IBX5981FE7FCD958 Tips dan Trik Praktis Bermain Bass Solo Untuk Pemula

Tips dan Trik Praktis Bermain Bass Solo Untuk Pemula

Guitarsquartz.net-Fungsi bass yang utama adalah menjaga ritem serta melodi lagu. Fungi bass ini adalah yang terpenting bagi pemain bass. Tapi setelah beberapa saat, pemain bass pun dapat menunjukan kemahirannya dengan permainan bass solo.



Biasanya untuk pemain bass yang sudah memainkan bass selama beberapa tahun akan mencoba untuk melakukan solo bass. Atau juga mereka yang dari awal bermain bass mencoba untuk mengeksplor permainannya sendiri lewat solo bass. 

Untuk pemain bass pemula, permainan solo bass cukup menantang, karena membutuhkan kelincahan jari serta pengetahuan tentang fretboard bass. Selain itu ada beberapa tips dan trik yang akan saya share seputar permainan bass solo.

1. Kuasai Tangga Nada Mayor dan Minor
Dari semua tangga nada yang ada, menguasai dua tangga nada ini rasanya sudah cukup untuk memainkan banyak lagu, selain pentatonik dan blues. Menguasai dua tangga nada ini penting agar jari-jari kita tidak ‘tersesat ’ saat mencoba mengulik sebuah melodi lagu.

2. Mulai dengan melodi yang mudah
Banyak lagu yang memiliki melodi sederhana dan memorable. Contohnya lagu-lagu The Beatles, atau lagu apapun tidak masalah. Cobalah memainkan melodi lagu tersebut dengan nada serta timing yang tepat. Bila  melodi lagu tersebut sulit kita mainkan, maka kita membutuhkan software untuk memperlambat lagu, atau cukup mencoba melodi dari lagu lainnya. 

Berlatih memainkan melodi pada bass juga sekaligus melatih fingering agar lebih lentur dan lancar, jadi sekali berlatih kita mendapatkan dua manfaat.Oya, pick atau jari tidak masalah, kita bisa menggunakan keduanya untuk memainkan solo bass.


3. Memainkan Di Berbagai Posisi Fretboard
Setelah kita menguasai melodi lagu sederhana pada poin sebelumnya, kita bisa mencoba memainkannya di berbagai posisi fretboard. Untuk awalnya bisa dengan nada dasar yang sama dengan melodi lagu yang kita ulik, tapi kita mainkan oktaf yang lebih rendah atau lebih tinggi dari lagu aslinya. 

Kemudian kita bisa mencoba memainkan melodi lagu yang sudah kita latih di nada dasar yang berbeda. Selain melatih fingering solo bass kita juga belajar berbagai macam posisi fretboard. 


4. Ciptakan Solo Bass versi Sendiri
Kita mungkin sudah bisa memainkan beberapa melodi lagu sampai tahap ini. Cobalah membuat solo versi kita sendiri. Bisa dari lagu yang sedang digarap band kita, bisa juga dari lagu ciptaan kita sendiri. Ciptakan solo bass menarik yang simple saja, tidak perlu terlalu panjang atau teknikal. Solo bass tersebut bisa melodi lagu atau melodi baru yang sama sekali berbeda dari lagu yang sedang dimainkan band kita. 


5. Jangan Minder
Melihat Youtube, kita akan menemukan ribuan pemain bass dari berbagai genre, mampu memainkan solo bass dengan kemampuan teknikal yang luar biasa. Tapi jangan minder atau rendah diri, karena solo bass tidak perlu rumit, simple tapi menarik juga dapat menimbulkan efek keren pada sebuah lagu. Contohnya adalah intro bass dari Duff McKagan di lagu “Sweet Child O Mine. Terus latihan dan mencoba, pasti nanti cepat atau lambat kita akan menemukan melodi untuk solo bass yang keren.


6. Mencoba Memainkan Solo Saat Live
Tampaknya memang cukup menakutkan, tapi saat inilah kemampuan solo kita diuji hehehe. Jika tidak yakin, cukup mainan satu atau dua bar saja. Untuk solo bass ini kita juga bisa menambahkan efek untuk menegaskan suara bass kita, contohnya distorsi atau overdrive. Biasanya solo bass diberi tempat setelah jamming panjang di tengah lagu. Jangan takut, just grab the chance and go!!

Segitu dulu artikel tentang memainkan solo bass. Terus berlatih dan tetap percaya diri memainkan bass!! Sampai jumpa di artikel berikutnya, simak terus berbagai berita serta tips dan trik menarik hanya di Guitarsquartz.