IBX5981FE7FCD958 Tips Setting Ekualiser Untuk Bass

Tips Setting Ekualiser Untuk Bass

Leave a Comment
Guitarsquartz.net-Bass adalah instrumen yang cukup penting sebagai penyambung antara ritem dan melodi. Karena itu bass harus bersuara jelas adagar dapat didengarkan seluruh band. Mendapatkan sound yang detail dengan kadar low yang cukup adalah impian semua pemain bass.

Ekualister atau dikenal dengan sebutan EQ adalah kunci untuk mengatur suara bass kita. Biasanya terdiri dari beberapa knob ; Bass, Mid, Treble, Presence, dan lainnya. 

Sound bass memang tidak sama satu dengan yang lainnya. Apalagi settingan ekualiser  atau EQ setiap orang berbeda-beda. Belum lagi setiap bass memiliki karakter yang berbeda satu sama lain. Settingan ekualiser  yang tepat akan menyenangkan semua orang, mulai dari pemain band, hingga pemain bass. Lalu bagaimana cara setting ekualiser  yang tepat untuk sound bass kita ? Mari kita simak tips singkat berikut ini. 



Jangan Terlalu Banyak Low
Loh? Kan main bass, lalu kenapa tidak boleh menggunakan banyak frekuensi Low? Karena frekuensi Low yang berlebihan akan rawan feedback serta mengganggu mix sound system dari keseluruhan band, dan yang lebih parah adalah suara bass menjadi tidak jelas.  
Karena itu atur Low secukupnya pada EQ amplifier atau efek Anda, dan selalu dengarkan rekan band Anda, apakah soundnya sudah cukup atau terlalu banyak Low.


Dapatkan Detail Dengan Menaikkan Midrange
Frekuensi Mid atau Midrange sangat membantu untuk mendapatkan detail dari suara senar bass. Setelah mendapatkan Low yang cukup, kita bisa mengatur Mid agar detail permainan bass kita lebih terdengar. Sama halnya dengan frekuensi Low, terlalu banyak Mid justru menyebabkan sound bass terlalu tajam. Cukup mengatur knob ekualiser Mid hingga permainan bass kita terdengar.



Gunakan Frekuensi High Secukupnya
Frekuensi High atau Treble juga dapat menambah detail suara senar bass, tapi frekuensi High yang terlalu banyak dapat menyebabkan ‘tabrakan’ dengan suara simbal atau gitar. Posisikan knob EKUALISER High sehingga tidak mengganggu kedua instrumen tadi. 


Pelajari Ekualiser Pada Amplifier
Amplifier bass biasanya memiliki jumlah ekualiser yang lebih banyak dari pada gitar, dan sering juga ditambah dengan graphic equalizer untuk setting sound yang lebih presisi. Pelajari setiap tombol ekualiser, dan sempatkan untuk mencari sound terbaik saat checksound atau latihan. 

Jika kita akan tampil manggung, maka ada baiknya kita membawa alat sendiri agar sound kita konsisten. Tidak perlu amplifier, sebuah preamp pedal sudah cukup untuk menjaga sound bass tetap optimal. 





 Graphic Equalizer
Ekualiser ini sering ditemukan di beberapa amplifier bass. Karena banyaknya frekuensi yang bisa diatur kadang membuat kita jadi bingung sendiri saat melihatnya. Tidak perlu bingung, karena cara kerjanya cukup sederhana. Frekuensi paling kanan adalah High atau Treble, frekuensi paling kiri adalah Low atau Bass. 

Selain terdapat pada amplifier, Graphic Equalizer juga tersedia dalam bentuk pedal stompbox. Namun jika amplifier bass yang kita gunakan sudah memiliki Graphic EQ, maka kita seharusnya tidak perlu lagi menggunakan pedal EQ. 

Graphic Equalizer terdiri dari beberapa slider (atau dikenal juga dengan sebutan fader)  yang digunakan untuk mengurangi atau menambah frekuensi. Apabila slider di posisi tengah maka tidak ada perubahan  pada sound. Paling atas adalah frekuensi High, paling bawah adalah frekuensi Low.

Beberapa tips di atas adalah tips sederhana yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan sound bass yang maksimal. Di lain kesempatan akan kita bahas tentang ekualiser secara lebih mendalam. Demikian artikel tentang Tips Setting Ekualiser Untuk Bass, semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang musik. Sampai bertemu lagi diartikel menarik berikutnya hanya di Guitarsquartz.


0 komentar: