IBX5981FE7FCD958 Cara Belajar & Panduan Lengkap Tempo/Ketukan Bermain Music

Cara Belajar & Panduan Lengkap Tempo/Ketukan Bermain Music

Guitarsquartz,net - Semua orang pasti ingin belajar musik, atau pun belajar vokal dan alat musik, kalian harus mengetahui dan memahami setiap ketukan music tersebut. Unsur-unsur yang harus dipahami dari ketukan adalah nilai tempo, tanda istirahat, tanda birama dan variasi ketukan. Yuk, langsung saja simak penjelasan yang lebih lanjut di bawah ini guys.

Cara Belajar & Panduan Lengkap Tempo Bermain Music
Cara Belajar & Panduan Lengkap Tempo/Ketukan Bermain Music Majalah Gitar Dan Music Terbaik Dan Terlengkap

1. Ketukan
Ketukan atau beats adalah durasi (panjang danpendeknya sebuah not). Satu ketukan itu terdiri dari dua unsur yaitu up dan down, terlepas dari seberapa cepat gerakan tersebut. Jika hitungan up dan down adalah satu ketuk, berarti kalau up saja atau down saja dihitung ½ ketuk. Begitu selanjutnya, bisa dipecah menjadi 1, ½, ¼, ⅛, dst).

2. Tempo
Menurut pendapat Kiki Laisa dalam buku “Paket Komplit untuk Belajar Keyboard - Tanpa Guru, tempo adalah sebuah hitungan konstan yang memberi irama pada musik sehingga menetukan cepat dan lambatnya musik dimainkan, berdasarkan dengan satuan hitung Beat Per Minute (BPM) atau hitungan tiap menit, tempo dimainkan berdasarkan dengan tanda berirama. BPM adalah banyaknya ketukan tiap menit. Berarti bila temponya 100 maka dalam satu menit ada 100 ketukan dalam lagu tersebut.

3. Nilai Ketukan
Untuk membentuk sebuah ritme pada music, ketukan mempunyai nilai yang terbentuk dari notasi dan not dalam musik. Nilai ketukan membuat irama menjadi sebuah lagu sesuai dengan temponya.  Terdapat berbagai macam nilai ketukan, berikut penjelasan pembagian nilai ketukan.

Cara Belajar & Panduan Lengkap Tempo/Ketukan Bermain Music

Baca juga informasi tips lainnya : Tips Memilih Senar Gitar Yang Bagus Dan Berkualitas

Gambar di atas ini adalah merupakah nada-nada yang dimainkan atau dibunyikan. Sedangkan, ada juga berbagai simbol-simbol notasi yang disebut tanda istirahat, yang berarti nada yang tidak dibunyikan. Artinya nada tetap dihitung, tetapi tidak ada bunyi yang terdengar.