IBX5981FE7FCD958 Tips Memilih dan Membeli Pick Gitar

Tips Memilih dan Membeli Pick Gitar

Leave a Comment




Tidak bisa dipungkiri bahwa pick memiliki peranan penting dari permainan seorang gitaris. Pick gitar memiliki karakteristik yang berbeda mulai dari bentuk, ketebalan dan material.  Setiap pick mempunyai fungsi berbeda dalam beberapa kegiatan bermain alat musik.

Bentuk-bentuk Pick Gitar

Berdasarkan bentuknya pick gitar dibagi menjadi 6 jenis:

1.     Teardop
Pick gitar berbentuk teardrop merupakan pick yang banyak dipilih pemain gitar. Bentuknya sangat fleksibel sehingga bisa digunakan dalam berbagai gaya permainan.



2.     Jazz
Pick yang dibuat khusus untuk gitaris jazz. Pick bentuk ini menghasilkan petikan yang soft atau petikan single tone.



3.     Homebase
Pick berbentuk segi lima ini akan menghasilkan nada yang nyaring. Pick jenis homebase ini sangat cocok untuk menghasilkan suara yang nyaring.



4.     Circular
Pick yang berbentuk circular banyak diproduksi pabrikan Ibanez, pick ini banyak digunakan untuk gitar akustik, ukulele dan bass.



5.     Thumb pick
Pick jenis thumb disisipkan pada ibu jari. Pick bentuk ini banyak digunakan untuk melakukan finger picking, sangat cocok untuk digunakan memainkan lagu-lagu blues, country, klasik atau akustik.



Pick menurut ketebalannya

Tebal dan tipisnya pick sangat mempengaruhi suara yang dihasilkan,pick tebal sangat cocok digunakan untuk permainan musik yang agresif dan pick tipis akan menghaslkan suara yang kecil dan lembut.

·        Thin 0,5 mm
Pick thin dengan ketebalan 0,5 mm sangat cocok untuk pemain gitar pemula karena kelenturannya dan tidak menyebabkan kelelahan pada jari-jari tangan.



·        Medium 0,6 mm – 0,8 mm
Pick medium saat digunakan akan menghasilkan suara yang sangat nyaring dan banyak digunakan oleh pemain gitar pemula dan professional




·        Hard 0,9 mm – 1 mm
Penggunaan pick banyak digunakan oleh pemain gitar yang agresif untuk memainkan single string playing. Pick hard dengan ketebalan hingga 1 mm akan menghasilkan suara yang jelas dan bulat.



·        Extra Heavy 1,15 mm – 2 mm
Pilihan pick ini dikhususkan untuk tingkat pemain gitar professional dengan gaya permainan yang cepat sehingga menghasilkan suara yang sangat nyaring.


Material pick gitar

Bagian terpenting dari material pick gitar adalah tekstur dan rasa kesat dari pick gitar. Pilihan pick banyak ditentukan dengan jenis musik yang dimainkan. Pemain gitar pemula banyak memilih pick berbahan seluloid dan delrin.

  • Seluloid
Seluloid bahan berjenis resin sintetis membuat pick menjadi ringan dan licin. Suara yang dihasilkan dari jenis seluloid adalah datar dan halus. Pick berbahan seluloid banyak digunakan banyak genre musik.
  • Totex
Permukaan pick berbahan totex tidak licin dan kesat. Pick ini sangat cocok digunakan oleh pemain gitar yang mudah berkeringat dan bahan totex ini memiliki daya yang baik dan sulit terkikis.
  • Delrin
Material pick delrin memiliki permukaan yang halus, tahan air dan tahan panas. Tidak cocok digunakan untuk orang yang mudah berkeringat.
  • Nylon
Bahan pick nylon memiliki tekstur sangat lembut, banyak digunakan untuk bermain gitar klasik yang akan menghasilkan suara yang halus dan jernih.
  • Ultem
Pick berbahan ultem sangat awet dan tahan gesek. Bahan ultem sangat mirip dengan kuku manusia sehingga suara yang dihasilkan pick dari jenis ultem seperti memetik senar gitar dengan kuku.
  • Polycarbonat
Pick berbahan polycarbonat mirip kaca  organik, sangat kuat dan tahan getaran. Pick polycarbonat bisa digunakan untuk memainkan jenis musik yang agresif.
  • Tortoise shell
Pick ini berbahan alami yaitu dari cangkang kura-kura. Pick berbahan tortoise shell sangat mahal harganya. Pick tortoise shell menjadi pick favorit para gitaris professional karena suara yang dihasilkan sangat unik.
  • Stainless stell
Pick yang dihasilkan dari stainless stell memiliki tingkat getaran yang rendah pada saat senar gitar dipetik, menghasilkan efek distorsi disaat melakukan sliding pick pada senar.


0 comments: