IBX5981FE7FCD958 Cara Cepat Menghafal Dan Memahami Chord Gitar

Cara Cepat Menghafal Dan Memahami Chord Gitar

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Chord adalah bagian utama dalam gitar yang memungkinkan mereka untuk memainkan lagu hits ataupun mulai menulis lagu sendiri. Dalam bermain gitar, terdapat 3 langkah untuk mempelajari chord, berikut ini langkah-langkahnya!

Langkah 1 – Nama chord 
Tujuan dari langkah pertama adalah untuk membantu menghafal nama-nama chord dan bentuknya. Sehingga ketika lagu dengan chord A muncul, otak kita langsung mengarahkan untuk mengingat gambar dari chord ini. Caranya, lihat nama dan bentuk chord dan simpan dalam memori sobat. Selanjutnya, sobat perlu fokus pada bagaiaman bentuk chord tersebut, lakukan hal tersebut pada chord lainnya selama 4-5 menit. Cara ini dirasa dapat mempercepat otak sobat untuk menghafal semua chord secara alami. Cara ini tidak membutuhkan penggunaan sebuah gitar sehingga bisa dilakukan dimana saja asalkan sobat tidak lupa membawa diagram atau gambar chord.

Langkah 2 – Posisi chord
Tujuan dari cara bermain gitar yang kedua ini adalah untuk membantu jari-jari kita menghafal posisi chord pada fretboard. Sobat tidak usah terburu-buru dalam melatih menghafal semua chord pada fretboard. Pastikan anda melakukannya dengan benar sehingga hasilnya maksimal. Untuk mempelajari step ini, sobat membutuhkan sebuah gitar untuk praktik langsung. Sobat bisa mulai meletakan jari pada posisi chord yang sebelumnya telah dihafalkan. Jika sobat masih kesulitan, sobat bisa melanjutkan pada chord berikutnya. Jangan lupa terus melatihnya setiap hari. Langkah ini membutuhkan banyak waktu sehingga sobat harus sabar dalam melatihnya.

Langkah 3 – Mengubah posisi chord
Pada langkah ketiga, kita bisa memulai dari urutan chord yang telah kita pelajari sebelumnya. Misalnya dimulai dari chord A, kemudian melakukan strumming. Berubah ke chord Am dan seterusnya. Bagi pemula, belajar chord ini memang tidak bisa tergesa-gesa. Mereka harus melatih dengan sabar namun harus dipraktekan dengan perlahan saat anda memulai. Secara bertahap, anda akan dapat mempercepat perpindahan antara dua chord tersebut dan belajar bagaimana memainkan lagu. Trik yang bisa sobat lakukan adalah hanya perlu fokus pada perasaan.

Tips untuk yang sedang belajar chord gitar
Bagi anda yang sedang mengasah kemampuan dalam memainkan gitar, berikut beberapa tips yang kiranya bisa di terapkan dalam latihan.


1. Latihan memainkan chord dasar secara rutin

Lakukan latihan dengan chord dasar secara rutin. Chord adalah bagian penting dalam bermusik sehingga seseorang harus belajar dengan serius. Chord juga tidak dapat dipelajari hanya dengan satu kali pembelajaran saja.

2. Latihan memainkan lagu yang gampang dan chord yang sedikit
Kalian bisa memulai latihan gitar dengan menggunakan kunci gitar yang mudah terlebih dahulu. Banyak lagu-lagu ciptaan musisi hits dengan chord yang cukup mudah untuk dimainkan oleh pemula seperti lagu All Of Me – Jhon Legend, Mimpi yang sempurna Peterpan, Semua Tentang kita – Peterpan, Tinggal kenangan – Gabby, Selimut tetangga – Republik, Dia dia dia – Fatin, Merindukan – D’ Masiv, Ruang Rindu – Letto, Gajah – Tulus, Jatuh hati – Raisa, Pelangi di malam hari – vidi aldiano dan masih banyak lagi lagu hits yang chordnya simpel dan bisa dijadikan bahan latihan.

3. Jangan terburu belajar bermain melody atau solo gitar
Untuk pemain gitar pemula, usahakan untuk tidak langsung belajar bermain melody atau solo gitar, karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui, bermain melody/solo gitar memiliki perbedaan  dan tingkat kerumitan yang berbeda dibanding dengan belajar chord/kunci gitar dasar. Jika sobat nekat untuk belajar bermain melodi atau solo gitar, bisa jadi sobat nantinya akan frustasi dan berhenti berlatih.

4. Penekanan jari pada chord harus kuat dan tepat
Usahakan pada saat jari menekan senar gitarnya posisi chord/kunci gitar misalnya chord/kunci C harus dengan benar tertekan semua senar yang dipencet dan tidak boleh menyentuh senar yang tidak dipencet agar chord/kunci gitar yang dimainkan terdengar sempurna ketika di petik. Jika anda salah menekan chord/kunci gitar atau menyentuh senar yang tidak seharusnya dipencet maka permainan gitar anda akan fals dan tidak harmoni. 

5. Menjaga konsistensi latihan
Tetaplah belajar dan berlatih tanpa menyerah hingga sobat dapat menjadi gitaris yang handal. sehari luangkan waktu minimal 2-3 jam untuk latihan dan memperbanyak referensi dari berbagai gaya dan teknik bermain dari beberapa gitaris.


0 comments: