IBX5981FE7FCD958 Cara Stem Gitar Online Dan Tuning Gitar Terbaru

Cara Stem Gitar Online Dan Tuning Gitar Terbaru

CARA TERBARU UNTUK TUNING GITAR?
Beberapa tips gampang untuk pemula

TIPS TUNING YANG PERTAMA ADALAH 1: MULAI DENGAN STANDAR
Tuning Standar, Seperti EADGBE, adalah salah satu tempat yang baik untuk memulai langkah awal untuk yang. Pertama, atur E rendah (string paling tebal). Kemudian, kerjakan jalan Anda ke E tinggi (string tertipis).


TIPS TUNING YANG KEDUA ADALAH : PICK & PLUCK
Untuk menyetel dengan mudah, gunakan pick (atau ibu jari) untuk memainkan string. Tidak boleh terlalu keras,dan  tidak terlalu lembut juga: Nada yang terbaik berasal dari daya tarik perusahaan gitar tersebut.


TIPS TUNING YANG KETIGA ADALAH : SHARP VS. DATAR
Jika Terlalu tajam, Balikkan pasak ke arah Anda dengan benar untuk mendatar. Apabila Terlalu datar? Balikkan pasak dari Anda untuk menjadi tajam kembali. Kegiatan menyetel senar gitar adalah hal yang perlu dilakukan pada saat kita memakai alat musik ini, karena permainan gitar kita nanti bisa akan kacau apabila setiap senar pada gitar kita tidak sesuai atau sama stemannya. Nah Bagi anda yang sudah berpengalaman atau sudah jago dalam menyetel senar gitar mungkin tidak akan mendapat kesulitan tapi apabila bagi yang baru belajar gitar mungkin masih kesulitan.

Ada Beberapa Tehnik Cara Khusus Untuk Penyeteman Yang Umum Dilakukan Oleh Para Gitaris Seluruh Dunia Sebelum Mereka Memainkan Gitarnya Diantaranya Yaitu :

1. Stempluit, adalah sebuah alat khusus untuk penyetel atau penyama nada yang cara kerjanya mirip dengan peluit yaitu dengan cara ditiupkan dengan mulut, ada berbagai macam stempluit dan ada bermacam-macam nada sesuai dengan tangga nada yang berlaku.Untuk penggunaan stempluit sangat jarang dilakukan oleh para gitaris karena karakter suara yang dikeluarkan oleh alat ini sangat berbeda jauh dengan karakter suara yang akan dihasilkan oleh senar gitar sehingga seorang gitarist kesulitan untuk menyamakan nada senar gitar dengan stempluit ini.

2. Garpu tala,  Cara kedua ada Garpu tala adalah alat penyetem yang terbuat dari benda logam yang berbentuk garpu yang terdiri dari dua jari pasang, cara menggunakannya adalah dengan memukulkan garpu tala pada benda keras hingga garpu mengeluarkan suara, tidak jauh berbeda dengan stempluit garpu tala juga terdiri dari bermacam-macam nada, jadi saat kita menyetel maka senar dan garpu tala harus menyesuaikan tangga nadanya, misal senar yang kita stem adalah senar nomor satu dengan nada standar adalah E maka garp utala yang digunakan adalah yang bernada E juga.

3. Alat musik lain, Cara yang masih sering dilakukan oleh banyak gitaris adalah menyamakan nada senar gitar dengan alat musik lain, syaratnya alat musik tersebut sudah dalam posisi steman yang standar, salah satu contoh adalah alat musik yang dapat digunakan dengan keadaan stelan yang standar adalah piano, kebanyakan orang menggunakan piano sebagai panduan dalam menyetel senar gitar itu karena nada-nada piano adalah standar dan karakter suara yang dihasilkan mirip dengan karakter suara gitar sehingga gitaris merasa lebih mudah untuk melakukan tuning gitarnya.

4. Perasaan/feeling, Cara ini terbilang cukup sulit tapi ini juga salah satu cara yang sering dilakukan oleh gitaris, penyetelan cara seperti ini menggunakan perasaan penyetemnya para(gitarist), mereka menyetel senar gitar tanpa bantuan alat apapun, satu-satunya yang menjadi panduan adalah sebuah telinga yang sudah terasah dengan baik dan juga terlatih, Untuk bagi sebagian orang akan menyangka kalau cara ini tidak bisa membuat stelan senar standar dengan alat musik yang lain yang memiliki stelan yang permanen misalnya piano, Saya dapat memastikan bahwa cara meyetem senar dengan cara ini justru lebih pas dan sesuai dengan steman standar, hal ini telah Saya buktikan pada seorang teman yang dapat menyetel senar gitar tanpa bantuan alat lain dan setelan hasil setemannya saya cocokkan dengan piano ternyata sama dan standar.

5. Tuner analog dan digital, Alat ini cukup praktis dan cukup mudah digunakan untuk menyetel senar gitar elektrik, cara memakainya adalah dengan cara menghubungkan gitar ke tuner dengan kabel gitar, setelah itu tuner dinyalakan maka setiap petikan yang dihasilkan pada nomor senar tertentu akan muncul di layar tuner itu, ada dua macam type tampilan yaitu tampilan jarum yang bergerak dan huruf yang keduanya sama persis yaitu menyetel senar gitar, cara inilah yang sekarang banyak dipakai oleh para gitarist dari yang semi sampai yang pro, banyak gitaris yang menempatkan tuner ini pada pedal boardnya saat tampil di panggung,