IBX5981FE7FCD958 Truss Rod, Bagian Penting Dari Neck Gitar Dan Bass

Truss Rod, Bagian Penting Dari Neck Gitar Dan Bass

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Konstruksi gitar dan bass cukup sederhana. Sebuah bodi dan neck yang kemudian disatukan atau digabungkan dengan berbagai cara. Selain bodi gitar dan bass, neck adalah bagian yang penting karena selalu mengalami kontak dengan player. Karena itu neck gitar harus tetap dalam keadaan lurus.
Truss rod, bagian penting neck gitar yang sering terlupakan

Guitar neck
Truss rod terletak di dalam neck gitar atau bass, di bawah fretboard

Namun karena neck umumnya terbuat dari kayu, maka setelah beberapa lama menahan tarikan dari senar, sewaktu-waktu neck bisa melengkung. Truss rod adalah komponen dalam neck gitar  atau bass yang bisa mengoreksi kelengkungan tersebut sehingga neck kembali lurus.


Apa akibat dari neck yang melengkung? Yang paling terlihat adalah action senar tinggi  di beberapa bagian fretboard, terutama di bagian tengah neck.

Truss Rod Head
Contoh truss rod pada gitar akustik


Ada baiknya kita pelajari dulu cara kerja sebuah truss rod sebelum kita membahas beberapa hal lainnya.


Cara Kerja Truss Rod
Truss rod terdiri dari dua buah batang logam yang disatukan, namun salah satu batang tersebut dapat bergerak maju mundur dengan sebuah nut atau kunci L.
Karena satu batang diam dan batang lainnya dapat bergerak, maka truss rod dapat melengkung atau diluruskan kembali sesuai dengan putaran nut tadi.

Jenis Truss Rod
Truss rod hanya ada dua jenis, yaitu single action atau double action. Single action hanya dapat meluruskan neck yang melengkung ke atas, sedangkan double action truss rod dapat memperbaiki neck dengan lengkungan ke atas (up bowing) atau (back bowing) kebawah.
Gitar-gitar modern umumnya sudah dilengkapi dengan double action truss rod. Truss rod single action ada di gitar-gitar vintage atau jadul.

Material Truss Rod
Material untuk truss rod biasanya logam kuat yang lentur dan tahan karat. Baja adalah materi yang paling umum, tapi ada juga yang terbuat dari titanium.

Truss Rod Untuk Kekuatan Neck?
Hal yang sering menjadi salah kaprah adalah truss rod juga berfungsi untuk menambah kekuatan atau kestabilan neck. Fungsi utama truss rod adalah untuk memperbaiki/meluruskan neck yang melengkung. Kekuatan atau kestabilan neck didapat dari konstruksi neck atau juga dengan menambahkan batang serat karbon pada neck.
Penambahan batang serat karbon atau material lain untuk menambah kekuatan neck disebut neck reinforcement.

Cara Mengatur Truss Rod
Diputar ke kanan truss rod akan melengkung ke atas, diputar ke kiri truss rod akan melengkung ke bawah. Namun sangat disarankan agar setting truss rod dilakukan oleh teknisi atau luthier berpengalaman, karena setting truss rod juga dilakukan bersama setting action, fretboard, dan juga nut.

HATI-HATI!! Bila kita mencoba mengatur sendiri truss rod, namun ternyata sulit diputar atau keras, sebaiknya hentikan dan segera bawa ke luthier atau teknisi terkemuka di kota Anda. Truss rod yang rusak sangat berbahaya dan mengganti truss rod bukanlah pekerjaan mudah dan membutuhkan biaya cukup besar. 

Tidak Semua Gitar Memiliki Truss Rod?
Truss rod wajib di pasang di semua neck gitar atau bass agar bisa di setting sebaik mungkin. ...Kecuali untuk sebuah perusahaan gitar bernama Vigier. Perusahan gitar yang berasa dari Grigny, Prancis tersebut memiliki filosofi yang berbeda dari pembuat gitar pada umumnya. Semua neck gitar dan bass Vigier sama sekali tidak memiliki truss rod!!

Sebagai gantinya mereka menggunakan konstruksi neck yang unik, dimana 90% neck gitar adalah kayu seperti gitar dan bass pada umumnya, sedangkan 10% lainnya adalah sebuah lempengan serat karbon kuat yang berada di tengah neck. Vigier menjamin neck tetap kuat dan stabil di segala kondisi cuaca.
image taken from Vigier Guitars

Selain Vigier, Steinberger era awal yang dibuat di tahun 80-an juga tidak memiliki truss rod. Sebenarnya Steinberger tidak memerlukan truss rod sama sekali, karena seluruh necknya terbuat dari serat karbon. Namun belakangan Steinberger menambahkan truss rod agar neck dapat di setting sesuai kebutuhan player.
Semoga artikel singkat ini dapat menambah pengetahuan kita tentang pentingnya truss rod serta agar kita lebih mengenal instrumen kita serta cara merawat dan mempertahankannya. See u in the next article, baca terus Guitarsquartz, dan nantikan berbagai artikel menarik lainnya. Ciao.

0 comments: