IBX5981FE7FCD958 Tips Bersih-Bersih Gitar Kesayanganmu

Tips Bersih-Bersih Gitar Kesayanganmu

Leave a Comment




Gitar sebagai alat musik favorit sebagaian masyarakat dunia berhak mendapat perlakuan yang khusus seperti alat musik lainnya. Bentuk dan model gitar banyak dipilih masyarakat untuk menjadi pilihan sebagai alat musik andalan saat di rumah atau di event-event penting.

Jam terbang gitar menjadi pertimbangan sebagian orang untuk memperlakukan gitar layaknya seperti manusia butuh perawatan rutin yaitu dibersihkan secara berkala.

Membersihkan gitar merupakan sebagai salah satu cara agar gitar tetap nyaman saat dimainkan serta menambah umur gitar. Jika tidak membersihkan gitar secara rutin,maka gitar kesayangan akan rusak seperti neck menjadi melengkung atau keropos yang berakibat suara gitar menjadi kurang prima.


Berikut ini ada beberapa tips untuk membersihkan gitar :

  1. Bersihkan fretboard
Kebersihan fretboard menjadi hal penting untuk dibersihkan agar pada saat gitar akan dimainkan terasa nyaman dan aman. Membersihkan fretboard cukup menyiapkan kain yang lembut ditambah pembersih seperti minyak kayu putih atau cairan pembersih untuk gitar. Bersihkan setiap fretboard secara berurutan sampai semua fretboard terlihat bersih.



  1. Bersihkan body
Lakukan pembersihan di bagian body gitar dari depan sampai belakang secara menyeluruh sampai bagian body seluruh body bersih. Kotoran yang menempel di body gitar berasal dari debu atau minyak sehingga untuk membersihkan cukup membutuhkan kain lap yang lembut dan cairan pembersih gitar. Pembersihan body gitar dilakukan secara perlahan-lahan sampai bagian body terlihat mengkilap dan bersih.



  1. Bersihkan tuning key
Tuning key bagian terpenting dari gitar karena fungsinya sebagai pemutar senar yang setiap saat tidak boleh terlihat terlalu kotor atau berkarat. Siapkan kain lembut dan cairan pembersih gitar atau menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan tuning key. Baby oil juga bisa digunakan untuk melumasi bagi ulir dari tuning key gitar. Lakukan dengan hati-hati agar tidak berlebihan memberikan cairan pembersih pada tuning key, gunakan cotton bud untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit dilakukan dengan tangan.



  1. Bersihkan bridge gitar
Membersihkan bridge cukup menyiapkan cotton bud dan cairan pembersih gitar. Basahi cotton bud dengan cairan pembersih gitar, Lakukan dengan hati-hati dan teliti pada bagian-bagian yang sulit dibersihkan. Apabila mengalami kesulitan dalam membersihkan sela-sela pada bridge bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian tersebut dengan cairan pembersih gitar sampai bersih.



  1. Bersihkan senar gitar
Senar gitar menjadi bagian penting yang harus selalu rutin dibersihkan, cukup menyiapkan kain lembut dan cairan khusus untuk membersihkan senar. Tuangkan cairan pembersih senar pada kain kemudian usap kain pada setiap senar dengan hati-hati dan teliti sampai semua bagian senar terlumasi dengan benar. Lakukan pembersihan senar minimal 1 minggu sekali supaya gitar nyaman saat dimainkan.



Manfaat membersihkan gitar antara lain :
·         Suara gitar selalu prima dan garing
·         Tampilan gitar selalu bersih
·         Menghindari neck gitar tidak bengkok atau melengkung

Merawat gitar secara teratur dan rutin menambah performa gitar kesayangan menjadi nyaman saat dimainkan. Gitar kesayangan akan terlihat lebih bersih, harum dan nyaman sehingga kualitas suara gitar kesayangan selalu prima.
Simpan gitar yang sudah di bersihkan dalam softcase, hardcase atau standing khusus dengan posisi berdiri tegak. Usahakan gitar disimpan dalam suhu ruangan yang tidak terlalu panas atau lembab dan tidak membiarkan gitar terkena air untuk menghindari kualitas suara gitar tidak prima.


0 comments: