IBX5981FE7FCD958 Cara Mendapatkan Suara Bass Untuk Musik Rock Dan Metal!

Cara Mendapatkan Suara Bass Untuk Musik Rock Dan Metal!

Guitarsquartz.net - Musik rock dan metal tidak lengkap tanpa suara gitar distorsi. Tapi selain distorsi gitar, suara bass untuk musik rock juga tidak kalah pentingnya. Suara bass yang garang bisa menaikkan emosi lagu keseluruhan, sehingga lagu rock bisa terdengar semakin dahsyat!!

Baca Juga :
5 Efek Distorsi Dan Overdrive Terbaik Untuk Bass
Gitar Yang Cocok Untuk Bermain Music Keras (Rock & Metal)
7 Mini Bass Amplifier Head Yang Praktis Dan Portabel


Lalu gimana cara mendapatkan sound bass ala musik rock?

Referensi Band Dengan Sound Bass Rock Terbaik

Tentunya kita bisa belajar dari band rock dunia yang memiliki suara bass rock terbaik dan khas. Band-band ini bisa jadi adalah salah satu band favorit Anda juga.

Beberapa contoh band yang bisa kita jadikan contoh untuk suara bass rock diantaranya Black Sabbath, Rush, Tool, Rage Against The Machine, dan untuk dalam negerinya contohnya seperti Rajasinga atau Navicula.

Semua band di atas saya pilih karena selera pribadi, mungkin pembaca juga memiliki suara bass favorit dari band yang lain... sah-sah saja!

silakan cek lagu-lagu berikut di Youtube :

  • Black Sabbath - Loner
  • Tool - The Pot
  • Rage Against The Machine - Cochise 
  • Navicula - Metropolutan
  • Rajasinga -  Rajagnaruk
Bagaimana, sudah di denganr semua? Perhatikan suara bass menggelegar mereka yang ikut memberi energi pada lagu. Suara bass rock yang keren juga bakal mudah teringat dan bisa menjadi ciri khas band yang mudah dikenali.

OK, beberapa lagu di atas hanya contoh saja bahwa bass memiliki pengaruh besar untuk musik rock. Lalu gimana caranya biar suara bass kita bisa seperti mereka??

Cara Mendapatkan Suara Bass Untuk Musik Rock

Di Guitarsquartz.net sebenarnya sudah sempat dibahas beberapa artikel yang berhubungan dengan sound bass rock, meskipun tidak di bahas secara langsung. 

Beberapa cara di bawah ini bisa kita terapkan untuk menemukan sound bass rock yang kita inginkan.


  • Pertama-tama!

Stem gitar bass terlebih dahulu. Penting!


  • Bass apa yang harus digunakan??

9 string bass by Conklin Guitars : http://www.conklinguitars.com/

Gitar bass elektrik manapun bisa kita gunakan untuk mendapatkan sound gitar bass rock dan metal. Baik aktif maupun pasif, baik 4 senar atau bass 5 senar, semuanya bisa! Tidak harus bass monster seperti yang ada di gambar di atas hehe...

Tentu ada bass yang lebih mudah mendapatkan sound gitar bass rock daripada bass lainnya. Bass dengan pickup high output biasanya lebih mudah menghasilkan sound bass rock yang tajam.

Tapi jika pickup pada bass Anda biasa saja, kita masih bisa menggunakan efek untuk membantu suara bass terdengar lebih garang dan ngerock!!



  • Settingan action senar bass yang rendah
Action adalah jarak senar dengan fret dan fretboard. Cara mengatur ketinggian senar ini bisa lewat saddle pada bridge bass. 

Suara senar bass yang beradu dengan fretboard menghasilkan suara 'clank' yang khas. Dengan jarak senar yang rendah kita bisa mendapatkan sound tersebut.

Tapi harus berhati-hati agar jarak senar dengan fret tidak terlalu rendah, karena bisa menyebabkan buzzing atau suara senar yang tidak jelas. Ada beberapa bass yang senarnya bisa disetting sangat rendah, tapi ada juga yang tidak.

