IBX5981FE7FCD958 Tips Membuat Gitar Elektrik Dari Barang Bekas !

Tips Membuat Gitar Elektrik Dari Barang Bekas !

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Selain bermain musik dan tampil live, ada juga musisi yang suka membuat dan merancang berbagai alat musik. Ada kesenangan tersendiri dari membuat efek, gitar, atau bass dengan tangan dan kreativitas kita sendiri.
Image by richoz from Pixabay

Salah satu tren yang muncul di berbagai sos med terutama Youtube, adalah membuat sendiri alat musik dari berbagai barang bekas atau barang yang tidak terpakai.

Berbeda dengan pembuatan gitar yang lebih 'serius', dimana kayu, parts, dan bahan lain disiapkan dengan kualitas terbaik, membuat gitar dari barang bekas dan sisa menuntut kreativitas kita untuk memadu-madankan bahan dan material yang ada untuk membuat sendiri alat musik yang berfungsi penuh.

Berikut ini adalah beberapa contoh tipe gitar yang dibuat dari bahan-bahan bekas, tapi tetap berfungsi 100% layaknya gitar yang kita beli di toko-toko. Semoga bisa menjadi inspirasi pembaca Guitarsquartz.net ....

Contoh Gitar Listrik Paling Sederhana...

Sebenarnya kalau dibilang gitar listrik juga bukan....  lebih tepatnya slide guitar. Mungkin diantara pembaca ada yang sudah menonton film dokumenter "It Might Get Loud" (2008, Sony Pictures Classics).

Salah satu adegan awal film itu memperlihatkan Jack White (pasti tahu lah...) membuat gitar yang sangat sederhana, hanya sebuah kayu balok, pickup gitar bekas, kawat, botol, dan paku. Udah gitu aja, jadi gitar... Lebih jelasnya silakan lihat di bawah ini....


Gitar yang sederhana dan murah kan? Bahan-bahannya bisa ditemukan dengan mudah. Kayu bisa minta ke tetangga atau kayu sisa dari bahan bangunan. Botol kalau tidak ada bisa diganti gelas atau kayu. Pickup gitar bisa cari yang murah harga 30 ribuan..

Cigar Box Guitar

Ok2, memang gitar tadi terlalu sederhana dan rada kurang estetis. Untuk bentuk gitar listrik yang lebih familiar, kita butuh komponen seperti bodi, neck, bridge, fret, dan pickup.

Untuk contohnya, kita bisa melihat banyak sekali di Pinterest, Youtube, atau Googling....

Ada versi yang sedikit lebih 'bagus' dari gitar DIY buatan Jack White tadi. Namanya cigar box guitar. Sesuai dengan namanya, gitar-gitar ini terbuat dari boks bekas cerutu. Biasanya hanya memiliki 3 senar saja. Tapi ada juga dibuat versi ukulele dan gitar dengan 6 senar.

Cigar box guitar collection.jpg
By Cigarboxguitar (talk) (Uploads) - Own work, Public Domain, Link

Cigar Box Guitar from : Good Life Centre
Agar bisa masuk amplifier, biasanya cigar box guitar dipasang semacam pickup piezo didalam nya.  Tapi ada juga cigar box guitar dengan 6 senar serta hardware dan pickup seperti gitar full size.
Carl's Custom Guitar 6 String Cigar Box Guitar

Oil Can Guitar 

Nah ada satu lagi contoh gitar yang dibuat dari barang bekas. Oil can guitar alias gitar dari kaleng oli. Gitar yang terbuat dari kaleng oli ini memang sedikit lebih rumit karena menggunakan neck gitar sungguhan. Tapi kalau melihat harga neck gitar di berbagai marketplace online, rasanya tidak begitu mahal...

Pinterest

Kita juga masih membutuhkan sedikit kayu sebagai support untuk bodi kaleng serta elektronik untuk pickup, volume, tone, dan sebagainya. Tapi untuk elektronik yang lebih sederhana, cukup pakai piezo pickup saja di bawah bridge nya.

Contoh pembuatan cigar box guitar bisa kita lihat di bawah ini..


Bahan Untuk Membuat Gitar Elektrik Dari Barang Bekas

Ok, kita sudah melihat berbagai macam contoh gitar dari barang bekas dan sisa. Lalu apa saja yang harus kita siapkan untuk membuat gitar elektrik buatan sendiri?


  • Neck Gitar : Karena harus menahan tegangan senar yang cukup besar, maka sebaiknya neck gitar ini dari bahan yang kaku dan keras. Bisa dari kayu, logam, atau material lain yang cukup kuat, terutama kalau mau buat bass..  
          Untuk necknya bisa menggunakan fret atau tanpa fret (fretless). Jika ingin pakai fret,            disarankan untuk beli neck gitar yang sudah ada fretnya saja, karena memasang fret sendiri           membutuhkan keahlian khusus.

  • Bodi gitar : Untuk gitar sederhana, bodi gitar bisa dari bahan apa saja, karena neck gitar yang menjadi rangka utamanya. Kalau bodi terbuat dari bahan yang tipis atau rapuh, maka butuh tambahan kayu (atau material lain) sebagai penguat bagian dalam bodi gitar. 
  • Elektronik : Paling sederhana cukup satu piezo pickup saja di tempel di bagian bawah bridge. Bisa juga pakai pickup gitar biasa tapi harus memikirkan buat dudukan nya. 
  • Parts : Partsnya tidak perlu yang terlalu mahal, karena disesuaikan dengan tema. Contohnya bridge dan tuner. Banyak bridge gitar dan tuner gitar yang harganya dibawah seratus ribuan. Atau untuk semakin mengurangi budget, bridge gitar bisa kita ganti dengan sebilah kayu saja. 
  • Aksesoris gitar lainnya : Kita bisa menambahkan aksesoris gitar apapun yang kita inginkan, silakan tambahkan berbagai pernak-pernik sesuai dengan keinginan..

Sekian dulu artikel singkat dari kami, nantikan terus berbagai artikel menarik seperti aksesoris gitar, news musik dan info event, tips dan trik, efek gitar dan bass, berbagai chord lagu terbaru hanya di Guitarsquartz.net !!

Baca Juga Tips Dan Trik Menarik Lainnya :
Buat Sendiri Pickup Piezo dan Tips Pickup Piezo 
Tips Menggunakan Efek Untuk Gitar Akustik


0 comments: