IBX5981FE7FCD958 6 Plugin Rekaman Gratis Untuk Membuat Suara Bass Semakin Nendang!!

6 Plugin Rekaman Gratis Untuk Membuat Suara Bass Semakin Nendang!!

Guitarsquartz.net - Untuk yang sudah paham tentang DAW (Digital Audio Workstation) dan rekaman digital, maka plugin harusnya menjadi cukup akrab, terutama untuk membantu membentuk dan memoles suara track clean menjadi lebih berkarakter dan tidak terkesan direct box.

Apa itu plugin?

Seperti pada editing video atau image, plugin dalam dunia rekaman digital berarti serangkaian atau sebuah software untuk mengedit suara rekaman, dalam hal ini untuk gitar dan bass. Plugin bisa berupa simulasi efek, amplifier, ekualisere, atau software apapun yang digunakan untuk editing suara gitar dan bass.

Jenis Plugin

Plugin ada beberapa jenis tergantung dari DAW atau software studio rekaman digital yang digunakan. Paling umum adalah berjenis VST plugin yang bisa digunakan sebagian besar DAW. Ada juga AAX plugin untuk ProTools atau Audio Unit plugin khusus untuk Mac (Logic Pro, Logic Express, Soundtrack Pro, GarageBand, dll ).

Mengapa Harus Memiliki Banyak Plugin

Walaupun beberapa DAW yang ada sekarang sudah memiliki plugin yang cukup baik, kadang kita membutuhkan beberapa tambahan plugin seperti efek, preamp, compressor, limiter, distorsi, dan lain-lainnya.


Terutama untuk bass, kita membutuhkan plugin simulasi amplifier atau preamp analog agar bass memiliki karakter ampli dan tidak terdengar terlalu 'steril' dan hambar. Dan juga memiliki banyak plugin berarti kita memiliki lebih banyak 'tools' atau peralatan untuk kita gunakan dalem mengedit suara gitar dan bass.

Plugin Gratis!!

Plugin dibuat oleh developer software, bisa pribadi atau perusahaan. Perusahaan yang bergerak khusus di plugin seperti Waves, Slate Digital, Amplitube, Positive Grid dan beberapa perusahaan lainnya menyediakan plugin efek dan amplifier khusus bass dan gitar yang berkualitas dan sudah menjadi standar rekaman atau latihan. Biasanya plugin tersebut dijual per paket, per unit, atau ada juga yang berlanggan setiap bulannya.

Tapi siapa yang tidak senang dengan gratisan?? Kadang beberapa perusahaan atau developer pribadi rela memberikan plugin hasil karya mereka secara cuma-cuma alias gratis. Dan untungnya, jumlah developer plugin yang memberikan plugin gratis tersebut tidak kalah banyaknya.


NOTE : Sebelum dan mendownload dan menggunakan plugin gratis ini, disarankan untuk memeriksa dulu apakah plugin tersebut cocok atau kompatibel dengan sistem operasi laptop/komputer dan juga dengan DAW-nya.

Bila saat menggunakan plugin tersebut ternyata hasilnya adalah suara kasar dan noise, penyebabnya bisa jadi pada bass yang kita gunakan, RAM atau processing yang kurang besar, serta soundcard/audio interface yang kita gunakan. Beberapa plugin memiliki konsumsi CPU cukup tinggi.

Baca Juga :
Alat Untuk Menjadikan Laptop/Komputer Sebagai Efek Dan Amplifier
Memahami IR (Impulse Response) Untuk Recording Dan Live!

Setelah memperhatikan beberapa hal di atas mari kita lihat 6 plugin gratis yang bisa kita gunakan untuk membuat track bass kita lebih punch dan nendang!!!

TSE BOD


Plugin satu ini merupakan simulasi dari Sansamp Bass Driver DI yang sudah terkenal itu. Sejujurnya TSE BOD ini tone nya tidak 100% sama dengan Sansamp BDDI, tapi untuk di banyak kesempatan seperti membuat demo atau mengisi track bass sederhana, TSE BOD sudah cukup untuk memberikan karakter suara bass yang warm dan cukup deep. Untuk lebih nendang lagi, bisa menggunakan cabinet simulator atau IR loader seperti NadIR.

TSE BOD


Bass Professor MKII


Plugin buatan Sonic Anomaly ini bisa kita gunakan untuk memperkaya dan mempertebal suara gitar bass direct yang kadang terdengar tipis dan 'lifeless'. Memiliki lebih banyak kontrol dan juga limiter untuk lebih mengendalikan dinamika sinyal gitar bass. Dengan slider 'Dirt' bisa menambah sedikit karakter distorsi pada sound bass.

Bass Professor MKII


Ignite Amps SHB 1


SHB-1 adalah salah satu amplifier bass custom yang dibuat oleh Ignite Amps, kini dalam bentuk plugin digital. SHB-1 meniru setiap jalur sinyal yang ditempuh bass hingga sampai didalam preamp section ampli tersebut. Plugin ini cenderung berkarakter metal dan rock, dan meskipun bisa berfungsi dengan baik, disarankan menambah cabinet simulator atau impulse response setelah SHB-1 untuk mendapat hasil yang maksimal.

Ignite SHB 1


Softamp FM25


Aslinya merupakan simulasi amplifier Fender kecil untuk latihan, iseng di coba untuk bass ternyata hasilnya lumayan juga!!! Naikin sedikit gain dan drivenya, dapat sound bass drive vintage ala classic rock. Buat gitar juga bisa banget. Plugin sederhana ini bisa menjadi altenatif untuk yang mencari sound ampli ala Fender Twin.

FM 25 Softamp


Distorque Face Bender


Plugin ini merupakan simulasi dari dua pedal fuzz legendaris. Selain dua knob sederhana, ada juga berbagai tombol untuk pengaturan yang lebih detailnya. Suara fuzz yang dihasilkan galak dan bisa bersuara agak synthesizer jika drive nya diputar sampai penuh.

Face Bender


GK Amplification 2 LE


Plugin buatan Audiified ini adalah modelling dari amplifier bass Gallien-Krueger MB 150, sudah lengkap dengan cabinet simulatornya. Karena versi gratis, maka ada beberap fitur yang dibatas. Tapi yang versi ini pun sudah sangat powerful dan pasti berguna untuk project Anda.
GK Amp 2 LE

Sekadar mengingatkan saja, pengembangan software seperti plugin ini membutuhkan waktu serta tenaga dan pikiran yang tidak sedikit. Sebagian dari developer ini juga menerima donasi dalam bentuk paypal dan berbagai sistem pembayaran lainnya, seandainya kita ingin memberi support dan apresiasi lebih untuk mereka.

Ok, sampai di sini dulu, selamat berburu plugin lainnya, siapa tahu Anda menemukan lebih banyak lagi selain 6 plugin gratis di atas, dan nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz!!