IBX5981FE7FCD958 Penyebab Noise Dan Humming Pada Gitar Dan Bass Elektrik

Penyebab Noise Dan Humming Pada Gitar Dan Bass Elektrik

Guitarsquartz.net - Noise, humming, atau suara dengung pada gitar dan bass elektrik dapat cukup mengganggu. Kadang jika noise berlebihan bisa terdengar lebih keras daripada not asli instrumen.


Baca Juga : 
7 Merk Pick Up Gitar Yang Memiliki Kualitas Terbaik
Tips Menyiapkan Home Studio Recording Sederhana!!

Noise Pada Gitar Dan Bass Elektrik

Gitar dan bass elektrik pada dasarnya cukup rawan untuk mengalami noise. Noise, hum, suara dengung dapat menimpa siapa saja.

Noise dapat terjadi karena adanya gangguan gelombang elektromagnet yang dipancarkan dari alat elektronik. Sayangnya kita hidup di era modern dimana hampir semua alat dan perabotan yang kita pakai memancarkan radiasi elektromagnet.

Paling gampang mengujinya, coba colok gitar atau bass elektrik Anda ke ampli, nyalakan, setel volume agak keras, lalu dekatkan ke lampu neon. Pada beberapa gitar dan bass noise yang berasal dari lampu neon bisa terdengar cukup keras.

Selain dari peralatan elektronik, ada beberapa sumber noise lainnya yang perlu kita perhatikan.

Beberapa Sumber Penyebab Noise Lain Untuk Gitar Dan Bass Elektrik

Selain dari peralatan elektronik, ada juga beberapa penyebab noise lainnya yang harus diwaspadai...


  • Efek Dan Power Supply

Efek dengan komponen yang rusak didalamnya dapat memancing noise. Kena getaran atau tersenggol sedikit saja bisa langsung bersuara bising.

Tapi selain efek, sebenarnya yang lebih berpengaruh adalah power supply efek yang digunakan. Power suppy yang bagus dapat menyaring noise yang didapat dari listrik rumahan atau gedung.

Power supply efek yang hanya sekedar merubah voltase saja bakal dipenuhi dengan noise saat digunakan. Karena itu sebaiknya gunakan power supply yang khusus dibuat untuk efek gitar.



  • Ampli

Sama seperti efek gitar yang rusak, amplifier yang rusak dijamin bakal menghasilkan noise yang cukup keras.Amplifier dengan usia cukup tua pasti mengalami beberapa kerusakan komponen didalamnya, dan bisa menjadi penyebab munculnya noise yang berlebihan.

Perlu diperhatikan juga, tidak semua amplifier di buat untuk menerima tegangan universal. Ada beberapa amplifier yang membuat sesuai dengan tegangan di negara tempat ampli tersebut dijual, jadi tegangan listrik di Eropa berbeda dengan yang digunakan di Asia atau negara lain misalnya.

Untuk hal ini sebaiknya membaca manual agar tidak terjadi kesalahan yang selain dapat merusak ampli juga bakal menimbulkan noise tentunya.



  • Grounding Ruangan

Ruangan atau gedung yang sudah cukup lama biasanya belum dilengkapi dengan sistem grounding atau pentanahan yang memadai. Hal ini sudah pasti menimbulkan noise



  • Volume Tinggi Dan Distorsi High Gain

Volume yang tinggi serta efek distorsi atau amplifier dengan gain serta volume besar pasti akan menimbulkan noise.

Jika kita suka merekam latihan atau suara vokal pasti sering mendengar suara halus di background. Karena demikian, ruangan yang sepi sekalipun masih memiliki noise.

Noise yang kecil tersebut bila terus dikeraskan akan terdengar sebagai hiss atau background noise. Hal yang sama juga terjadi pada pickup gitar.

Suara senar saat sound clean atau tanpa efek terdengar bersih dan jernih. Namun bila volume amplifier terus dibesarkan maka noise pun semakin lama juga ikut semakin besar.

Untuk efek high gain overdrive atau distorsi, sudah pasti menjadi penyumbang terbesar noise. Kedua efek tersebut (termasuk fuzz) memperbesar arus listrik dari gitar dan bass, yang akhirnya memperbesar noise juga.



  • Pickup

Pickup dengan kondisi yang baik serta berkualitas seharusnya tidak mudah noise. Jika komponen didalamnya longgar atau rusak, seperti misalnya pada kawat, baseplate, magnet, pole piece dan lainnya bakal menjadi salah satu faktor penyebab noise.

Bila pickup yang ktia beli atau yang sedang kita gunakan komponennya terasa longgar saat diguncangkan, maka ada kemungkinan pickup tersebut rusak dan rawan noise.

