IBX5981FE7FCD958 Tips Menggunakan Efek Untuk Gitar Akustik

Tips Menggunakan Efek Untuk Gitar Akustik

Guitarsquartz.net - Gitar akustik digunakan karena suaranya kayunya yang natural. Hal tersebut biasanya dilakukan untuk gitaris tradisional atau klasik. Tapi ada juga beberapa gitaris yang bereksperimen memakai efek untuk gitar akustik.

Dengan efek yang tepat, suara gitar akustik dapat terdengar lebih megah..

Mengapa Menggunakan Efek Untuk Gitar Akustik?

Contoh efek gitar akustik

Alasannya sama dengan efek untuk gitar elektrik, yaitu mendapatkan variasi sound gitar. Tapi sedikit berbeda dengan gitar elektrik, efek pada gitar akustik juga digunakan untuk memberi dimensi suara yang lebih lebar dan megah, tanpa harus mengubah terlalu banyak karakter suara gitar akustik itu sendiri.


Beberapa Efek Yang Sering Digunakan Untuk Gitar Akustik


Efek modulasi dan delay, echo, serta reverb paling sering digunakan untuk gitar akustik. Biasanya efek-efek tersebut tidak mengubah karakter asli suara gitar terlalu jauh karena dilengkapi dengan knob 'mix' yang memungkinkan untuk menambah efek sebanyak yang kita perlukan.

Kadang ada juga yang menggunakan efek distorsi, overdrive, bahkan fuzz untuk gitar akustik, tapi sangat jarang dan biasanya hanya dilakukan oleh beberapa gitaris akustik eksperimental. Penjelasan lebih lanjut tentang efek untuk gitar akustik bisa kita lihat di beberapa point dibawah.


  • Efek Reverb atau gema seringkali dimanfaatkan untuk membuat suara gitar akustik memiliki kesan "luas". Kita bisa mencoba mendapatkan reverb atau gema alami dengan merekam gitar akustik di ruangan besar seperti aula atau katedral. Namun ruangan yang besar dan luas tidak mudah ditemukan, sehingga untuk menambah kedalaman dimensi gitar akustik kita bisa menambahkan efek reverb. 
  • Efek modulasi seperti chorus, flanger, atau phaser juga bisa ditambahkan, Namun terlalu banyak efek modulasi akan mengurangi keindahan suara asli gitar akustik. Karena itu efek modulasi hanya ditambahkan sedikit saja pada sound gitar akustik pada saat-saat tertentu. 
  • Efek sejenis distorsi dan overdrive sangat jarang digunakan pada gitar akustik, karena akan menghilangkan karakter akustiknya dan beberapa pickup gitar akustik terdengar kurang bagus menggunakan efek sejenis distorsi dan overdrive. 

Beberapa Efek Khusus Untuk Gitar Akustik


Zoom serta Fishman mengeluarkan seri multiefek khusus untuk gitar akustik. Baik Zoom maupun Fishman memiliki ekualiser, DI serta boost dan kompresi disamping efek-efek lainnya. Selain Zoom dan Fishman, ada juga beberapa multi efek untuk gitar akustk lainnya, seperti misalnya Valeton Dapper Acoustic atau Tech 21 Acoustic Flyrig. Beberapa perusahaan lain yang membuat efek untuk gitar akustik dapat dilihat di bawah ini..

  • T-Rex SoulMate Acoustic
  • LR Baggs Align Series
  • TC Electronic BodyRez
  • Tonewood Amp
  • Trace Elliot Transit A 
  • Zoom AC2 & AC3
  • Fishman ToneDEQ
  • Boss AD8 & AD10
  • Dan lainnya......

Gitaris Akustik Yang Menggunakan Efek Dalam Permainannya

Nama yang paling pertama kali muncul di pikiran adalah Michael Hedges (31 Desember 1953 – 2 Desember 1997). Gitaris akustik fingerstyle fenomenal ini ikut mempopulerkan penggunaan tapping serta berbagai efek pada gitar akustik. Silakan cek permainan gitarnya di Youtube!!!
Michael Hedges



Sedangkan untuk era modern ada Mike Dawes dari UK yang selalu tur ke berbagai penjuru dunia dengan kemampuan fingerstyle-nya dan eksplorasi efeknya yang cukup kaya. Mike punya channel Youtube yang cukup aktif mengupload berbagai cover lagu menarik. Silakan di cek di Youtube!! 
Mike Dawes



Tips Menggunakan Efek Untuk Gitar Akustik

Disarankan untuk menggunakan efek yang memang dibuat khusus untuk gitar akustik. Karena pickup gitar akustik (piezo) umumnya terdengar kurang bagus jika dihubungkan ke efek gitar....

Namun jika tetap ingin mencoba menggunakan efek gitar, maka disarankan menggunakan pickup akustik magnetik atau kadang disebut juga soundhole pickup, seperti Dimarzio Black Angel atau Fishman Rare Earth Magnetic.

Pickup ini diletakkan persis didepan soundhole gitar akustik. Pickup ini konstruksinya mendekati pickup gitar listrik, sehingga lebih 'ramah' efek gitar...
contoh pickup akustik magnetik 

Sekian dulu tips menggunakan efek untuk gitar akustik, sampai jumpa di berbagai artikel menarik seputar gitar, tips dan trik, news musik dan lainnya hanya di Guitarsquartz!!!!