IBX5981FE7FCD958 Pickup Humbucker Terbaik Untuk Gitar Les Paul

Pickup Humbucker Terbaik Untuk Gitar Les Paul

Guitarsquartz.net - Les Paul adalah salah satu gitar elektrik yang paling mudah dikenali dan sering di-copy, hehehe. Bentuk serta suaranya telah menjadi dasar untuk musik berbagai genre, terutama musik classic rock.

Suara pickup humbucker pada gitar Les Paul sangat digemari gitaris. Tapi jika melihat sejarahnya, Les Paul tidak hanya memiliki satu jenis suara saja. Ada banyak variasi suara dari tahun ke tahun pada pickup humbucker yang juga dibuat sendiri oleh Gibson.

Berbagai Suara Pickup Humbucker Gibson

Mengapa terjadi banyak variasi suara pickup buatan Gibson? Karena dulu pickup dibuat secara handmade, terutama saat menggulung kawat tembaga untuk pickup.

Terkadang variasi suara tercipta dari perbedaan jumlah gulungan atau lilitan kawat pada pickup tersebut. Pickup gitar biasanya memiliki sekitar 5-7 ribu lilitan pada setiap coilnya.

Perbedaan beberapa ratus atau puluh lilitan akan mempengaruhi sound pickup gitar. Karena gitar-gitar Gibson terutama yang vintage biasanya memiliki karakter tertentu pada tiap tahunnya, kadang gitar dari tahun yang sama pun bisa memiliki karakteristik suara yang cukup berbeda.

Karena itu pembuat pickup dan aksesoris gitar seringkali menggunakan nama seperti "60's PAF" atau "50's humbucker" untuk menjelaskan karakter suara pickup. Nama PAF adalah singkatan dari "Patent Applied For".

Kata tersebut sering ditemukan tercetak pada pickup Les Paul Vintage. Selanjutnya kata PAF digunakan untuk menjelaskan suara pickup dengan karakter seperti pickup yang ada di gitar Gibson.

Teknik dan alat produksi yang digunakan Gibson terus dikembangkan dan diperbarui, dan sekarang Gibson serta pabrikan pickup dan aksesoris alat musik lainnya di dunia dapat membuat pickup humbucker yang lebih konsisten kualitas serta karakter suaranya.


Pickup Humbucker Terbaik Untuk Gitar Les Paul 

Pickup-pickup berikut ini bisa kita coba untuk memperbagus gitar kita, baik Gibson Les Paul asli atau gitar sejenis bergaya Les Paul.


  • Dimarzio D Activator

Pickup ini mungkin tidak bersuara seakurat atau seautentik Les Paul dari tahun 50-an. Tapi yang bisa D Activator berikan pada gitar Anda adalah attack dan karakter mirip dengan pickup aktif.

Pickup pasif ini memungkinkan kita mendapatkan suara ala pickup aktif, tanpa harus repot memasang baterai. Jika Les Paul milik Anda butuh sentuhan modern untuk rock dan metal, pickup ini adalah pilihannya.
https://www.dimarzio.com/pickups/high-power/d-activator-bridge



  • Dimarzio PAF Pro

PAF Pro terinspirasi dari sound rock 80-an. Sekali lagi bukan pickup Les Paul yang paling clean dan 'bersih' tapi bukan juga pickup low output. PAF Pro masih punya cukup output untuk sound rock yang tidak butuh gain terlalu besar.
https://www.dimarzio.com/pickups/medium-power/paf-pro



  • Seymour Duncan JB

JB adalah pickup buatan Seymour Duncan yang paling terkenal dan banyak digunakan. Band yang menggunakannya mulai dari metal, blues, jazz, punk, pop serta genre lainnya.
https://www.seymourduncan.com/pickup/jb

Cukup high output tapi masih sangat versatile dan luwes untuk musik slow. Sering dipasangkan dengan SD '59 untuk posisi neck untuk pasangan pickup yang seimbang.



  • Seymour Duncan Pearly Gates

Ok, pickup ini adalah salah satu yang mencoba meng-capture nuansa pickup Les Paul vintage. Basicnya adalah pickup dari gitar milik Billy Gibbons (ZZ Top), yaitu Les Paul buatan tahun '59.