Tipe pickup yang digunakan pun berperan dalam terjadinya noise...
Terutama untuk pickup single coil seperti Stratocaster akan lebih mudah terserang noise dari pada pickup humbucker seperti Les Paul.

Untuk bass, pickup single coil seperti yang ada pada Jazz Bass juga akan lebih mudah terkena noise daripada pickup humbucker semacam Musicman.



  • Tidak Ada Shielding Di Gitar/Bass

Shielding adalah proses melapisi rongga di bodi gitar, terutama tempat elektronik berada (wiring, switch, potensio, dan lainnya), dengan material konduktif seperti shielding paint, selotip tembaga (copper tape), selotip aluminium, dan kemudian dihubungkan ke grounding gitar.

Kenapa harus shielding? Karena shielding mampu menangkal berbagai gangguan gelombang elektronik yang masuk ke elektronik gitar, seperti pada eksperimen dengan lampu neon tadi. Shielding membelokkan gangguan tadi ke ground dan akhirnya mengurangi noise.

Gitar atau bass tanpa shielding, biasanya pada gitar-gitar entry level berharga murah akan sangat rawan terkena noise. Gitar dan bass yang sudah dilengkapi shielding biasanya akan terlihat berwarna hitam pada rongga elektroniknya (jika menggunakan shielding paint)

Atau mungkin juga berwarna tembaga hasil dari lapisan copper tape,walaupun sangat jarang gitar produksi massal memiliki shielding dari copper tape.

Cara Mengatasi Noise..

Sejak jaman gitar listrik dicolok ke amplifier, para pembuat gitar serta pembuat aksesoris gitar, efek, dan amplifier pun berusaha mencari solusi untuk masalah noise ini.

Beberapa cara ini bisa kita lakukan untuk mengurangi noise gitar dan bass elektrik kita...



  • Shielding Gitar Dan Bass

Hal ini adalah yang pertama kali disarankan untuk mengurangi noise. Jika kita tidak paham caranya, maka bisa meminta jasa di tempat servis gitar atau pengrajin gitar di kota Anda.

Atau jika ingn mencoba melakukanya sendiri, sudah banyak tutorial tentang shielding di Youtube dan internet.



  • Noise Gate

Noise gate adalah aksesoris gitar atau lebih tepatnya alat untuk memotong noise tepat saat sustain nada gitar dan bass berhenti.

Alat ini biasanya berukuran sebesar efek gitar dan dapat diletakkan di awal atau diakhir rangkaian efek gitar. Noise gate sering digunakan oleh gitaris metal dan rock untuk mengurangi noise karena biasanya mereka bermain dengan volume dan gain yang tinggi.

Tapi hati-hati menggunakan noise gate, karena settingan yang terlalu tinggi dapat memotong suara gitar terlalu awal dan malah menghilangkan suara gitar. Gunakan noise gate secukupnya saja.



  • Gunakan Power Conditioner

Selain power supply berkualitas, kita juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan power conditoner. Power conditioner adalah alat untuk menstabilkan tegangan dan memperbaiki kualits listrik yang masuk ke efek dan amplifier kita.

Power conditioner ada yang untuk rack ataupun berbentuk seperti stopkontak biasa. Power conditioner sebenarnya tidak terlalu diperlukan saat live, tapi saat recording akan sangat berguna untuk menjamin output suara yang sejernih mungkin tanpa gangguan.

Noise Tidak Bisa Hilang? 

Ya, bagaimanapun juga noise tidak bisa 100% dihilangkan. Kita tapi masih bisa menekan noise sehingga tidak terasa saat bermain gitar atau bass (suara not jauh lebih keras daripada suara noise).

Tapi ada juga gitaris dan bassist yang tidak terlalu mempermasalahkan noise pada gitar dan bass mereka. Seperti untuk musik classic rock, metal, atau genre manapun yang membutuhkan raungan noise dari distorsi gitar misalnya.

Secara garis besar tidak ada pemain gitar atau bass yang menginginkan noise berlebihan saat di panggung atau distudio. Memang sedikit noise kadang digunakan saat rekaman untuk memberikan feeling yang lebih natural dan 'analog'. Bahkan ada plugin rekaman yang mensimulasikan noise dari prekam pita.


Kesimpulan

Jika noise terdengar cukup mengganggu, maka bisa mencoba menerapkan cara-cara diatas untuk membantu mengendalikannya. Tapi jika dirasa noise masih cukup bisa diterima serta justru ikut membantu atmosfer musik yang Anda mainkan, maka sah-sah saja.

Segitu dulu artikel kali ini, semoga bisa berguna untuk pembaca Guitarsquartz sekalian untuk membantu