IBX5981FE7FCD958 Efek Gitar Yang Bisa Digunakan Untuk Bass !!! (2)

Efek Gitar Yang Bisa Digunakan Untuk Bass !!! (2)

Guitarsquartz.net - Sebelumnya kita sudah pernah membahas efek gitar yang bisa digunakan untuk bass. Jika kita perhatikan artikel sebelumnya seluruhnya adalah efek distorsi atau overdrive hehehe.... Kali ini kita akan membahas jenis efek lainnya, seperti modulasi, delay, reverb, dan efek lainnya.

Baca Juga : 
Efek Gitar Yang Bisa Digunakan Untuk Bass!!
6 Aksesories Peralatan Gitar Paling Unik Dan Inovatif


Efek Modulasi, Delay, Reverb, Dan Efek Lainnya Pada Bass

Sebenarnya beberapa efek yang disebutkan diatas tidak masalah digunakan untuk bass, karena umumnya efek seperti delay, reverb, cenderung transparan karena memiliki knob 'blend' atau 'mix' dan tidak mempengaruhi tone secara langsung, hanya panjang pendek suara.

Echo, delay, reverb juga kadang digunakan untuk memberi efek tertentu pada bass. Tapi kembali lagi penggunaan efek berlebihan juga dapat mengurangi keindahan suara asli bass. Mari kita lihat efek apa sajakah mereka!!!


Line 6 Echo Park =  Efek yang sudah tidak dibuat oleh Line 6 ini memiliki berbagai macam jenis delay. Namun tanpa preset seperti DL4.

Line 6 M Series = M5, M9, M13 semuanya adalah kumpulan berbagai efek dari Line 6. Untuk distorsi serta overdrivenya tidak terlalu ramah bass, tetapi efek modulasi dan reverb seri M cukup disukai pemain bass.

Boss DD 3 = Digital delay klasik yang sering digunakan bassist. Contohnya Justin Chancellor-nya Tool.

Boss CS 2 =  Walaupun ada Boss BC 1X dan LMB 3 yang  dibuat khusus untuk bass, tidak menghentikan orang untuk mencari dan membeli Boss CS 2. Noise yang minim serta suara punch dan jernih adalah alasan mengapa efek jadul ini masih diminati.

Boss CE 5 dan CH 1= Efek chorus ini cukup populer di kalangan pemain bass. Suara chorus yang rada dark dan vintage disukai untuk menghasilkan sound ala 80-an.

EHX Small Stone = Efek phaser ringan dan kalem. Konon John Taylor dari Duran-Duran pernah menggunakan efek ini.

EHX Neo Clone =  Sama saja dengan EHX Small Clone hanya lebih kecil ukurannya, suara chorusnya tidak menutupi frekuensi low pada bass.

Joyo Dyna Comp =  Efek dengan harga cukup terjangkau ini bisa membantu menyeimbangkan dan meratakan suara bass agar lebih nendang dan terdengar.

Joyo Analog Delay = Suara analog delay vintage yang oke digunakan untuk bass.

Strymon El Capistan =  Simulasi tape delay dengan berbagai second function dan tap tempo.

Eventide Space Reverb = Eventide adalah nama besar di dunia per- reverb-an dan per efek an. Eventide Space berisi  12 macam gabungan delay dan reverb. Settingan dapat disimpan dalam preset dan sudah dilengkapi dengan MIDI.

Eventide H9 = Berisi efek dari Space dan masih banyak lagi. Reverb, chorus, delay, distorsi, semuanya ada di dalam efek berukuran kecil. Memiliki fungsi MIDI. Untuk versi Max memiliki 50 efek dan 99 preset.

Dan masih banyak lagi...

Loh Kok Berhenti Sampai Di Situ??

Seperti yang sudah disebutkan, selama efek tersebut memiliki knob 'blend' dan 'mix' maka seharusnya sudah cukup bagus untuk bass. Beberapa efek seperti compressor dan boost juga dapat digunakan untuk bass karena karakternya yang transparan dan tidak mengubah suara asli bass.

Terutama untuk efek seperti delay, reverb, tremolo, phaser, flanger, cenderung tidak merubah karakter asli instrumen baik untuk gitar maupun bass. Tapi sekali lagi, tidak SELALU demikian... Ada sangat banyak efek dengan masing-masing keunikannya.

Intinya!!

Jika diteruskan bakal sangat panjang list ini. Intinya adalah, tidak masalah jika bass menggunakan efek gitar, asal suara yang dihasilkan juga OK. Dan suara yang ok ini memang sangat subjektif dan pasti berbeda untuk setiap orang, sesuai dengan kebutuhan musiknya.

Harus sering juga berkomunikasi dengan anggota band atau soundman, apakah suara efek yang kita gunakan cukup untuk mengimbangi instrumen lain atau malah terlalu mendominasi??



Kadang suara efek yang kita anggap bagus bisa jadi kurang pas saat digabung dengan instrumen lain. Misalnya kurang frekuensi low atau terlalu cempreng, atau juga bertabrakan dengan frekuensi dari instrumen lain yang membuat suara band menjadi kurang jernih.

Mencari suara bass yang pas dengan keinginan kita dan bisa sesuai dengan band atau proyek musik memang susah-susah gampang. Paling aman adalah sound bass clean yang pasti masuk untuk semua jenis genre musik.....


Jadi bisakah efek gitar digunakan untuk bass? Sangat bisa, asal kita terus mencoba berbagai kombinasi efek dan ampli atau dengan alat yang kita gunakan. Terus trial and error, eksperimen, dan terus mencoba untuk mencari sound bass yang kita inginkan!!