IBX5981FE7FCD958 6 Tips Dan Trik Melatih Perpindahan Chord Gitar Dengan Cepat!!!

6 Tips Dan Trik Melatih Perpindahan Chord Gitar Dengan Cepat!!!

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Salah satu masalah yang dihadapi gitaris, baik pemula maupun yang sudah advanced, adalah berpindah chord secara cepat dan efisien. Memainkan chord memang jarang menjadi perhatian utama para gitaris, tidak seperti permainan solo atau melodi.

Mengapa Sulit Melatih Perpindahan Chord?

Sebenarnya tidak ada yang terlalu sulit, namun untuk berpindah dari satu chord ke chord lainnya memang membutuhkan keterampilan tangan, terutama untuk chord-chord  yang cukup jauh. Berikutnya akan dibahas beberapa tips dan trik untuk melatih agar perpindahan chord yang kita mainkan lebih smooth dan cepat.

Oya, jika belum paham tentang cara membaca diagram chord gitar atau chord box, bisa melihat artikel Tips Cara Membaca Diagram Chord Gitar atau Chord Box.

Tips Dan Trik Melatih Perpindahan Chord Gitar

1. Menghafal Bentuk Chord Dasar
Bentuk chord dasar antara lain C, D, E, F G, A minor, dan lain-lain. Terutama chord yang memiliki nada dasar di senar 5 (senar A) dan senar 6 (E), atau yang kadang sering disebut dengan kunci 'gantung'.


2. Mencari Chord Yang Tepat
Maksudnya adalah mencari chord yang memungkinkan kita berpindah dengan cepat. Contohnya seperti ini. Misalnya kita memainkan kunci C, lalu kita mainkan A minor. Mari kita lihat contohnya di bawah ini.....


Silakan Anda coba sendiri, mainkan kunci C dan kemudian berpindah ke A minor. Perhatikan tangan fretting (tangan yang menekan fretboard) Anda, apakah dapat berpindah dengan cepat? Harusnya tidak terlalu sulit, karena jari yang digunakan sama, yaitu telunjuk, jari tengah, dan jari manis....

Tapi kita bisa berpindah chord dengan lebih cepat lagi! Caranya kita harus memilih bentuk chord lain yang menggunakan lebih sedikit jari atau chord dengan posisi jari yang tidak terlalu jauh dari chord sebelumnya.

Berikutnya kita akan mencoba memainkan chord C mayor kemudian kita pindah ke A minor 7. Kita lihat contoh di bawah ini.....



Silakan Anda coba mainkan chord diatas. Menurut Anda mana yang paling cepat berpindah chordnya? Tentu saja dari C mayor ke A minor 7! Kita hanya perlu mengangkat satu jari saja untuk berpindah dari C ke A minor 7. Karena itu juga, chord A min 7 sering digunakan daripada A minor untuk memfasilitasi perpindahan chord yang cepat.

Memang untuk menemukan dan mengingat chord yang memudahkan untuk berpindah cepat, kita harus sering-sering belajar banyak lagu  dari berbagai jenis musik. Jika hanya menghafal saja maka mustahil untuk mengingat chord yang banyak sekali jumlahnya.

Namun jika menghafal lewat lagu, maka akan lebih mudah untuk mengingat chord-chord menarik yang bisa kita gunakan nantinya...


3. Berlatih Perpindahan Chord 'Jauh'
Maksudnya adalah berlatih perpindahan chord yang berada di fret yang tinggi. Chord C dan A min 7 yang sudah kita pelajari sebelumnya berada di daerah fret 3-5 yang masih bisa dijangkau tangan fretting dengan mudah.

Nah, sekarang coba mainkan chord E mayor ke C# minor 7, seperti contoh di bawah ini...


Seperti yang bisa kita lihat, kedua chord tadi terpisah oleh posisi fret yang cukup jauh. E mayor berada di fret pertama, sedangkan C# minor 7 berada di fret 4. Contoh progresi chord ini ada pada intro lagu "My Hero" dari Foo Fighters.

Dengan sedikit latihan kita pasti bisa menguasai perpindahan chord diatas. Saya sendiri membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa berpindah chord yang posisi fretnya terpisah jauh....


4. Mendengarkan Dan Belajar Banyak Lagu Dari Berbagai Jenis Musik
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kembali saya mengingatkan untuk tidak pilih-pilih dan mendengarkan serta mempelajari banyak lagu.

Tidak peduli genrenya, baik dangdut sampai progresif metal, dari EDM sampai pop sunda misalnya... Karena setiap musik memiliki gaya serta progresi chord yang unik. Jika kita hanya senang memainkan dari satu genre musik saja, maka vocabulary chord kita dijamin tidak akan berkembang hehe..


5. Belajar Memainkan Chord Selain Chord Dasar
Jika hanya bisa memainkan chord dasar, maka saat kita nge-jam atau mempelajari lagu baru, kita akan kesulitan untuk memainkan berbagai chord yang tidak kita kenal.

Chord dasar memang masih digunakan, namun sangat jarang sebuah lagu hanya menggunakan chord dasar saja. Musisi atau pengarang lagu menggunakan berbagai macam chord di dalam komposisinya, karena setiap lagu membutuhkan nuansa dan feel yang berbeda.

 Contoh chord unik tersebut ada di artikel 10 Bentuk Chord Unik Yang Harus Diketahui Gitaris Pemula.

6. Baca Terus Guitarsquartz Dan Nantikan Berbagai Artikel Menarik Seputar Tips Dan Trik Gitar!!
Mungkin ini adalah tips yang paling penting hehehe..... Sampai di sini dulu artikel tentang 5 Tips Dan Trik Melatih Perpindahan Chord Gitar Dengan Cepat, semoga berguna bagi pembaca sekalian dan sampai jumpa di artikel berikutnya!




0 comments: