IBX5981FE7FCD958 Tips Cara Membaca Diagram Chord Gitar atau Chord Box

Tips Cara Membaca Diagram Chord Gitar atau Chord Box

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Untuk pemula atau yang pertama kali belajar gitar tentunya akan mempelajari berbagai bentuk chord. Namun diagram chord atau chord box tampak asing bagi pemula dan sering kali sulit untuk dibaca.

Belajar Membaca Diagram Chord Gitar atau Chord Box

Tapi dengan memahami diagram tersebut akan semakin mudah untuk mempelajari berbagai bentuk chord baru. Diagram chord gitar biasanya berisi 5 fret pertama dari neck gitar, berisi titik-titik dimana senar ditekan serta nama chordnya. Contoh diagram chord gitar bisa kita lihat di bawah ini.


Pada diagram chord diatas masih berupa blank atau diagram kosong. Mari kita coba isi diagram tersebut dengan chord gitar. Kita ambil contoh misalnya chord D mayor atau biasa ditulis dengan D saja.




Di atas adalah contoh diagram chord yang sering dipakai. Biasanya senar 1-6 diganti dengan nama nada, jadi dari senar paling kiri ; E = senar 6, A = senar 5, dan seterusnya.  Lebih lengkapnya kita lihat diagram chord D dengan penjelasannya.

Chord D

Untuk menambah penjelasan yang sudah ada di diagram di atas, garis hitam di bawah EADGBE menunjukkan nut gitar atau posisi fret 0. Nomor '5' menunjukkan posisi fret dihitung setelah nut.




Untuk contoh berikutnya adalah chord C#m7 yang berada di fret yang cukup tinggi. Mari kita lihat contohnya.

Nomor '9' menunjukkan chord C#m7 ada di posisi fret ke 9. Nomor fret akan berubah menyesuaikan dengan posisi chord. Diagram chord atau chord box biasanya paling banyak hanya memuat 5 fret saja untuk menghemat tempat.

Sedangkan diagram untuk scale atau tangga nada gitar biasanya ditulis melintang dengan jumlah fret yang lebih banyak, karena biasanya scale cakupan fretnya lebih luas.

Kekurangan Diagram Chord Gitar atau Chord Box

Chord box atau diagram fret gitar biasanya tidak menunjukkan nada apa yang ditekan serta jari yang digunakan untuk menekan senar. Kita harus mencari sendiri bentuk penjarian tepat serta yang memudahkan untuk berpindah chord dengan cepat.

Demikian artikel singkat tentang cara membaca diagram chord gitar, semoga dapat membantu Anda yang sedang belajar gitar. Untuk mengakhiri artikel ini, saya sediakan diagram chord blank yang dapat diprint diisi sendiri. Selamat belajar dan nantikan terus artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.




0 comments: