Mengenal Piezo Pickup, Kelebihan Dan Kekurangannya Pada Gitar

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Kita mungkin pernah mendengar kata 'piezo' pada spesifikasi gitar akustik atau gitar elektrik. Apakah piezo tersebut dan manfaatnya untuk suara gitar serta kekurangannya.
Salah satu bentuk piezo yang paling umum.

Piezo pickup secara sederhana dapat diartikan sebagai jenis pickup untuk gitar akustik. Namun sebenarnya piezo sendiri digunakan secara luas di berbagai bidang. Diantaranya untuk sensor dan alarm, atau juga buzzer.

Piezo vs Magnetik
Berbeda dengan pickup gitar yang mengandalkan magnet, piezo pickup tidak membutuhkan kumparan kawat (coil) untuk menghasilkan suara. Piezo menangkap energi getaran bodi gitar yang dihasilkan oleh senar. Sedangkan pickup gitar magnetik hanya menangkap getaran senar saja, piezo menangkap keseluruhan getaran yang dihasilkan bodi gitar dan senar.

Karena itu piezo biasanya ditempatkan di bawah bridge gitar akustik agar mendapat energi getaran maksimum. Pada beberapa gitar piezo juga diletakkan di beberapa titik yang berbeda seperti di dekat sound hole, bagian samping, bahkan ada juga yang diletakkan di headstock.

Kelebihan Piezo
Piezo pickup cenderung noiseless, karena tidak menggunakan magnet atau logam didalamnya. Piezo khusus hanya menangkap energi getaran saja. Selain itu pickup piezo cenderung bright dan menambah clarity atau detail dan kejelasan pada gitar akustik.

Kekurangan Piezo
Output dari Piezo kecil jika dibandingkan pickup magnetik, karena itu dibutuhkan sirkuit untuk meningkatkan gain dari piezo. Terlebih lagi untuk gitar yang menggabungkan output pickup magnetik dan piezo menjadi satu, maka dibutuhkan sirkuit sejenis mixer kecil di dalam gitar agar keduanya memiliki output yang seimbang.

Bentuk Piezo
Bentuk piezo paling umum adalah pada gambar paling atas, berbentuk bulat dengan kabe merah untuk + dan kabel hitam untuk -. Namun selain itu ada juga piezo dalam bentuk strip panjang agar dapat diletakkan persis di bawah saddle gitar akustik.

Beberapa perusahaan seperti Fishman atau Graphtech membuat saddle khusus untuk gitar elektrik, yang sudah dilengkapi dengan piezo didalamnya, dan juga lengkap dengan sirkuit untuk mixing serta eq untuk digabungkan degan pickup magnetik.

Pasang Piezo DIY
Jika kita memiliki sebuah gitar akustik yang belum memiliki pickup didalamnya, kita bisa memasang sendiri piezo dengan cukup mudah. Tinggal melepas senar dan memasang piezo dibawah bridge dengan double tape yang tebal. Kemudian kabel merah disolder ke positif output jack dan kabel hitam ke ground.

Piezo juga bisa kita dapatkan dengan mudah di toko online.

Bila malas melepas senar, ada juga piezo tempel yang sudah menjadi satu dengan output jack.

Berbagai artikel tutorial dan news musik lain dapat Anda lihat di Guitarsquartz.net . Sampai jumpa di lain kesempatan.

0 comments: