IBX5981FE7FCD958 Tips Membuat Pickup Gitar Akustik Sederhana

Tips Membuat Pickup Gitar Akustik Sederhana

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Gitar akustik mungkin adalah alat musik yang paling sering ditemukan dimana saja. Setiap keluarga, kos-kosan, sekolah, atau rumah ibadah. Biasanya gitar akustik yang dimiliki adalah tipe biasa yang tidak dilengkapi pickup atau elektronik untuk amplifikasi, alasannya karena harga yang lebih terjangkau.

Gitar akustik tanpa pickup masih bisa digunakan untuk kebutuhan live dengan menggunakan mikrofon khusus. Tapi mikrofon khusus akustik cukup mahal dan cukup merepotkan untuk dipasang dan disetting,

Agar gitar akustik biasa dapat dimasukkan amplifier atau sound system, maka kita bisa membuat dan memasang pickup akustik sederhana, dari bahan dan alat yang murah meriah serta mudah didapatkan dari toko online atau toko khusus elektronik.

Baca Juga : Mengenal Piezo Pickup, Kelebihan Dan Kekurangannya Pada Gitar

Alat Dan Bahan 

Bahan pertama yang harus kita dapatkan adalah sebuah komponen bernama piezo. Piezo sering digunakan sebagai sensor getar atau juga untuk buzzer. Namun kali ini kita menggunakan piezo sebagai pickup. Bagaimana cara kerjanya, akan dijelaskan lebih lanjut.

Piezo bisa ditemukan dengan mudah di toko online.
contoh piezo



contoh piezo yang didapat dari toko online

Kemudian kita siapkan kabel instrumen 1/4 inci, atau kabel jack gitar biasa. Tidak perlu yang terlalu bagus karena hanya untuk eksperimen saja.

kabel jack gitar 1/4 inci


Gunting, tang potong, wire stripper bila ada, solder dan timah, serta double tape. Itu saja.


Cara Membuat

Cara membuatnya mudah, cukup dengan menyolder kabel dari piezo ke jack gitar. Salah satu ujung jack kita potong, lalu kita keluarkan serat tembaganya. Kabel merah dari piezo adalah positifnya, kita hubungkan ke tip, sedangkan kabel hitam piezo kita hubungkan ke ground jack gitar atau sleeve.





Hasilnya kira-kira seperti ini...

Pickup sederhana kita pun sudah jadi. Bisa kita coba menggunakannya dengan cara menempelkan sisi piezo yang tidak berkabel ke permukaan gitar akustik, dengan menggunakan double tape. Lalu bisa kita colok langsung ke amplifier. Silakan mencoba berbagai posisi penempatan piezo, berbeda tempat akan menghasilkan suara yang beda juga.


Piezo mengubah getaran bodi gitar akustik menjadi energi listrik kecil yang kemudian diteruskan ke amplifier. Silakan coba sendiri, bila tidak ada suara, berarti solderan kurang kuat atau kabel yang ada di piezo lepas. Kabel yang ada di piezo sendiri mudah rusah bila tertarik, karena itu saya menyarankan untuk menambahkan super glue serta selotip hitam di bagian yang berkabel agar tidak lepas.
piezo diberi sedikit super glue serta selotip agar kabel tidak lepas

Bila solderan mantap serta kabel piezo masih utuh, seharusnya kita akan mendengar suara gitar akustik keluar dari amplifier.


Suara piezo yang langsung dicolok ke amplifier akan terdengar kering dan tipis, karena itu kita membutuhkan bantuan dari sebuah alat yang bernama buffer. Alat ini membantu memperbaiki suara piezo yang lemah dan kecil menjadi lebih penuh dan jelas.

Selain buffer, kita bisa juga menggunakan pedal ekualiser untuk membentuk suara lebih detail lagi, tapi buffer buat saya sudah cukup untuk menghasilkan suara gitar yang full dan jelas.


Baca Juga : Manfaat Buffer Untuk Tone Gitar dan Bass

Alternatif Lain

Kita bisa membeli pickup tempel atau jepit khusus untuk akustik gitar, dengan harga yang relatif murah.
contoh pickup piezo tempel



Saya juga pernah membeli pickup tempel seperti gambar di atas, namun kurang puas dengan kualitas suaranya. Akhirnya dicoba eksperimen dengan menambahkan piezo secara rangkaian seri dengan ukuran lebih besar seperti yang ada di awal artikel ini.



Suara yang didapatkan ternyata lebih jelas dengan treble yang cukup 'ngecring'. Silakan bereksperimen dengan piezo sebagai pickup akustik sederhana, agar gitar akustik biasa Anda bisa masuk amplifier!!

Tips & Trik

-Piezo dengan diameter lebih besar menghasilkan volume yang lebih besar juga
- Suara paling keras dan jelas didapat dari pemasangan piezo di dekat bridge gitar atau tepat di bridge gitar.
- Piezo membutuhkan bantuan buffer atau EQ untuk bersuara maksimal

Kelebihan

-mudah dan murah
-dapat dilepas dan digunakan kembali

Kekurangan

-tanpa buffer maka suara piezo kurang bagus/jelas/full
-double tape untuk menempel piezo dapat meninggalkan bekas pada bodi gitar akustik.




0 comments: