IBX5981FE7FCD958 Mengenal Tone Control Pada Gitar Dan Bass Elektrik

Mengenal Tone Control Pada Gitar Dan Bass Elektrik

Guitarsquartz.net - Variasi suara gitar tidak hanya didapat dari efek dan ampli saja. Melalui knob volume dan tone, kita juga bisa mendapatkan variasi suara yang cukup banyak.


Mengenal Knob Volume Dan Tone Pada Gitar

Pada gitar elektrik hanya ada dua jenis knob : volume dan tone. Hal ini berlaku baik untuk gitar pasif maupun gitar atau bass dengan elektronik aktif.

Fungsi knob-knob tersebut sederhana. Volume untuk mengatur level suara, dan tone adalah sebuah low pass filter.

Low Pass Filter?
Maksudnya adalah sirkuit pasif yang mem-filter frekuensi treble dan membiarkan frekuensi bass yang lebih rendah lewat.

Jadi ketika tone control diputar mendekati 0, maka suara gitar yang dihasilkan akan lebih-ngebass karena frekuensi treble-nya di filter.

Frekuensi mana yang di potong atau di filter bisa kita atur dengan mengganti kapasitor yang ada di potensio untuk tone control. Semakin besar nilai kapasitornya, maka suara gitar akan semakin nge-bass ketika knob tone diputar ke 0.

Perlu di perhatikan juga jika pengaruh kapasitor pada tone control tidak akan terasa jika tone control dibuka penuh. Pengaruh nya akan terasa jika tone control di posisi 9 atau di bawahnya.

Berbagai Jenis Tone Control Pada Gitar Elektrik

Umumnya tone control pada gitar elektrik adalah low pass filter, yang hanya memotong frekuensi treble.

Tapi ada beberapa versi tone control yang dibuat oleh berbagai pabrikan gitar. Diantaranya yang paling terkenal adalah sirkuit PTB dari G&L Guitars. Selain tone control tradisional, G&L juga menambahkan high pass filter. Contohnya pada G&L Comanche dan S-500.
G&L Comanche


Selain itu ada juga Fender TBX. Prinsipnya sama dengan sistem PTB dari G&L, bedanya Fender menempatkan treble cut dan bass cut di satu knob, jadi setengah putaran untuk treble cut, setengah putaran lagi untuk bass cut.

Kedua skema untuk PTB atau TBX sudah banyak di posting di internet. Khusus untuk TBX, harus menggunakan potensio khusus TBX buatan Fender.
Fender TBX Tone Control


Ada juga yang membuat EQ aktif seperti buatan GFS. Tapi cukup  jarang pemain gitar yang menggunakan EQ aktif onboard yang dipasang di gitar.   

Menggunakan Tone Control Pada Permainan Gitar

Penggunaan tone control sangat relatif, tergantung dari imajinasi kita sebagai player. Ada berbagai macam cara untuk menggunakan tone control di gitar elektrik.

Untuk pemain gitar rock dan metal, butuh suara bright dan bisa menembus padatnya ketukan drum, karena itu jarang menggunakan tone control. Itulah kenapa beberapa gitar atau bass signature tidak memiliki tone control, hanya volume saja.

Tapi untuk gitaris dari genre musik lain seperti pop, jazz, intrumental dll.., mungkin saja membutuhkan variasi suara dari tone control untuk beberapa bagian lagu.

Tidak ada keharusan atau aturan penggunaan tone control. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan lagu dan jenis musik yang Anda mainkan.

OK, sampai disini dulu artikel singkat ini, nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net !!