IBX5981FE7FCD958 Tips Bass Untuk Bermain Cepat!!

Tips Bass Untuk Bermain Cepat!!

Leave a Comment
Guitarsquartz.net-Pasti ada suatu saat, suatu momen dimana seorang player ingin menambah kemampuannya. Ada berbagai macam teknik dalam bermain bass yang dapat menunjukkan kemampuan seorang player, salah satunya adalah speed playing atau permainan cepat.

Teknik lain yang dapat menunjukkan kemampuan pemain bass umumnya adalah tapping atau slap. Tapi mampu bermain dengan cepat atau dapat menunjukan kemahiran pemain bass, karena membutuhkan pemahaman fretboard yang mendalam serta kelincahan jari tangan fretting.

Selain itu dapat bermain cepat merupakan skill yang kita butuhkan untuk beberapa jenis musik, seperti metal atau progresif rock. Walaupun tentu saja bisa bermain cepat tidak lantas menjadikan kita pemain bass yang baik. 

Berikut ini tips singkat tentang penggunaan permainan cepat pada bass. 

1. Gunakan Untuk Part Tertentu
Bermain cepat memang menyenangkan, namun tentu tidak tepat jika digunakan diseluruh bagian lagu. Kecuali jenis musik yang kita mainkan menuntut kita untuk bermain cepat sepanjang lagu. 

2.Jaga Agar Tone Tetap Jelas Dan Bersih
Bermain dengan kecepatan tinggi memiliki tantangan tersendiri, salah satunya adalah menjaga agar suara senar serta setiap nada terdengar dengan jelas dan bersih. Hal ini bisa dilatih dengan memainkan tempo yang lebih lambat, kemudian secara bertahap menaikkan kecepatan. 

3.Hati-Hati Dengan Efek
Menambah distorsi, modulasi atau efek-efek unik lainnya dapat membuat permainan bass kita terdengar lebih menarik. Namun untuk permainan cepat, efek dapat mengaburkan artikulasi dari setiap nada yang kita mainkan. Karena itu harus berhati-hati dalam menggunakan dan menyetting efek untuk permainan cepat.


 Nah, tips diatas berbicara seputar pengunaan bermain cepat dalam komposisi lagu. Tips berikutnya kita akan membahas bagaimana cara kita dapat meningkatkan kecepatan permainan bass kita. Permainan epat membutuhkan staminan, akurasi serta pemahaman mendalam tentang fretboard bass. 
Bermain cepat untuk bass memiliki tantangannya sendiri, karena senar yang lebih besar serta scale length yang lebih panjang daripada gitar. 

1. Pemanasan
Sebelum mulai berlatih untuk bermain cepat pada bass, sebaiknya kita selalu mulai dengan pemanasan atau warming up terlebih dahulu. Pemanasan tidak perlu dilakukan dengan metronom, cukup dengan tempo sedang saja. 

Pemanasan bisa dilakukan dengan memainkan tangga nada diseluruh bagian neck. Bisa juga dengna memainkan tangga nada kromatik pada bass. 

2.Tangga Nada
Cara ini cukup klasik, yaitu dengan memainkan tangga nada, bisa mayor atau minor, kali ini dengan menggunakan metronom. Kita bisa mencoba dari tempo yang sedang, sekitar 100 bpm. Bila terasa terlalu cepat, kita dapat menurunkan temponya.

Setelah kita bisa memainkan tangga nada tersebut dengan nyaman dan jelas, sedikit demi sedikit kita bisa menambah temponya. Misalnya jadi 120 bpm, kemudian kita tambah lagi menjadi 140 bpm, dan seterusnya. 

3. Mainkan Lagu Bertempo Cepat
Kadang berlatih dengan tangga nada cukup membosankan. Karena itu kita bisa mencoba mempelajari lagu-lagu yang bertempo lebih cepat dari yang biasa kita mainkan. Misalnya lagu-lagu dari Mr Big atau beberapa lagu Winery Dogs. Tentunya tidak harus lagu rock, asalkan lagu tersebut memiliki tempo yang cepat dan menantang kita untuk bisa ikut memainkan sesuai dengan tempo lagu tersebut.  

4. Perhatikan Tekanan Jari Di Fretboard
Tips kali ini terinspirasi dari Gary Willis, pemain bass bergenre jazz yang sudah puluhan tahun berkarir sebagai musisi. Gary menyarankan agar kita memperhatikan tekanan jari pada fretboard kita. Apabila kita menekan fret terlalu keras, maka kita membuang tenaga serta mengurangi kecepatan. Bila terlalu lemah menekan fret, maka bisa jadi nada yang kita mainkan tidak keluar. 

Kita harus menjaga agar tekanan senar ke fretboard tidak terlalu keras atau lemah. Tekanan jari yang pas pada senar akan memaksimalkan efisiensi serta tidak membuat fretting hand cepat lelah. 
Pada saat live tentu kita tidak bisa mengontrol tekanan jari kita, tapi saat sedang latihan, kebiasaan baik ini bisa dipraktikkan. 

5. Mulai Dari Tempo Yang Lambat Dulu
Mungkin tips terpenting untuk meningkatkan kecepatan permainan bass adalah kesabaran yang tinggi. Ya, jarang orang dapat memainkan bass dengan cepat hanya dengan sekali belajar. Jika kita memaksakan jari kita untuk bermain cepat, maka jadinya tangan cepat pegal dan suara ayng keluar tidak akan bagus. 

Seperti bayi yang harus belajar berjalan dulu sebelum berlari. Hal yang sama juga berlaku untuk meningkatkan kecepatan bermain bass. Bila kita belum bisa memainkan suatu part dengan cepat, maka kita harus menurunkan tempo dan mulai berlatih dari tempo yang lebih pelan dulu. Baru perlahan-lahan kita menaikkan tempo hingga bisa bermain sesuai dengan tempo yang kita inginkan.

Segitu dulu artikel kira kali ini, nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net .
 

0 komentar: