IBX5981FE7FCD958 Variasi Wiring Untuk Pickup Humbucker

Variasi Wiring Untuk Pickup Humbucker

Guitarsquartz.net - Suara pada gitar biasanya terbatas pada jenis pickup yang digunakan. Tapi dengan sebuah atau dua buah switch serta sedikit pengetahuan elektronika dan keahlian solder, kita bisa menambah variasi suara untuk pickup humbucker..

unsplash-logoDominik Scythe

Pickup adalah salah satu aksesoris gitar yang paling sering dicari. Pickup sangat berpengaruh terhadap suara gitar elektrik, dan ada sangat banyak pickup aftermarket di luar sana dengan berbagai karakter.

Biasanya jika sebuah gitar ingin memiliki banyak variasi suara, maka dipasang juga pickup yang lebih banyak, 2,3, kadang sampai 4 jenis pickup berbeda. Tapi dengan mengaplikasikan trik wiring ini, kita bisa mendapatkan lebih banyak variasi suara dari satu pickup humbucker saja.

Mengenal Pickup Humbucker

Humbucker adalah jenis pickup yang didesain khusus untuk mengurangi noise atau disebut juga 'hum' . Humbucker singkatnya adalah dua pickup single coil yang ditempel dan dihubungkan menjadi satu pickup.



Contoh pickup humbucker adalah pickup yang ada di gitar Gibson Les Paul, atau silakan lihat gambar diatas.. :-)

Karena ada dua pickup single coil yang dipasang berdekatan, pickup humbucker bisa memiliki banyak variasi suara, tergantung dari cara kedua single coil tersebut dihubungkan..


Variasi Wiring Pada Pickup Humbucker 
Sebelum lebih lanjut berbicara tentang variasi wiring humbucker, kita harus memperhatikan dulu kabel yang ada di pickup humbucker....

Pada pickup humbucker modern, umumnya memiliki 4 kabel dari pickup, plus satu kabel ground.
Pada gambar di atas, 4 kabel adalah kabel + dan - untuk masing-masing coil, dan kabel bare adalah ground (selalu dihubungkan ke ground).

Sayangnya tidak semua humbucker memiliki 4 kabel. Humbucker ada juga yang hanya memiliki 2 kabel konduktor, sayangnya tidak se fleksibel yang 4 kabel untuk variasi suaranya....

Variasi Wiring Pada Humbucker 

Sekarang mari kita lihat beberapa variasi wiring yang bisa didapat pada pickup humbucker. Untuk wiring diagramnya sengaja tidak ditampilkan, karena biasanya pembuat pickup sudah menyediakan berbagai diagram wiring pickup yang bisa Anda coba.

Jika sulit membayangkan wiring humbucker ini, ingat-ingat saja perbedaan seri dan paralel pada pelajaran SMA dulu...


  • Seri

Ini adalah wiring standar sebuah pickup humbucker. Jadi dari dua coil saling dihubungkan kabel positif dan negatifnya. Karakter suaranya tebal dan padat dengan frekuensi low yang banyak, dan cenderung dark (tidak banyak treble).


  • Split 

Pada wiring split hanya mengaktifkan salah satu coil pada humbucker. Suara yang dihasilkan lebih banyak treble dan nge-jring daripada humbucker, layaknya sebuah pickup single coil. Tapi noise serta hum pada mode wiring ini juga cukup besar..


  • Parallel

Mode wiring ini sama seperti dua pickup single coil yang berdekatan, tapi berbeda dengan mode seri, pada mode paralel output pickup berkurang cukup banyak, karakter suaranya lebih dekat ke single coil.


  • Phase Reverse

Mode wiring ini menghasilkan suara paling kecil dan paling trebly dibandingkan mode wiring lainnya. Suara yang dihasilkan lebih tipis dari semua wiring, tpai cukup berguna untuk menambah variasi suara humbucker.

Tempat Mencari Wiring Diagram

Untuk mencari wiring diagram diatas, bisa lihat dari berbagai website resmi pickup dan forum, tapi favorit saya adalah dari Seymour Duncan dan 1728.org .

Tidak perlu takut susah mencari karena banyak sekali variasi wiring gitar yang bisa ditemukan di internet.

Ok, semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca Guitarsquartz sekalian, sampai bertemu di berbagai artikel menarik lainnya mulai dari news, aksesoris, tips dan trik, hanya di Guitarsquartz.net .