Karena itu harus diatur agar ketinggian senar bass pas. Jadi tidak terlalu rendah tapi juga tidak terlalu tinggi yang bakal menyulitkan permainan. Bila ragu bisa membawa bass Anda ke tempat servis gitar terdekat untuk disetting.



  • Gunakan senar baru


Selain jarak senar yang cukup rendah, senar baru wajib untuk mendapatkan sound bass rock atau metal. Karena selain frekuensi low, bass pada musik rock juga memiliki frekuensi high atau treble yang cukup kuat.

Hal tersebut sulit dilakukan dengan senar yang sudah lama dan berkarat. Diperlukan banyak EQ untuk mengubah agar suara senar bass lama terdengar seperti baru.

Karena itu lebih baik gunakan senar bass baru setiap kali rekaman atau manggung. Rajin membersihkan senar setelah dipakai juga membantu menjaga keawetan senar bass.

Waktu mengganti senar bass berbeda-beda untuk tiap orang. Saya sendiri biasanya mengganti setiap 3 bulan sekali, senar setua itu buat saya masih cukup fresh hehe. Jika bassnya sering dimainkan maka bisa 2 atau sebulan sekali.

Ada juga yang mengganti senar setiap kali akan manggung. Boleh saja selama masih sanggup beli senar...  Kecuali untuk rekaman, kita wajib menggunakan senar baru untuk rekaman karena menjamin suara bass terbaik.



  • Senar jenis apa yang sebaiknya dipakai?


Usahakan untuk selalu menggunakan senar roundwound. Bisa nickel atau stainless steel. Tapi senar stainless jauh lebih tajam dan jelas frekuensi treble-nya dan lebih awet juga daripada senar nickel.

Memang feel senar stainless sedikit lebih kasar, tidak sehalus dan se-smooth senar nickel. Sedangkan senar nickel sendiri tampaknya sudah menjadi standar untuk pemain bass modern.



  • Pakai pick atau jari ?


Baik pick atau jari sama-sama bisa menghasilkan tone untuk bass musik rock. Tergantung bagaimana cara kita memainkan pick atau jari pada picking hand.

Contoh pemain bass metal yang menggunakan jari untuk pickingnya adalah Alex Webster (Cannibal Corpse, Conquering Dystophia, dll). Untuk yang menggunakan pick contohnya Sean Beasley dari Dying Fetus dan David Ellefson dari Megadeth.

Untuk genre rock ada Billy Sheehan (Mr Big), Geddy Lee (Rush), Steve Harris (Iron Maiden), dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk mereka yang menggunakan pick, ada Chris Squire (Yes), Duff McKagan (Guns N Roses), Lemmy Kilmister (Motorhead).

Untuk teknik picking pada musik rock dan metal, intinya kita petik senar bass dengan keras. Keras disini maksudnya yakin dan tidak ragu-ragu, dan dengan tenaga yang cukup. Seberapa keras kita harus memetik senar bass??

Jawaban ini berbeda-beda untuk setiap orang. Kita harus memetik senar dengan cukup keras hingga menghasilkan sound yang meyakinkan dan garang, tapi jangan sampai juga menghabiskan energi kita hanya untuk memetik bass. Harus bisa menemukan tenaga petikan yang pas...



  • Kalau pakai pick??

https://v-picks.com/

Pakai pick yang berukuran cukup tebal, sekitar 1mm ke atas. Beberapa pemain bass mungkin suka dengan pick yang lebih tipis, tapi pick yang tipis tidak memiliki frekuensi low yang kuat.

Pick yang sedikit lebih tebal juga ikut membantuk konsistensi suara petikan. Jadi jangan pakai pick yang terlalu tipis...



  • Pakai efek distorsi/overdrive bass

Contoh overdrive bass

Kita bisa menambahkan efek distorsi/overdrive bass disamping teknik memetik senar bass yang sudah kita bahas sebelumnya. Distorsi pada bass selain menambah output juga dapat menambah ketebalan sound band secara keseluruhan.

