IBX5981FE7FCD958 5 Tremolo Terbaik Untuk Gitar Elektrik

5 Tremolo Terbaik Untuk Gitar Elektrik

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Tremolo atau floating bridge mungkin adalah salah satu inovasi yang paling sering digunakan dan dimanfaatkan gitaris sebagai bagian dalam permainan gitarnya.

Tremolo awalnya sangat sederhana dan hanya berfungsi untuk vibrato ringan atau efek legato yang ringan, tapi seiring dengan perkembangan jaman, tremolo  menjadi semakin canggih untuk memenuhi kebutuhan gitaris modern.


5 Tremolo Terbaik Untuk Gitar Elektrik

Lima tremolo yang akan dibahas berikut ini adalah beberapa dari tremolo modern inovatif dengan teknologi terbaru. Rata-rata tremolo modern sudah memiliki fitur locking yang mampu menjaga tuning tetap stabil. Selain itu kadang juga menggunakan material logam khusus untuk karakter suara yang berbeda...

Mari kita lihat 5 tremolo terbaik yang sedang trend saat ini, dan juga memiliki desain yang sering ditiru oleh pembuat gitar maupun perusahaan gitar besar...


Floyd Rose Non-Fine Tuner


Siapa yang tidak kenal dengan Floyd Rose? Tremolo locking ini merupakan inovasi yang sangat populer di era 80-an, karena kemampuannya menjaga tuning dengan super stabil meskipun whammy bar atau lengan tremolonya kita mainkan dengan 'kasar'.

Tremolo Floyd Rose memiliki beberapa versi sebelum mencapai bentuk seperti yang ada sekarang. Salah satu versi paling awal adalah versi "non-fine tuner" seperti yang ada di atas. Perbedaannya, tentu saja tanpa thumb screw fine tuner yang biasanya bertengger di bagian atas.

Meskipun tipe "non-fine tuner" lebih sederhana, namun masih mampu menjaga kestabilan tuning seperti tremolo Floyd Rose yang lain. Meskipun versi ini termasuk lama, namun Floyd Rose tetap menghadirkan versi 'non-fine tuner', karena disenangi gitaris yang ingin tetap mempertahankan tampilan tremolo klasik ala Fender namun dengan fasilitas locking senar.

Salah satu gitaris yang menggunakan tremolo sejenis adalah Guthrie Govan. Tremolo ini terpasang di gitar Charvel signature series Guthrie Govan.

Floyd Rose




CSL Sophia Tremolo



Tremolo canggih ini merupakan hasil karya dari Geoffrey Lee McCabe, seorang pakar tremolo yang sudah pernah membuat tremolo untuk berbagai perusahaan besar, contohnya Ibanez. Kini ia memiliki perusahaan sendiri, bernama CSL Sophia. Ia membuat berbagai tremolo inovatif yang bisa difungsikan sebagai fine tuner ataupun tremolo untuk headless gitar.

Berbagai fitur bisa dipilih dan pasti disukai dan dibutuhkan para gitaris, seperti tremolo block, tremolo stabilizer, dan lainnya. Salah satu kelebihan tremolo ini adalah memiliki Global Tuner untuk setting tremolo tanpa harus membuka cavity dan menjangkau tremolo claw.

Selain itu fitur fine tuner yang disebut 'macro tuner', memiliki range yang sangat luas sehingga juga bisa difungsikan sebagai tremolo untuk gitar headless.

Tremolo ini memang memiliki harga yang premium, namun melihat fitur, kualitas material, serta konstruksinya, tremolo ini dijamin akan menarik perhatian serta menambah tone gitar Anda!!

CSL Sophia



Stetsbar


Stetsbar adalah sistem tremolo yang cukup unik. Stetsbar dapat dipasang pada gitar dengan bridge hardtail atau nontremolo, tanpa membuat routing atau lubang pada gitar, seperti tremolo pada umumnya. Jadi gitar seperti Les Paul atau Tele bisa menggunakan tremolo ini, tanpa modifikasi.

Cara kerjanya pun cukup unik, tremolo ini bergerak secara linier, jadi seluruh bagian bridge dan saddle bergerak maju-mundur untuk menurunkan dan menaikkan nada. Karena itu pula tremolo ini pun stabil meskipun tidak menggunakan locking tuner.

Stetsbar tersedia dalam berbagai versi, seperti untuk Strat, Tele, Gibson, serta berbagai gitar lainnya yang memiliki bridge hardtail. Ketika memasang Stetsbar, sama sekali tidak diperlukan routing atau melubangi bodi gitar.

Stetsbar




Kahler


Kahler adalah sistem tremolo dari Amerika Serikat. Tremolo Kahler dikenal karena action tremolo arm-nya sangat halus dan smooth. Kahler masih membutuhkan routing atau melubangi gitar untuk memasangnya.

Selain untuk gitar 6, 7, 8 senar, serta fan fret,  Kahler juga membuat tremolo untuk bass elektrik, hanya ada beberapa pembuat part aftermarket yang membuat tremolo untuk bass, Kahler adalah salah satu diantaranya.
 Beberapa pengguna Kahler yang terkenal adalah Kerry King (Slayer) dan Victor Wooten (solo/bass). Walaupun dikenal sebagai pembuat tremolo, Kahler juga membuat fixed bridge untuk gitar dan bass.

Kahler



Super Vee Blade Runner


Beberapa tremolo diatas memang memiliki performa yang bagus, namun kadang terlihat terlalu modern, dan buat beberapa orang atau gitaris, alasan tersebut sudah cukup untuk tidak menggunakan berbagai jenis tremolo modern.

Super Vee menawarkan kestabilan tuning ala tremolo locking, namun dengan penampilan dan feel tremolo tradisional. Kelebihan Super Vee adalah teknologi 'blade', yaitu sebilah logam fleksibel sebagai pengganti sistem 'knife edge', yang memungkinkan tremolo kembali ke posisi '0' walaupun dive bomb atau penggunaan tremolo yang agresif.

Super Vee


Semoga beberapa tremolo di atas bisa menjadi pilihan Anda ketika ingin mengganti tremolo atau membuat gitar custom. Setiap tremolo memiliki fitur serta fungsi yang berbeda, karena itu biasakan untuk melakukan sedikit riset sebelum membeli sebuah tremolo untuk gitar kesayangan Anda.

Sampai jumpa di artikel berikutnya, nantikan terus berbagai artikel menarik hanya di Guitarsquartz!

Baca Juga : Berbagai Jenis Bridge Pada Gitar Elektrik






0 comments: