IBX5981FE7FCD958 Manfaat Buffer Untuk Tone Gitar dan Bass

Manfaat Buffer Untuk Tone Gitar dan Bass

Leave a Comment
Guitarsquartz.net-Kabel gitar yang bagus membuat tone gitar atau bass terdengar lebih ok. Meskipun sistem wireless gitar sudah canggih, masih banyak yang menggunakan kabel dengan alasan suara yang khas.
Menggunakan kabel panjang dapat mengurangi kualitas suara gitar

Namun sayangnya kabel juga memiliki kekurangan. Tidak peduli sebagus apapun material yang digunakan, pada kabel yang sangat panjang suara gitar dan bass akan mengalami penurunan. Penurunan kualitas suara biasanya berupa frekuensi high yang berkurang jernihnya serta penurunan volume.  Kapasitansi pada kabel panjang adalah penyebab suara gitar atau bass tidak sebagus ketika menggunakan kabel yang lebih pendek.

Bisa kita coba sendiri, bandingkan suara gitar dengan kabel pendek dan kabel yang panjang. Semakin panjang kabel, maka volume serta treblenya akan semakin berkurang. Karena itu kita membutuhkan sebuah alat praktis bernama buffer.



Buffer
Buffer adalah alat yang kita gunakan untuk membantu memperbaiki "tone loss", atau berkurangnya keindahan suara instrumen.  Buffer mengubah sinyal gitar pasif menjadi aktif melalui rangkaian sirkuit didalamnya. Buffer biasanya berukuran sebesar efek stompbox namun tanpa switch, hanya lampu indikator.

Namun ada juga beberapa buffer yang dilengkapi sebuah footswitch untuk mem-bypassnya. Buffer memperkuat sinyal sehingga tone gitar atau bass kita tidak hilang serta membantu untuk men-drive sinyal melalui kabel panjang agar suara gitar tetap prima.
contoh buffer buatan TC Electronic

Ukuran buffer juga biasanya cukup kecil sehingga tidak makan tempat di pedal board. Untuk harga buffer bervariasi, namun tidak jauh dari harga sebuah efek stompbox berkualitas. Jika sedang ketat budget, berbagai versi murahnya bisa kita temukan di berbagai toko online.


Gitar Atau Bass Yang Membutuhkan Buffer? 
 Gitar, bass, dan instrumen lain dengan elektronik pasif. Sedangkan gitar atau bass yang sudah dilengkapi elektronik aktif seperti EMG atau bass dengan EQ tidak terlalu membutuhkan buffer karena sudah memiliki sinyal yang cukup kuat.
Bass dengan elektronik aktif yang juga berfungsi menjadi buffer.


Buffer Pada Efek Gitar
Ya, kemungkinan besar beberapa efek yang sudah ada di pedalboard Anda berfungsi sebagai buffer juga. Efek seperti Boss ketika di bypass masih ada sirkuit buffernya. Jadi bila memiliki sejenis efek seperti Boss maka sebenarnya kita sudah memiliki sebuah buffer.

Lain lagi dengan efek yang berlabel True Bypass, yang berarti ketika di bypass sama sekali tidak ada pengaruh elektronik aktif yang memboost atau mendorong sinyal gitar atau bass. Jadi.....


Dimana Tempat Buffer Pada Signal Chain/Pedalboard??
Sebuah pedal buffer biasanya di letakkan paling awal. Tujuannya agar efek-efek setelahnya menerima sinyal yang stabil dan kuat. Bisa juga di taruh setelah efek terakhir, terutama jika jarak dari pedalboard ke amplifier cukup jauh.


Buffer Tidak Diperlukan Saat...
Gitar atau bass kita memiliki elektronik aktif (baterai), efek pertama di pedalboard memiliki buffer (preamp, compressor, overdrive, dll), dan saat kita menggunakan beberapa pedal fuzz.

Beberapa pedal fuzz harus diletakkan sebelum buffer. Karena fuzz bereaksi langsung dengan volume gitar, bila volume di turunkan maka fuzz akan berubah menjadi lebih clean, dan hal ini sering digunakan gitaris sebagai bagian dari permainan. Namun selain itu buffer sebaiknya ada di paling depan.


Buffer Untuk Gitar Dan Bass
Umumnya semua buffer dapat digunakan untuk semua instrumen pasif, karena buffer tidak mengubah tone, alias netral. Tapi ada juga buffer yang khusus didesain untuk instrumen tertentu, seperti bass, gitar, dan lainnya. Sebaiknya pelajari dulu buffer yang kita perlukan sebelum membelinya.
contoh buffer khusus bass buatan Providence

 Sampai di sini dulu artikel singkat kita tentang buffer, semoga berguna untuk membuat tone gitar dan basss kita lebih baik lagi. Jangan lupa nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.



0 komentar: