IBX5981FE7FCD958 7 Mini Bass Amplifier Head Yang Praktis Dan Portabel

7 Mini Bass Amplifier Head Yang Praktis Dan Portabel

Guitarsquartz.net - Amplifier untuk bass, yang terbayang adalah head ampli berukuran besar, dengan speaker cabinet yang tidak kalah besar juga. Lihat saja foto-foto panggung band tahun 70-80an, dimana ongkos tur masih cukup terjangkau dan masih mungkin membawa peralatan berukuran besar. Contohnya Grateful Dead dengan set panggung "Wall Of Sound" - nya yang megah.

 Saat ini ongkos perjalanan menjadi semakin mahal, apalagi untuk band-band yang baru merintis karir. Membawa peralatan musik berukuran besar bakal membebani keuangan band. Solusinya, terutama untuk pemain bass, adalah menggunakan direct box. Tidak perlu ampli bass lagi....


Bass Ampilifier Head = More Power, More Feel

Beberapa pemain bass masih memilih amp head + cabinet + mic untuk sound utama 
unsplash-logoKeagan Henman
Tapi untuk beberapa bassist (termasuk saya hehe), jika memang memungkinkan, maka sebisa mungkin masih menggunakan amplifier head dan cabinet, dengan mic atau direct dari ampli. Power dan feelnya emang beda dengan suara direct biasa. Apalagi jika sound man nya ramah dan komunikatif....ntap dah.


Menggunakan Mini Bass Amplifier Head

Untuk yang masih ingin pakai ampli bass head, tapi malas dan mahal juga bawa amp head segede gaban, bisa mencoba mini bass amplifier head. Jadi masih pakai speaker cabinet dan amplifier head, tapi dengan ukuran yang masih manusiawi untuk dibawa bepergian..

Ampli kecil = No Power?

Tidak juga. Bass amp head mini memang didesain untuk bass, jadi perlu terlalu khawatir soal power. Ok, memang jangan membandingkan amp head mini ini dengan bass head 1000 watt atau lebih, karena pasti ada perbedaannya .

Tapi untuk latihan dan manggung, rasanya beberapa amplifier head ini sudah lebih dari cukup.


7 Mini Bass Amplifier Head Yang Praktis Dan Portabel

Mari kita lihat beberapa bass amp head yang berukuran mini tapi dengan kemampuan yang cukup maksi. Amplifier head yang ada di list ini dapat juga dipasangkan dengan speaker cabinet bass dari berbagai merek asal ohm nya sesuai dengan spesifikasi amplifier tersebut.


Trace Elliot ELF

Trace Elliot adalah pembuat amplifier bass yang cukup terkenal dengan big rig nya. Namun kini TE memilih berinovasi dan membuat head amplifier super portabel dan super mini. Dengan ukuran sangat kecil untuk ampli bass (dan untuk amplifier manapun juga), TE Elf ini menghasilkan output maksimal 200 watt!! Trace Elliot juga menyediakan pilihan cabinet yang match dengan mini amp head ini.

Karena ukuran kecil, maka pilihan in out nya pun terbatas. Hanya DI out (post eq) dan output speaker dengan impedansi minimal 4 ohm.
Trace Elliot



TC Electronic BH250

Pembuat efek dan peralatan processing audio asal Denmark ini dikenal dengan efek serta teknologi yang canggih. Modal tersebut cukup untuk TC Electronic membuat amplifier bass portabel, namun dengan power yang tidak kalah dengan ampli berdaya besar.

BH250 berukuran kecil, dan sesuai dengan namanya, memiliki output maksimum hingga 250 watt. Tapi mini bass head ini memiliki fitur tambahan, yaitu Toneprints, dimana kita bisa mengubah efek bawaan BH250 melalui aplikasi di smartphone. Cukup praktis, terutama untuk pemain bass yang tidak butuh banyak efek. Selain itu BH250 memiliki eq pintar yang memudahkan kita mencari sound bass.
TC Electronic



Gallien Krueger MB200

Gallien Krueger atau dikenal juga dengan GK, adalah nama yang tidak asing lagi untuk amplifikasi bass. 800RB adalah amplifier head yang mengawali perjalanan GK, dengan pengguna cukup beragam mulai dari Flea hingga Duff Mckagan.