Pickup di gitar Billy memiliki output yang sedikit lebih besar dibanding pickup Les Paul kebanyakan. Seymour Duncan pun membuat pickup Pearly Gates berdasarkan pickup dari Les Paul '59 tadi.

Hard rock, blues, sangat ok menggunakan pickup ini. Pearly Gates tidak memiliki output yang terlalu besar, tapi cukup untuk sedikit men-drive ampli menuju overdrive.
SD Pearly Gates



  • EMG Hot 70

Mendengar nama EMG, kita pasti langsung teringat band metal macam Metallica atau Zack Wylde. Tajam dan high output, modern.

Namun EMG juga membuat pickup untuk gitaris selain metal. Hot 70 adalah bagian dari seri Retro Active, menggabungkan karakter pickup pasif dengan kelebihan dan fitur pickup aktif.

Seperti namanya, pickup ini terinspirasi dari musik rock dan metal tahun 70-an. Karena pickup ini aktif, maka kita bisa menggunakan kabel panjang dan tone serta respons masih tetap terjaga.
http://www.emgpickups.com/hot-70.html



  • EMG 57/66 Set

Pickup ini adalah percobaan pertama EMG untuk pickup berkarakter vintage. Menggunakan magnet alnico 2 dan 5, pickup yang dijual sebagai set ini tidak terkompress dan steril seperti pickup aktif biasanya.

Pickup ini didesain berdasarkan pickup humbucker pada tahun '57 dan '66. Meskipun berkarakter vintage, nyatanya banyak juga gitaris metal yang menggunakannya karena kejernihan suaranya.
http://www.emgpickups.com/guitar/humbucking/active-humbucking/57-66-set.html



  • Lollar El Rayo 

Pickup ini memiliki DC resistance yang rendah, hanya 4k. Lebih rendah dari pickup vintage humbucker sekalipun yang biasanya berkisar di antara 8-9k.

Walaupun begitu El Rayo punya punch dan power yang tidak kalah dengan pickup humbucker lainnya. Menggunakan magnet alnico 8 di bridge serta alnico 5 di posisi neck.

El Rayo memang memiliki karakter yang berbeda dibanding PAF humbucker. Lebih dekat ke pickup singel dan P90, dengan treble yang lebih tajam tapi tidak terlalu harsh atau kasar.
https://www.lollarguitars.com/lollar-humbucker-pickups/el-rayo-humbucker



  • Lollar Imperial 

Berbeda dengan El Rayo, Imperial dibuat untuk seakurat mungkin seperti karakter pickup PAF. Ada tiga versi Imperial yang dibuat oleh Lollar.

Mengapa ada 3 versi? Karena Imperial ini juga berusaha mengikuti berbagai variasi yang ada pada pickup bergaya PAF. 3 versi tersebut adalah Low Wind Imperial, Imperial Humbucker, dan High Wind Imperial.

Low Wind memiliki output paling kecil dan High Wind memiliki output yang paling besar. Masing-masing pickup Imperial memiliki variasi suara dari berbagai era pickup PAF.
https://www.lollarguitars.com/lollar-humbucker-pickups/lollar-imperial-humbucker



  • Lindy Fralin Pure PAF

Lindy Fralin adalah pembuat pickup berpengalaman dari Richmond, Virginia. Pickup buatannya sudah digunakan banyak musisi pro dan ia sendiri memiliki 25 tahun pengalaman membuat pickup gitar dan bass.
Pickup ini cocok untuk pecinta sound PAF original. Dibuat berdasarkan pickup PAF tahun '50, jernih dan bersih. Pickup berkarakter vintage ini juga memiliki versi lebih high outputnya.
https://www.fralinpickups.com/product/pure-paf/



  • Lindy Fralin Modern PAF

Basicnya dari Pure PAF, tapi dengan output dan power yang lebih besar. Jika Pure PAF adalah vintage, maka Modern PAF bisa untuk hard rock dan blues yang menggigit. Tone nya lebih tebal dan sedikit dark dibanding Pure PAF.
https://www.fralinpickups.com/product/modern-paf/



  • Fishman Fluence Classic Humbuckers

Fishman menggemparkan dunia pickup dengan teknologi pickup terbarunya. Salah satu fitur yang menjadi selling point Fluence adalah kemampuan memiliki 2 atau lebih karakter suara di dalam satu pickup.

