IBX5981FE7FCD958 Multiefek Gitar Analog Terbaik 2018

Multiefek Gitar Analog Terbaik 2018

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Meskipun saat ini efek serta aksesoris musik sudah memasuki ranah digital, dan tidak sedikit juga musisi yang menggunakan peralatan digital, peralatan analog masih memiliki tempat serta penggemarnya sendiri.

Efek analog masih menjadi favorit karena sederhana, bersifat modular (bisa ditambah dan disusun sesuai kebutuhan), serta tidak ada latency atau keterlembatan suara. Ingat, telinga kita cukup sensitif merasakan perbedaan suara hingga beberapa milidetik. Lebih jauh tentang efek analog vs digital bisa dilihat di artikel Efek Digital vs Analog : Mana Yang Lebih Bagus

Salah satu contohnya adalah multiefek gitar. Kini multiefek analog justru kembali populer, salah satunya berkat kepraktisan serta 'feel' analog yang masih susah untuk ditiru oleh peralatan digital.
Tech 21 adalah salah satu perusahaan yang kembali mempopulerkan multiefek digital lewat seri multiefek Fly Rig-nya. Berbagai tipe dan versi Fly Rig bisa dibilang paling populer tahun ini.

Selain Tech 21, ada juga perusahaan seperti Carl Martin serta Electro Harmonix yang membuat multiefek analog versi mereka sendiri. Untuk itu, mari kita simak beberapa multiefek gitar analog terbaik yang hadir di tahun 2018.



1. Tech 21 Fly Rig


Tech 21 dikenal dengan teknologi 'Sansamp' -nya. Teknologi simulasi amplifier analog tersebut kemudian dikemas dalam bentuk multi efek analog berukuran ringkas yang bernama Fly Rig. Seri Fly Rig pertama adalah Fly Rig 5, yang berisi simulasi amplifier, boost, overdrive, serta delay (tuner untuk beberapa tipe). Tidak ketinggalan juga pilihan output XLR serta headphone preamp untuk tipe tertentu.

Fly Rig kemudian berkembang menjadi beberapa tipe signature series serta dua tipe untuk bass. Dengan ukuran hanya sekitar 30 x 6 x 3cm, multiefek super ringkas ini memiliki kualitas suara yang tidak kalah dengan multiefek digital besar ataupun efek analog. Fly Rig juga menjadi favorit musisi yang memiliki mobilitas tinggi.



2. T-Rex Soulmate


T-Rex adalah perusahaan pembuat efek asal Denmark. Soulmate adalah jawaban T-Rex untuk multiefek analog.  Dengan 5 efek, overdrive, distorsi, delay dan reverb serta boost, Soulmate sudah memiliki cukup fitur untuk kebanyakan gitaris. Kelima efek tersebut merupakan sirkuit analog racikan para teknisi berpengalaman T-Rex.

Kelebihan T-Rex Soulmate adalah bisa menyimpan hingga 10 preset efek dan sudah dilengkapi dengan tuner. Selain itu juga ada fx loop untuk menambah efek diantara od/ds dan modulasi, atau bisa juga untuk 4 cable method.



3. Mooer Black Truck


Mooer lebih dikenal dengan produk Micro preamp digitalnya. Namun perusahaan asal Shenzen ini tidak melupakan juga sirkuit analog. Black Truck adalah multiefek gitar analog yang berisi berbagai efek serta fitur yang cukup lengkap untuk multiefek berukuran mungil.

Memiliki 6 unit efek, mulai dari distorsi hi gain sampai modulasi dan reverb. Selain itu juga ada pedal EQ yang bisa ditempatkan sebelum atau setelah distorsi hi-gain. Black Truck juga bisa menyimpan preset efek on/off seperti  T-Rex Soulmate. Black Truck juga dilengkapi headphone output yang juga bisa berfungsi sebagai DI out.



4. Valeton Dapper


Valeton Dapper memiliki kemiripan fitur dan bentuk dengan Fly Rig. Bedanya dengan Tech 21, tidak semua versi Dapper memiliki simulasi amplifier. Dapper memiliki bermacam-macam efek, mulai dari distorsi, overdrive, delay, hingga distorsi metal untuk beberapa tipe.

Sama juga dengan Fly Rig, Dapper memiliki beberapa versi varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dapper memiliki harga paling terjangkau dari semua multiefek analog gitar yang ada di list ini. Tapi untuk kualitas dan ketahanan tampak tidak kalah dengan 4 multiefek lain, karena sudah memiliki casing dari logam.



5. Keeley Workstation


Robert Keeley adalah pemain senior di dunia efek analog. Seri Workstation terdiri dari dua sampai tiga efek saja di dalam satu boks efek. Tidak memiliki fasilitas preset atau tuner atau berbagai fitur lainnya, namun soal kualitas suara tidak perlu diragukan lagi.  Hanya dua atau tiga efek saja, straight to the point and rock and roll!!

Tersedia dalam beberapa varian, mulai dari overdrive, modulasi, delay, dan beberapa seri Workstation lainnya.


Tentunya masih banyak multiefek analog lainnya, namun 5 multiefek gitar analog terbaik ini adalah yang paling sering dicari dan cukup populer. Sudah banyak juga pembuat efek lokal yang bisa membuat multiefek gitar sesuai dengan kebutuhan kita. Selamat berburu multi efek analog baru untuk pedalboard Anda, dan nantikan terus berbagai artikel menarik hanya di Guitarsquartz.




0 comments: