IBX5981FE7FCD958 Efek Gitar Yang Bisa Digunakan Untuk Bass!!

Efek Gitar Yang Bisa Digunakan Untuk Bass!!

Guitarsquartz.net - Dulu para pemain bass harus kreatif menggunakan efek dan perangkatnya, karena dahulu belum banyak efek dan aksesoris khusus untuk pemain bass. Saat ini kemajuan jaman dan teknologi sangat memanjakan dan memudahkan pemain bass untuk memilih efek yang khusus didesain untuk bass.

Namun kadang ada satu dan lain hal yang menyebabkan kita tidak bisa membeli efek khusus bass. Mulai dari barangnya yang sangat jarang dan harus beli di luar negeri ataupun harganya kelewat mahal. Tapi jangan kuatir, beberapa efek gitar ini bisa juga digunakan untuk bass...

Baca Juga :
Tips Cara Setting Multiefek Gitar dan Bass 
5 Efek Distorsi Dan Overdrive Terbaik Untuk Bass

Mengapa Kebanyakan Efek Gitar Tidak Bisa Digunakan Untuk Bass?

Lo kok berlawanan dengan judulnya?? Sebentar2......

Efek gitar umumnya didesain agar memotong frekuensi 'low', terutama pada efek overdrive dan distorsi. Karena frekuensi low yang berlebihan akan membuat suara gitar menggulung dan tidak jelas. Karena itu jika digunakan pada bass yang notabene membutuhkan frekuensi low, maka akan kehilangan tendangan atau 'punch' khasnya suara gitar bass.

Sebaliknya efek yang didesain khusus untuk bass tentunya dibuat dengan pertimbangan tidak memotong frekuensi low, malah bisa memperkuat dan menambah tendangan suara gitar bass Anda.... Tapi sesuai dengan judul artikel ini kita akan membahas beberapa efek yang bisa digunakan untuk bass tanpa mengurangi kualitas suara, bahkan mungkin bisa menambahnya.

Beberapa Efek Gitar Yang Bisa Digunakan Untuk Bass!

Dari hasil penelusuran dan mencoba sendiri, dibawah ini adalah beberapa efek gitar yang masih oke untuk digunakan untuk bass. Sebelum kita mulai list ini, perlu diperhatikan juga bahwa suara bass tidak hanya dari efek, namun amplifier, jenis speaker cabinet, kabel, dan lain-lain.

Mungkin saja ketika kita coba ternyata beberapa efek ini suaranya tidak sesuai ekspektasi. Maka bukan berarti efek tersebut jelek, tapi kurang match dengan ampli atau settingan kita. Karena itu jika hendak membeli efek-efek ini, pastikan untuk mencoba dengan alat yang sudah biasa kita gunakan (bass, kabel, amplifier) saat latihan atau panggung.

Ok mari kita lihat!!!


Boss SD 1 = Overdrive dengan basic Tubescreamer. Ada sedikit loss di frekuensi rendah, tapi masih cukup ok.

EHX Russian Big Muff = Efek ini sudah cukup terkenal sebagai efek yang oke untuk gitar dan bass.  Bisa suara OD yang kalem sampai fuzz jika diputar penuh.

Wampler Triple Wreck = Meskipun Wampler sudah membuat efek od/dist untuk bass, Triple Wreck cukup dikenal di kalangan pemain bass. Walau tidak memiliki knob blend, 3 band EQ tampaknya sudah cukup untuk membentuk sound.

Joyo American Sound = Seri simulasi amplifier buatan Joyo ini ternyata ok juga digunakan untuk bass. Suara bass rock bisa kita dapatkan dengan mudah.

Joyo Ultimate Drive = Seperti Fulltone OCD namun dengan harga terjangkau dan lebih ramah bass.

TC Electronic Spark Booster = Booster clean dan transparant yang oke untuk bass. Putar knob gain lebih jauh, maka efek ini bisa juga menghasilkan light overdrive.

TC Electronic Mojo Mojo = Lebih banyak gain dari Spark Booster, bisa menghasilkan bass overdrive yang lebih 'kental'.

Fulltone OCD = Sampai saat ini sudah ada 4 versi OCD, masing-masing dengan keunikan suara yang berbeda. Fulltone OCD juga dikenal sebagai efek yang ramah untuk bass.

Digitech Hardwire CM 2 = Efek yang sudah tak dibuat lagi oleh Digitech ini ternyata cukup disukai pemain bass karena overdrivenya berkarakter amplifier tabung.

Digitech Hardwire SC 2 = Sama dengan CM 2, SC 2 juga memilii karakter suara amplifier. tabung namun dengan gain lebih besar.

Way Huge Green Rhino = Basicnya dari Tubescreamer, namun ditambah kontrol EQ untuk menambah bass..

Tech 21 Oxford = Mengambil inspirasi dari amplifier Orange. Sejatinya untuk gitar, tapi digunakan pada bass juga ok. Bagus untuk sound bass classic rock.

Behringer SF 300 Super Fuzz =  Efek ini merupakan klon dari efek Boss jadul. SF300 cocok untuk sound bass stoner atau sludge metal.

Mooer Preamp 008 = Model digital preamp Mesa Boogie Rectifier, namun ternyata oke juga untuk bass. Ditambah dengan cab simulator bass bakal lebih mantap lagi.

Mooer Black Secret = Berbasis RAT, masih dapat di gunakan untuk bass asal tone control serta gain nya tidak berlebihan.

Terakhir...

Sebelum kita tutup artikel ini, kembali mengingatkan jika suatu efek ternyata tidak sesuai suaranya dengan yang kita inginkan, maka bukan berarti efek tersebut jelek. Tinggal menyesuaikan dengan amplifier atau sound yang kita pakai.

Oya, jika menurut pembaca ada efek gitar lainnya yang oke di bass, bisa menambahkan di kolom komentar ya...

Sampai jumpa di artikel berikutnya, nantikan terus berbagai artikel menarik hanya di Guitarsquartz!!!

Lanjutkan membaca di
Efek Gitar Yang Bisa Digunakan Untuk Bass !!! (2)