Fluence Classic ini memiliki hingga 2 macam suara humbucker dan 1 suara single coil vintage. Untuk suara humbucker basicnya dari pickup vintage PAF.

Selain versi dengan cover, Fluence Classic juga tersedia dalam versi Open Core tanpa cover logam dengan spek yang sama.
https://www.fishman.com/products/series/fluence/fluence-open-core-classic-humbucker-pickup/


  • Fishman Fluence Modern Humbucker
Tersedia dalam dua pilihan magnet, alnico dan ceramic. Masing-masing memberikan karakter suaranya tersendiri. Magnet alnico lebih kalem dengan medium output, sementara yang bermagnet ceramic siap memainkan gitar shredding dengan lead gitar yang menjerit. 

Untuk Fluence Modern masing masing hanya memiliki 2 macam suara saja. 
https://www.fishman.com/products/series/fluence/fluence-modern-humbucker-pickup/


  • Gibson '57 Classic Pickup
Tentunya tidak lengkap membicarakan pickup Les Paul tanpa pickup buatan Gibson sendiri. '57 Classic dibuat Gibson sesuai dengan spesifikasi yang ditemukan pada pickup PAF tahun 57 yang ada di gitar Gibson. 

Tentu saja dengan bantuan peralatan modern, '57 Classic konsisten pada setiap pickupnya dan memiliki output yang sama. Menggunakan magnet alnico 2, maple spacer, pole piece nickel dan berbagai spek vintage lainnya. 

Tapi pickup ini telah melewati proses wax potting untuk mencegah microphonic noise yang timbul akibat getaran. Tersedia juga versi '57 Classic Plus dengan output yang lebih tinggi.


  • Gibson 490T dan 490R Modern Classic 
490 dibuat karena aliran musik rock generasi baru yang berasal dari Inggris. Selain membutuhkan suara yang lebih ngerock, player pada jaman itu juga menginginkan pickup dengan lebih banyak variasi suara. 

Lahirlah pickup 490T dan 490R. Pickup ini bisa di split menjadi single coil karena memiliki 4 kabel yang bisa dihubungkan ke switch. Karakter suaranya masih PAF namun dengan sedikit rock attitude.

Kode R dan T maksudnya untuk pickup bridge (T) dan neck (R). Untuk pickup bridge dibuat dengan output yang sedikit lebih besar. 


  • Gibson Burstbuckers
Pickup ini berusaha sedetil mungkin menjadi replika pickup Gibson dari berbagai era. Tersedia dalam 3 versi, Burstbucker 1,2, dan3, masing masing dengan karakter suara dan output yang berbeda. 

Karena dibuat semirip mungkin dengan pickup Gibson vintage, teknik konstruksi yang digunakan sama seperti Gibson tahun 50-an, dan tanpa proses wax potting seperti yang digunakan pada pickup modern. 

Baik Burstbuckers atau 490T masih ada di gitar produksi Gibson saat ini. 

Kesimpulan

Dengan begitu banyaknya pilihan pickup untuk gitar dengan basic Les Paul, semoga berbagai informasi tentang pickup terbaik untuk Les Paul di atas dapat membantu Anda untuk menemukan pickup yang tepat untuk gitar kesayangan. 

Perlu di ingat juga, deskripsi yang ada pada brosur pickup adalah karakter pickup secara garis besar. Cocok atau tidaknya pickup pada gitar belum kita ketahui secara pasti sebelum kita pasang. 

 Jika ternyata deskripsi pickup tidak sesuai dengan harapan ketika sudah dicoba  pada gitar, bisa jadi pickup tersebut bakal bersuara lebih bagus pada gitar lainnya. 

Ok, demikian artikel singkat kita kali ini, semoga bisa menjadi manfaat bagi pembaca Guitarsquartz.net sekalian. Nantikan terus artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net !!