Efek distorsi juga bisa membantu mempertebal dan memperjernih (???) amplifier bass yang kurang ok. Jika ampli yang kita gunakan terlalu mendem atau tumpul, bisa kita pertajam lewat efek distorsi.

Saat ini sudah ada berbagai macam efek distorsi dan overdrive untuk gitar bass, tidak seperti dulu saat aksesoris gitar lebih banyak dari aksesoris bass!

Fuzz juga bisa kita gunakan, walaupun cukup jarang band metal yang menggunakan fuzz, karena biasanya fuzz memotong frekuensi middle dan sedikit low, yang bakal membuat bass terkubur di tengah sound gitar dan drum.



  • Gunakan blender pedal


Umumnya distorsi atau overdrive untuk bass memiliki blend atau EQ sehingga frekuensi low tetap terjaga dan utuh. Jika kita menggunakan efek distorsi gitar pada bass, maka dapat menghilangkan frekuensi low yang menyimpan energi dan dentuman khas bass..

Jadi disarankan untuk menggunakan efek khusus bass. Tapi jika Anda hanya punya efek gitar, masih bisa digunakan buat bass, hanya membutuhkan sebuah alat tambahan, yaitu blender pedal.

Blender pedal ini sudah pernah dibahas sebelumnya pada salah satu artikel Guitarsquartz.net  . Blender pedal membagi 2 jalur sinyal bass, satu untuk clean dan satunya lagi untuk efek, dalam hal ini efek distorsi.

Jadi dengan blender pedal ini kita bisa menggunakan efek gitar manapun dan masih terdengar frekuensi low bass-nya. Contoh blender pedal adalah Xotic X-Blender dan One Control Blender Trail.

Kalau kedua blender tadi jarang dan cukup mahal, alternatifnya bisa cari Boss LS-2, yang baru dan bekas cukup banyak. Lalu gunakan mode A+B mix. Cara ini saya dapat dari Youtube. Jika penasaran, silakan lihat sendiri di YT dengan kata kunci 'Boss LS2 bass'.

Atau.. jika budget Anda terbatas sekali, maka ada banyak pengrajin efek lokal yang membuat blender pedal dengan kualitas yang oke dan tidak kalah dengan pabrikan. Beberapa pembuat efek lokal yang saya tahu antara lain SOFX Bandung, Amtech Handwired, ALP Custom Pedal, dan masih banyak lagi.

Jangan salah, cukup banyak lho pembuat efek lokal yang membuat efek keren dan berkualitas. Ok kita lanjut ke tips berikutnya...



  • Gunakan ampli bass dengan channel overdrive


Untuk yang ingin lebih simple dan tidak masalah bawa-bawa alat, bisa menggunakan amplifier bass yang ada channel distorsinya.

Apa bedanya menggunakan channel overdrive ampli dan efek overdrive bass? Suara overdrive asli amplifier terdengar lebih natural dan full. Channel overdrive amplifier bass juga biasanya memiliki fitur yang cukup lengkap untuk membentuk suara lebih detil lagi.

Ampli bass dengan channel distorsi contohnya seperti Orange OB1 300, Fender Bassman 500, GK Fusion 500, Darkglass Microtubes 900, dan beberapa amplifier bass lainnya yang memiliki channel overdrive.

Kelebihan menggunakan amplifier dengan 2 channel adalah kita memiliki 2 sound yang siap digunakan kapan saja. Untuk rock dan metal kemungkinan besar kita akan lebih sering menggunakan channel overdrive pada ampli bass tersebut. Saat main lagu yang lebih slow baru kita menggunakan channel clean-nya.


Dapatkan Suara Bass Rock Versi Anda Sendiri
Semoga tutorial dan tips trik ini bisa membantu. Tapi jika Anda punya cara sendiri untuk mendapatkan suara bass rock yang gahar dan ganas, maka silakan share dengan pembaca Guitarsquartz lainnya, itung itung bagi ilmu hehehe.

Nantikan terus berbagi artikel menarik hanya di Guitarsquartz.net !!