MB200 adalah jawaban GK untuk pasar bass amp head mini. Walaupun berukuran mini, MB200 memiliki teknologi eq yang sama dengan 800RB. Dengan keluaran maksimum 200 watt, MB200 cukup kuat untuk men-drive speaker cabinet manapun.
Gallien Krueger



Peavey MiniMEGA 

Peavey lebih dikenal dengan ampli gitar 6505 dan 6505 +. Disamping ampli gitar, software, serta berbagai gitar dan bass, Peavey memiliki lineup amplifier bass, salah satunya adalah Peavey MiniMEGA.

Seperti yang terlihat, ampli bass ini memiliki segudang fitur untuk membentuk suara bass yang kita inginkan. MiniMEGA juga memiliki keluaran daya terbesar di list ini, mencapai 1000 watt pada keluaran maksimum, dengan ambang batas 1500 watt!!  Berukuran kecil, powerful dan kaya fitur. Berbagai fitur selain diakses dengan tombol pada panel depan, juga bisa dikendalikan lewat footswitch khusus MiniMEGA.
Peavey



Ashdown OriginAL HD-1

Ashdown identik dengan head ampli besar yang sering digunakan bassist rock, mulai dari Nate Mendel-nya Foo Fighters hingga Geezer Butler. Untuk bass amp head mini, Ashdown meluncurkan OriginAL HD-1.

Daya maksimu 300 watt serta memiliki ins dan outs yang cukup lengkap, mulai dari fx send return hingga DI out. Tidak ketinggalan volt meter pada panel depan untuk memantau input gain, yang merupakan ciri khas Ashdown. Kini Anda bisa mendapatkan sound klasik ampli bass Inggris dengan ukuran mini!
Ashdown 


Quilter Bass  Block 800

Pat Quilter telah membuat loudspeaker QSC, nama yang mungkin pernah kita lihat di speaker besar sound system. Selain membuat loudspeaker, Pat juga mendirikan brand Quilter, dan membuat amplifier khusus gitar dan bass.

Bass Block 800 adalah bass amp head mini dengan daya keluaran maksimum 800 watt. Bass Block 800 memiliki beberapa fitur menarik yang tidak dimiliki bass head lainnya, seperti power supply auto switching untuk berbagai voltase di dunia, serta eq minimalis yang unik. Amplifier ini cukup kecil untuk dimasukkan gigbag dan tas kecil.
Quilter




MarkBass Nano Mark 300

Markbass adalah pembuat amplifier asal Italia. Amplifier buatan mereka cenderung lebih ke arah modern karakternya. Beberapa nama besar pun sudah menjadi endorser dan memiliki signaturenya sendiri, antara lain Marcus Miller dan Michael League.

Nano Mark 300 adalah bass amplfier head paling kecil yang dimiliki oleh MarkBass. Meskipun begitu memiliki power yang cukup, hingga 300 watt di dalam sebuah unit bass amplifier head. Namun sayangnya fitur VLE dan VPF yang menjadi andalan MarkBass harus absen, bisa jadi untuk menekan harga dan ukuran.
MarkBass


Where To Buy (And What To Buy)...

Hampir semua mini bass amplifier head ini bisa dibeli di berbagai marketplace yang ada di Indonesia, kecuali mungkin Bass Block 800 dan OriginAL HD 1.

Sedangkan untuk memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan kita, kita harus mencobanya dulu sendiri hehe.... Semua amplifier yang ada di list ini masih masuk untuk memainkan berbagai jenis musik, mulai dari top 40 hingga progresif metal.

Namun untuk yang ingin agak ngerock bisa mencoba Peavey MiniMEGA atau TC Electronic BH250. Bukan berarti head amplifier lainnya tidak bisa ngerock juga... tinggal tambah efek distorsi atau bass preamp, beres sudah. Jika ingin mengetahui berbagai distorsi untuk bass, maka bisa melihat artikel...

5 Efek Distorsi Dan Overdrive Terbaik Untuk Bass

Ok sampai disini dulu, berbagai artikel menarik lainnya, mulai dari chord hingga tips dan trik dapat Anda lihat di Guitarsquartz,net. Sampai jumpa di lain kesempatan, ciao.