IBX5981FE7FCD958 Tips Mengecek Gitar apakah Gitar Asli atau Palsu!

Tips Mengecek Gitar apakah Gitar Asli atau Palsu!

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Gitar memang selalu menjadi salah satu alat musik yang populer di kalangan masyarakat Indonesia terutama kalangan remaja. Karena tingginya sebuah permintaan pasar maka semakin banyak pula jumlah produksinya. Entah itu dari pabriknya langsung atau buatan sendiri. Bahkan tak jarang diantaranya terdapat gitar palsu alias KW. Lalu bagaimana cara membedakan gitar asli atau gitar palsu?
Yamaha Gitar Original

Gitar Palsu

Saat ini, banyak sekali merk gitar yang beredar di pasaran. Seperti merk Fender, Ibanez, Yamaha dan merk lainnya yang sudah dikenal masyarakat. Karena varian yang banyak itu pula, kita harus lebih teliti saat akan membeli gitar. Sebab, karena terbujuk dengan harga gitar yang murah, bisa saja gitar yang akan kita beli tersebut adalah gitar palsu. 

Semakin menjamurnya alat musik gitar, semakin meningkat pula produksinya. Entah itu dari pabriknya langsung ataupun dari kostum atau buatan sendiri.

Karena saking banyaknya alat musik gitar, kita harus lebih teliti saat memilih dan membelinya. Sebab, jika kita tidak teliti saat memilih gitar, hasil yang di didapatkan bisa kurang memuaskan, dan terutama lagi barang tersebut bisa saja palsu / KW bukan orisinil buatan pabrik. Oleh karena itu kita tidak tahu mana gitar yang asli atau tidaknya.

Tidak sedikit merk gitar yang memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda beda. Seperti merk Fender, Ibanez, Yamaha dan masih banyak lagi yang sudah terkenal di seluruh dunia. Karena saking terkenalnya, banyak sekali gitar tiruan yang memiliki kemiripan yang hampir 80% dan mengatas namakan merk tersebut.

Berikut ini cara mengetahui perbedaan gitar asli atau palsu!

Kepala Gitar (Headstock)
Bagian ini berfungsi sebagai dudukan Nut, tempat Tuner Setting serta tempat logo merk gitar. Nah untuk mengetahui hal itu kalian perlu memperhatikan logo stiker merk. Apabila gitar asli, biasanya logonya akan dibuat timbul, cembung, cekung, plat besi atau langsung semprotan. Jadi tidak ada stiker plastik.

Lubang Truss Rod
Apabila headstock mempunyai lubang truss rod “biasanya” ada tutupnya dan itu berwarna sama persis dengan warna headstock. Apabila ada tulisan merk bentuknya akan sama seperti pada logo merk pada headstock.

Suara Gitar
Ini merupakan salah satu hal yang paling mencolok pada gitar. Jika gitar asli, dapat dipastikan suaranya pasti merdu, bulat, gak ada cempreng ataupun suara senarnya fals.

Nomor Seri Gitar
Sudah dipastikan jika suatu gitar asli, maka akan memiliki nomor seri pada salah satu atau beberapa pada bagian gitar tersebut.

Finishing Gitar
Perhatikan semua sisi gitar, apabila gitar asli maka cat, bentuk dan komponen (hampir)sama sekali tidak memiliki kecacatan. Alat musik tiruan memiliki detail “finishing” yang buruk. Sangat terlihat jika diperhatikan dengan teliti.

Cari Referensi Sebelum Beli Gitar
Jika kalian ingin membeli gitar dengan merk tertentu. Bukalah website resminya untuk mengetahui seri, komponen dan beberapa hal penting yang perlu anda ketahui pada gitar tersebut.

Bagaimana Anda Bisa Mengetahui Gitar Asli atau Palsu?

Kualitas kayu
Kualitas kayu pada gitar adalah faktor penentu mengapa gitar tersebut berkualitas. Umumnya gitar yang bagus itu terbuat dari kayu mahogani atau kayu jati. Pada umumnya gitar yang bagus, tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan.
Maka dari itu jika kamu ingin membeli sebuah gitar , usahakan bawa teman kamu yang paham seluk beluk gitar, agar kamu tidak mudah tertipu saat memilih gitar. Jangan salah gitar karena zaman sekarang memang menampilkan bentuk dan merk yang sama namun kualitasnya sama sekali buruk.

Perhatikan ketinggian senar gitar
Tidak lupa juga setelah melihat dengan jelas bahwa bentuk kepala, leher, dan body tidak ada yang cacat sedikitpun. Kamu bisa mencoba melihat senar gitar dari posisi samping apakah senar gitar meregang terlalu tinggi atau normal alias datar dari ujung kepala hingga ekor gitar. 

Biasanya gitar yang memiliki kualitas kurang bagus senar akan terlihat dari ujung kepala datar tapi setelah menuju ke leher sampai ke ekor senar gitar semakin menanjak atau tidak rata, ini bisa terjadi karena desain saddle terlalu tinggi dan tidak sempurna.




0 comments: