Yang Harus Diketahui Gitaris Pemula

10 Bentuk Chord Unik Yang Harus Diketahui Gitaris Pemula

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Terkadang saat kita memainkan gitar, kita bosan memainkan chord yang itu-itu saja. Chord mayor dan minor biasa juga tidak selalu masuk pada semua lagu, terutama lagu dengan nuansa dan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Untuk pemula, penting untuk mengetahui berbagai bentuk chord unik, selain chord mayor dan minor triad biasa, agar tidak kaget ketika mempelajari lagu dengan bentuk chord yang tidak biasa atau unik. Karena itu kali ini kita akan coba membahas 10 bentuk chord unik yang dapat membantu kita menambah perbendaharaan chord gitar kita. Mari kita lihat beberapa bentuk chord unik yang harus diketahui gitaris pemula..

Jika belum memahami tentang diagram chord gitar atau chord box, silakan Baca Juga Artikel Tips Cara Membaca Diagram Chord Gitar atau Chord Box.

Em7 (9)



Chord ini adalah variasi dari bentuk chord E minor. Hanya menggunakan jari telunjuk untuk nada B di senar A, jari tengah di senar B menekan nada D, dan jari manis menekan nada F# di senar D. Sedangkan senar E,G, dan e tinggi dibiarkan terbuka.

Chord ini juga memanfaatkan senar terbuka dan memberi efek "ringing" yang cukup penuh. Bisa digunakan sebagai chord terakhir di akhir lagu atau juga untuk mengganti chord E minor biasa. 


F#m7 (11)



Chord ini memiliki nama yang mengerikan, namun bentuknya tidak terlalu sulit dimainkan sebenarnya. Jari tengah menekan nada F# di senar E rendah , jari manis di nada E senar D, lalu kelingking di nada A pada senar G. Perhatikan tanda 'x' berarti senar tidak di mainkan.
Chord  ini sering digunakan untuk mengganti chord F#minor biasa, karena suaranya yang lebih netral dan lebar. 


A add9



Chord ini menggunakan open string, sehingga suara yang dihasilkan lebih full dengan volume yang cukup keras. Dimainkan di fret ke 5 seperti chord gantung A biasa, namun senar E dan B nya kita lepas dengan cara mengangkat sedikit jari telunjuk di bagian senar tersebut. Chord A add 9 ini menurut saya paling tepat untuk mengganti chord A di kunci dasar E atau A mayor.


D/G


Slash chord ini sering digunakan untuk mengganti chord G di kunci dasar D. Perhatikan senar A dan D tidak dimainkan alias di-mute. Nada A di senar G serta nada F# di senar e tinggi ditekan secara melintang menggunakan 2 buku jari telunjuk, serta nada G di senar E rendah ditekan menggunakan jari tengah sambil menghentikan senar A dan D agar tidak berbunyi.



B7



Chord ini merupakan alternatif untuk pengganti chord B atau B7. Nada B di senar A ditekan menggunakan jari tengah, lalu jari telunjuk di nada D# senar D, kemudian nada A di senar G dengan jari manis, dan terakhir kelingking di nada F# senar e tinggi. Senar B kita biarkan terbuka alias open string. Chord ini bisa kita gunakan untuk mengganti chord B biasa, karena memungkinkan untuk berpindah ke chord E atau A lebih cepat.


CM9



Chord CM9 atau dibaca C major 9 adalah chord yang sering digunakan dalam musik jazz. Jari tengah di nada E pada senar A, jari telunjuk di nada G# pada senar D, jari kelingking di nada D# pada senar G, dan terakhir jari manis di nada F# pada senar B. Chord ini dapat dipindahkan naik dan turun fretboard, jadi misalnya jika kita ingin memainkan chord FM9, maka tinggal digeser satu fret saja.



Bentuk Chord Major 7 Dan Minor 7 di Senar 5


major 7
minor7


Berikut ini adalah contoh chord major 7 dengan root atau nada dasar di senar 5. Chord major dan minor 7 ini sering digunakan dalam berbagai jenis musik, namun genre pop jazz adalah yang paling sering menggunakan chord ini. Chord minor dan mayor 7 juga dapat digunakan untuk mengganti chord mayor dan minor biasa karena suaranya yang lebih mellow dan jazzy..



Bentuk Chord Major 7 dan Minor 7 di senar 6

major7

minor7

Masih sama, bentuk chord mayor dan minor 7, tapi kali ini dengan nada dasar atau rootnya di senar 6.

Sampai disini dulu artikel singkat kita, nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz!!!

0 comments: