IBX5981FE7FCD958 Tiga Macam Scale Length Bass Yang Sering Digunakan

Tiga Macam Scale Length Bass Yang Sering Digunakan

Guitarsquartz.net - Scale length adalah ukuran panjang dari nut hingga ke bridge gitar atau bass. Luthier atau perusahaan gitar memiliki formulanya masing-masing untuk bass buatannya. Tapi ada tiga macam scale length yang sering dipakai dan digunakan pada bass.


Apa Itu Scale Length

Sebenarnya scale length sudah pernah dibahas pada artikel Memahami Scale Length Pada Bass dan GitarScale length paling berpengaruh pada playability atau seberapa nyaman dan enak gitar tersebut saat dimainkan.

Sedangkan untuk pengaruhnya buat tone bass, saya tidak berani menjelaskan lebih lanjut karena ada banyak faktor yang membentuk tone sebuah bass, mulai dari hardware, elektronik, kayu, dll. Dan juga karena ilmu belum cukup hehehe.

NOTE : Scale length yang dimaksud ini bukan tangga nada (scale) melainkan ukuran jarak mulai dari nut ke bridge. Sekedar untuk menyamakan persepsi aja.....


Tiga Macam Scale Length Bass Yang Sering Digunakan....


....adalah short scale, medium scale dan long scale. Pada artikel Memahami Scale Length Pada Bass dan Gitar, sudah dijelaskan tapi memang belum dikasih angkanya hehe...  Mari kita bahas satu-satu disini.


  • Short Scale
Bass Hofner ini termasuk kedalam bass dengan short scale

Memiliki scale length 30 inci atau 30". Bass dengan scale length 30 inci contohnya Hofner 500/1 yang sering dimainkan Paul McCartney. Bass lain dengan short scale adalah Gibson EB-0. Untuk bass modern dengan short scale contohnya Ibanez TMB30 atau Supro Huntington.


  • Medium Scale
Fender Stu Hamm Sig Series
Unicorn Bass 3200 Artist

Bass medium scale memiliki scale length 32 inci atau 32". Contoh medium scale bass adalah Fender Stu Hamm signature series (discontinued). Bass dengan medium scale cukup jarang ditemukan saat ini, dan biasanya hanya dapat ditemukan oleh builder custom atau beberapa luthier tertentu. Contohnya lainna adalah Unicorn Bass dari Swedia. 


  • Long scale
Fender FSR Deluxe PJ

Long scale memiliki scale length, 34 inci atau 34". Scale lenght ini paling banyak di gunakan pembuat bass di seluruh dunia. Contohnya adalah Fender Jazz Bass, Precision Bass, serta Gibson Thunderbird. 


Scale Length Lainnya?

Sebenarnya ketiga scale length di atas bukanlah pakem atau atau aturan tertentu buat sebuah bass. Setiap pabrikan atau luthier bisa saja memiliki scale length yang yang berbeda. Birdsong Bass dari USA misalnya, mereka membuat bass 4 dan 5 senar dengan scale length 31 inci.
Birdsong Fusion (kiri) 


Contoh lainnya adalah extra long scale atau kadang disebut super long scale (35 inci atau 35"). Scale length ini digunakan biasanya untuk bass modern 5 senar, karena memberikan tension lebih besar untuk senar B (senar 5), yang disukai player modern. Contohnya Lakland 55-94.
Lakland 55-94

Scale length 35 inci tersebut juga digunakan pada bass 4 senar, terutama untuk bass yang didesain untuk low tuning dengan alasan yang sama. Beberapa luthier juga membuat bass dengan panjang scale hingga 36 atau bahkan 40 inci (scale length upright bass), seperti yang dibuat Kalium, Quake Bass. 
Kalium Quake 


Ada juga beberapa bass dengan scale length yang lebih pendek dari short scale. Ibanez GSRM20 dan GSRM25 misalnya, memiliki scale lenght 28,6 inci saja. 

Fan Fret
Fan fret memungkinkan setiap senar memiliki scale length yang berbeda, dimana semakin rendah senar maka akan semakin panjang scale lengthnya. Lebih lengkapnya bisa dilihat pada artikel  Mengenal Fan Fret Pada Gitar dan Bass.


Memilih Bass Dengan Scale Length Yang Tepat Untuk Anda

Yang harus diingat seputar scale length adalah : semakin panjang scale length, maka jarak antar fret juga makin jauh. Semakin panjang scale length maka tension atau tegangan senar juga makin besar. 

Untuk yang memiliki tangan besar dan jari-jari panjang, memainkan bass dengan long atau extra long scale masih nyaman, sedangkan yang memiliki tangan kecil dan jari pendek, mungkin dapat mencoba bass dengau short atau medium scale. 

Sebaliknya, pemain bass dengan fisik yang besar bisa jadi kesulitan memainkan bass dengan short atau medium scale karena jarak fret yang terlalu berdekatan dan juga karena proporsi. 



Mengganti Scale Length Pada Bass?? Bisakah?

Bisa. Namun merubah scale length otomatis kita harus melepas neck lama dan menggunakan neck baru, alias ganti neck bass! 

Mengubah scale length bisa-bisa saja, selama bass kita memiliki joint neck bolt-on (bodi dan neck disatukan dengan baut/bolt,  contohnya Fender Jazz Bass). Jika ingin mengganti neck dengan scale length lebih panjang atau lebih pendek, maka silakan membawa bass ke luthier terdekat untuk konsultasi. 

Jazz Bass memiliki joint neck bolt on


Sedangkan bass dengan joint neck-thru atau set-neck, masih bisa dilakukan untuk penggantian neck, namun prosesnya tidak bisa dilakukan sembarangan dan yang pasti menghabiskan biaya dan tenaga yang tidak sedikit untuk luthier melakukannya. 

Karena itu disarankan untuk tidak mengotak-atik neck bass dengan joint set neck atau neck thru jika tidak mengalami kerusakan. Ingat, segala perubahan yang kita lakukan pada bass bakal merubah karakter aslinya, jadi pikirkan dengan baik sebelum melakukan modifikasi. 

Sampai disini dulu artikel tentang scale length pada bass, nantikan terus artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net!