IBX5981FE7FCD958 Manfaat Amplifier Multichannel Untuk Sound Gitar

Manfaat Amplifier Multichannel Untuk Sound Gitar


Guitarsquartz.net – Amplifier gitar merupakan salah satu elemen penting dalam pencarian sound gitar kita. Kadang amplifier saja tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan sound kita, namun dengan kemajuan teknologi, kini lebih banyak fitur dan fasilitas yang bisa dimuat ke dalam amplifier.


Awal mula amplifier, hanya terdiri dari satu channel  atau satu variasi suara saja. Knobnya biasanya terdiri dari  ekualiser Bass, Mid, Treble, Gain, dan Presence. Untuk ampli modern umumnyadisertai juga dengan master Volume. Kita hanya bisa memilih satu jenis sound setiap kali kita setting eq di ampli. Misalnya clean, crunch, atau sedikit lebih distorsi dengan memaksimalkan gainnya. Bila kita ingin mengubah sound harus kembali mengeset knob ampli atau menggunakan beberapa pedal overdrive atau distorsi. 

Nah, untuk mengatasi keterbatasan tersebut, para pembuat amplifier membuat lebih dari satu set equaliser yang bisa kita pilih. Misalnya ampli dengan dua set eq memungkinkan kita untuk memiliki setting yang berbeda untuk channel clean dan overdrive misalnya. Atau jika tidak ada eq, maka disediakan dua pilihan gain dan master volume untuk channel clean dan overdrive. 

Semakin majunya teknologi memungkinkan lebih dari dua channel bisa dimuat ke dalam sebuah amplifier. Kadang tiga, bahkan lima channel pun bisa dimuat ke dalam amplifier. Tergantung dengan kebutuhan Anda, mungkin dua atau tiga channel pun sudah lebih dari cukup. 

Misalnya channel 1 untuk clean, lalu channel dua untuk rhtym distorsi, channel 3 untuk lead, dan seterusnya. Karena setiap channel memiliki ekualisernya sendiri maka kita bisa mendapatkan sound maksimal untuk tiap channel yang kita gunakan. 



Kelebihan Amplifier Multichannel
Kelebihan ampli multichannel ini salah satunya adalah mengurangi peralatan yang Anda pakai untuk manggung atau recording. Peralatan disini maksudnya adalah berbagai efek gain-based, yaitu overdrive, distorsi,fuzz atau booster. Dengan demikian kita hanya perlu membawa efek modulasi, delay dan reverb saja misalnya. Karena berbagai karakter ampli seperti clean boost, crunch, overdrive atau distorted sudah diatasi oleh amplifier mulitichannel.


Kekurangan Amplifier Multichannel
Karena memiliki fitur lebih banyak, maka bisa dipastikan harganya pun akan jadi lebih mahal dibanding ampli dengan satu channel saja. Dan tergantung amplifier yang digunakan, bisa jadi ampli multichannel memiliki bobot yang lebih berat.

Nah, kita tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Bila kita senang mencoba berbagai efek distorsi dan overdrive maka kita hanya membutuhkan amplifier yang lebih sederhana. Namun bila kita menginginkan sound overdrive atau distorsi yang ‘ampli banget’ maka amplifier multichannel adalah pilihan yang tepat. 


Berikut ini adalah beberapa contoh amplifier multichannel yang cukup populer saat ini.
Marshall JVM Series
Orange Terror Series & Dual Dark
Peavey Amps
Hughes and Kettner Head Amps
Bugera Infinium
Mesa Boogie Triple Crown & Mark Five
ENGL Invader II
Egnater Tour Master
Carvin V3M
Bogner Uberschall

Sedikit merangkum pembahasan kita tadi ; amplifier multichannel berguna untuk Anda yang membutuhkan banyak variasi sound tanpa bantuan dari efek overdrive atau distorsi, semuanya dalam satu amplifier saja. Lain halnya jika senang mencoba berbagai efek, maka yang dibutuhkan hanya amplifier satu channel saja dengan suara clean yang baik.

Semoga artikel tentang Manfaat Amplifier Multichannel Untuk Sound Gitar tadi bermanfaat untuk Anda. Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz. See you soon..