IBX5981FE7FCD958 Tips Belajar Membaca Not Balok & Not Angka Pada Gitar/Piano

Tips Belajar Membaca Not Balok & Not Angka Pada Gitar/Piano

Guitarsquartz.net - Ketika kita sedang belajar tentang teori dasar musik, pastinya kamu juga akan belajar mengenal notasi. Biasanya lebih sering disebut dengan not. Terdapat dua macam not, yaitu not angka & not balok. Apakah itu not angkan & not balok? Berikut ini adalah penjelasan Tips Belajar Membaca Not Balok & Not Angka Pada Gitar/Piano
Tips Belajar Membaca Not Balok & Not Angka Pada Gitar

Tips Belajar Membaca Not Balok & Not Angka Pada Gitar/Piano Majalah Gitar Terlengkap & Terbaik

Sebuah not balok pada gitar adalah notasi-notasi yang disimbolkan sebagai simbol bulat-bulat. Bentuknya ada yang menggunakan tangkai ada yang tidak juga, tergantung dari nilai ketukannya sendiri. Not balok ini di posisikan pada garis paranada. Garis paranada adalah sebuah 5 garis sejajar dan memiliki spasi untuk tempat meletakkan not balok gitar dan menunjukkan durasi dan ketinggian nada. Tinggi nada di gambarkan secara vertikal, dan sedangkan waktu/ritme digambarkan secara horisontal. Berikut ini adalah gambar garis paranada.

Baca juga Tips & Trik Lainnya :
Gibson Perkenalkan Gitar Baru Untuk Tahun 2019
Fuzz God III, Efek Mini Dengan 64 Macam Sound Fuzz
Gitar Yang Cocok Untuk Bermain Music Keras (Rock & Metal)

Tips Belajar Membaca Not Balok & Not Angka Pada Gitar/Piano

Rangkaian tinggi sebuah rendahnya bisa di simbolkan dengan urutan huruf: C-D-E-F-G-A-B-C. Kemudian, untuk menentukan tinggi dan rendahnya nada, pada not balok mempunyai 2 tanda kunci, yaitu Treble Clef (nada tinggi) & Bass Clef (nada rendah). Di dalam alat musik piano, penggunaan tanda kunci ini biasanya untuk membedakan nada mana yang dimainkan di tangan kiri dan di tangan kanan, juga tingkatan nadanya berbeda.