IBX5981FE7FCD958 Mengenal Bagian Dari Pickup Gitar

Mengenal Bagian Dari Pickup Gitar

Guitarsquartz.net - Pickup gitar adalah salah satu bagian terpenting dari gitar elektrik. Ada sangat banyak tipe dan jenis pickup, tapi pernahkah kita memahami bagian-bagiannya? Mari kita lihat dan pelajari apa saja yang membentuk sebuah pickup gitar.



Read More :
Memilih Pickup Bass Yang Tepat Untuk Bass Anda
Fishman Fluence, Teknologi Pickup Masa Depan

Berbagai Sebutan Dan Istilah Untuk Pickup Gitar

Dalam bahasa Indonesia, pickup gitar sering juga disebut 'spull' yang artinya gulungan kawat. Tidak salah juga namun tidak 100% tepat karena tidak hanya terdiri dari gulungan kawat saja.

Dalam bahasa Inggris, pickup memiliki beberapa sebutan selain 'pickup' tentunya. Pickup sering juga disebut transducer.

Cara Kerja Pickup Gitar

Pickup gitar memiliki prinsip kerja yang cukup sederhana. Getaran senar menyebabkan medan magnet di sekitar pickup berubah, dan perubahan di medan magnet tersebutlah yang diterjemahkan menjadi suara lewat amplifier gitar.


Mengenal Bagian Pickup Gitar


Gitar pickup terdiri dari beberapa bagian sederhana. Mari kita lihat lebih jelasnya di bawah ini :


  • Coil : Gulungan kawat yang berada pada bobbins atau tempat kawat di gulung
  • Polepieces : Berguna untuk menambah jangkauan medan magnet lebih dekat ke senar
  • Magnet : Tergantung dari jenis dan tipe magnet, semuanya memiliki efek suara yang berbeda
  • Bobbins : Biasanya terbuat dari plastik atau material lain sebagai tempat gulungan kawat
  • Baseplate : Tempat melekatkan berbagai parts pickup
  • Shim dan Spacer : Membatasi kontak antara bobbins dengan baseplate

Untuk pickup bass dan pickup lain rata-rata memiliki konstruksi seperti di atas. Kecuali untuk beberapa jenis pickup single coil, dimana polepiece nya dimagnetisasi atau memiliki medan magnet, sehingga tidak membutuhkan magnet batangan di bawah bobbins. 

Pickup aktif memiliki konstruksi yang tidak jauh berbeda dengan pickup pasif, perbedaanny adalah sirkuit elektronik pada pickup aktif, jadi harus menggunakan baterai. 


Pickup Aktif vs Pasif

Mana yang lebih bagus? Sekali lagi tidak ada ukuran tertentu bagus atau tidaknya. Pickup aktif biasanya identik dengan musik metal karena suaranya bisa sangat jernih walaupun menggunakan banyak distorsi. Pickup pasif lebih banyak digunakan untuk musik classic rock, pop, atau jazz. 

Tapi para pembuat pickup terus berinovasi sehingga banyak juga pickup pasif namun dengan karakteristik pickup aktif atau sebaliknya. Gunakan pickup yang menurut telinga Anda paling bagus, tidak ada aturan tertentu. 

Pickup Murah vs Pickup Bermerek

Harga memang tidak menipu soal kualitas, Semakin banyak harga yang Anda bayar, semakin bagus juga kualitas pickup yang Anda dapatkan. Lalu apakah pickup murah itu selamanya jelek? Jawabannya tidak juga. 

Kembali lagi, alat musik tidak bisa ditakar hanya dari spek di atas kertas saja, telinga kita tetap menjadi juri utamanya. Jika pickup murah yang Anda beli suaranya sudah terdengar ok, maka tidak perlu ganti pickup yang harganya jutaan. Memang pickup terkenal dan mahal menjadi jaminan kualitas, tapi jika sudah bisa mendapat pickup bagus dan murah, kenapa tidak?

Jika tidak yakin dengan pickup murah buatan Korea atau China yang ada di Tokopedia atau Bukalapak, maka bisa mencari pickup copotan gitar Ibanez atau gitar lain. Biasanya pickup tersebut masih cukup terjangkau harganya dengan kualitas diatas pickup murah..

Ok, sekian dulu artikel singkat ini, nantikan terus berbagai artikel menarik, tips trik, news musik, serta berbagai chord lagu gitar bisa Anda temukan di Guitarsquartz.net !