IBX5981FE7FCD958 Tips Menyiapkan Home Studio Recording Sederhana!!

Tips Menyiapkan Home Studio Recording Sederhana!!

Guitarsquartz.net - Home studio recording atau home recording semakin populer, dengan kemajuan interface serta software yang semakin bagus serta kualitas komputer yang semakin bagus dengan harga yang cukup terjangkau.


Dengan kemudahan diatas, maka semakin banyak orang yang memiliki setup rekaman sederhana yang sudah cukup bagus untuk merekam musik dan memproduksi musik, seperti mixing dan rekaman sederhana.

Baca Juga :
Memahami IR (Impulse Response) Untuk Recording Dan Live!
6 Plugin Gratis Untuk Membuat Suara Bass Semakin Nendang!!

Home Studio Sederhana

Tips ini untuk membuat home studio recording yang paling sederhana, untuk latihan, rekaman atau sound editing. Bisa saja jika kita ingin meningkatkan menjadi studio rekaman profesional, tetapi tentu membutuhkan teknis serta biaya yang tidak sedikit juga.

Studio rekaman di rumah atau home studio recording ini bisa saja di kamar tidur, garasi, atau ruangan lain yang tidak terpakai dirumah Anda

Home studio sederhana ini bisa dilakukan mulai dari pemula hingga yang intermediate kemampuan recordingnya. Dibawah ini adalah beberapa hal yang harus kita siapkan untuk membuat home studio recording sederhana.

Soundcard


Soundcard atau audio interface adalah penghubung antara instrumen kita dan komputer atau laptop. Semakin baik kualitas soundcard, maka akan semakin baik juga hasil akhirnya nanti. Saat ini sudah banyak dijual soundcard dengan berbagai macam fitur dan harga.

Tentunya untuk home studio sederhana tidak perlu yang terlalu mahal. Contohnya seperti M rack 2x2 atau Focusrite Scarlett, masih terjangkau, namun memiliki performa yang memadai.


Laptop/Komputer dan Software Rekaman


Kemudian tentunya adalah komputer atau laptop. Bisa dilakukan di laptop atau komputer dengan spek apapun (pastikan agar soundcard atau audio interface sesuai dengan spesifikasi komputer). Tapi untuk kecepatan dan kekuatan processing, disarankan untuk menggunakan yang sudah dilengkapi prosesor i5, baik untuk PC atau Mac. 

Bukan tidak mungkin menggunakan komputer dengan spek lebih rendah, pastikan saja semua perangkat yang digunakan mendukung komputer Anda. Sedangkan untuk software rekaman, ada cukup banyak pilihan mulai dari yang gratis hingga yang berbayar, Contoh yang gratis adalah Reaper dan Cubase LE, dan bisa kita tingkatkan kemampuannya dengan menggunakan versi yang berbayar. 


Peredam


Busa peredam suara kini sudah bisa dibeli dengan mudah di berbagai toko online. Peredam diperlukan terutama saat merekam vokal atau gitar akustik, karena gema ruangan dapat masuk ke mikrofon dan mengurangi detail suara asli.

Kita juga bisa membuat sendiri menggunakan material glasswool atau rockwool. dibentuk menjadi lembaran atau bisa juga ditempel di frame kayu. Dan tidak perlu menutup seluruh permukaan ruangan, cukup sekitar 20% saja dari luas permukaan seluruh ruangan.


Power Filter/Power Conditioner


Sering menemui masalah noise? Bisa jadi karena kurangnya filtering noise yang berasal dari listrik rumah. Power filter atau power conditioner dapat menyaring berbagai noise serta gelombang radio yang masuk ke berbagai peralatan kita.


Speaker Monitor


Kita memang masih bisa menggunakan headphone saat rekaman, tapi lebih dianjurkan menggunakan monitor, agar bisa membayangkan hasil akhirnya dan mendapat suara yang lebih detail dan jelas.

Kabel Instrumen 


Gunakan kabel berkualitas saat melakukan rekaman. Usahakan agar kabel ini khusus untuk penggunaan rekaman saja dan tidak untuk tampil live agar tidak cepat rusak. Untuk kabel instrumen khusus rekaman ini kita memang harus sedikit mengeluarkan dana lebih besar, tapi hasil yang didapat juga pasti sepadan.


Mikrofon


Gunakan mikrofon khusus untuk rekaman. Mikrofon untuk rekaman mampu menangkap detail yang lebih jelas dan jernih serta dapat menambah karakter suara juga.


Ok, demikian tips singkat tentang membuat sendiri home studio recording sederhana. Semoga dapat membantu dan menginspirasi pembaca Guitarsquartz.  Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz !!