IBX5981FE7FCD958 Memahami Tangga Nada dan Modes

Memahami Tangga Nada dan Modes

Guitarsquartz.net- Di artikel sebelumnya, kita sudah mempelajari sedikit tentang hubungan kord dan tangga nada. Sekarang kita akan coba untuk mempelajari tentang modes. Apakah modes itu dan manfaatnya buat pemahaman teori musik kita?

Modes pada dasarnya adalah berbagai macam tangga nada yang diturunkan dari sebuah tangga nada mayor, yang menjadi tangga nada dasar. Tangga nada mayor yang dimaksud disini adalah tangga nada mayor diatonis yang terdiri dari 7 nada, yaitu do, re, mi, fa, sol, la, si. 

Modes nantinya akan berguna dalam memahami berbagai macam pembentukan kord. Berguna juga buat belajar main solo gitar, tapi sebaiknya untuk persoloan dijelaskan sama yang lebih ahli hehehe.... Yang pasti, melatih berbagai bentuk modes pada fretboard gitar atau bass juga merupakan bentuk latihan yang cukup efektif.

Ada 7 modes yang bisa diturunkan dari sebuah tangga nada mayor :
1. Ionian (atau mayor/ nada dasar)
2. Dorian
3. Phyrigian
4. Lyidian
5. Mixolyidian
6. Aeolian atau (minor)
7. Locrian

Jika Anda sudah mengetahui tangga nada mayor dan minor, berarti setidaknya sudah menguasai sepertiga modes yang ada di dalam sebuah tangga nada. Ionian adalah tangga nada mayor yang sudah kita kenal selama ini, begitu juga dengan Aeolian yang tak lain dan tak bukan adalah tangga nada minor.

Ok, mari kita coba menurunkan modes dari tangga nada C mayor....
(tanda petik ‘  menandakan naik satu oktaf)

1. Ionian (atau mayor/ nada dasar) : C D E F G A B C’
2. Dorian : D E F G A B C D’
3. Phyrigian : E F G A B C D E’
4. Lyidian : F G A B C D E F’
5. Mixolyidian : G A B C D E F G’
6. Aeolian atau (minor) : A B C D E F G A’
7.Locrian : B C D E F G A B’

Tampak familiar? Hehehe..... Pada artikel kemarin, sudah ada diagram yang sedikit membocorkan tentang modes.
C D E F G A B C’ : Ionian (mayor/nada dasar)
   D E F G A B C’ D’ : Dorian
       E F G A B C’ D’ E’ : Phyrigian
           F G A B C’ D’ E’ F’ : Lyidian
              G A B C’ D’ E’ F’ G’ : Mixolydian
                  A B C’ D’ E’ F’ G’ A’ : Aeolian (minor)
                      B C’ D’ E’ F’ G’ A’ B’ : Locrian

Melihat diagram diatas, bisa disimpulkan bahwa modes adalah tangganada mayor yang diawali dan diakhiri dengan nada yang berbeda. Nada-nada dari ketujuh modes tadi berasal dari satu tangga nada yaitu C mayor atau C Ionian. 

Oya, modes bisa diterapkan dari tangga nada mayor manapun. Silakan mencoba mencari modes dari berbagai tangga nada mayor seperti G mayor, Bb mayor dan berbagai tangga nada lain yang mungkin jarang kita latih. 

Sampai disini dulu artikel tentang tangga nada dan modes¸ artikel berikutnya kita masih akan membahas tentang tangga nada, kord, serta harmoni musik. See you in the next article, nantikan berbagai artikel menarik hanya di Guitarsquartz.