IBX5981FE7FCD958 Macam - Macam Teknik Gitar Yang Perlu Dikuasai

Macam - Macam Teknik Gitar Yang Perlu Dikuasai

GuitarSquartz.net Bermain gitar merupakan suatu hal yang sangat mengasyikan apabila jika kita sudah tahu teknik-tekniknya, kita akan bersemangat untuk bermain gitar. Teknik bermain gitar itu ada bermacam-macam, dan kita harus mempelajarinya untuk menambah wawasan kita bermain gitar. Ada teknik bermain gitar untuk music rock, music jazz, blues, pop, country, atau classic, semuanya memiliki teknik yang spesifik masing-masing.

8 Macam Teknik Gitar Yang Perlu Dikuasai

Pada kesempatan kali ini Guitarsquartz.net tidak akan membatasi teknik bermain gitar untuk music/chord gitar apa, tapi kita akan membahas secara umum. Setelah kita paham, dan piawan teknik-teknik yang akan dijelaskan di bawah ini, kita akan berlanjut pada teknik bermain gitar untuk music yang lebih spesifik.

1.) Teknik Picking

Teknik picking adalah teknik memetik senar menggunakan alat bantu yang disebut pick. Pick adalah alat yang dipegang biasanya diapit jari telunjuk  dan jempol.  Alatnya yang terbuat dari plastic, nilon, karet, atau bahkan ada yang terbuat dari batu. Teknik picking juga sangatlah beragam, mulai dari alternate picking, economic picking sampai harmonic picking.


Berikut beberapa metode teknik picking :
  • Up-stroke picking adalah teknik memetik senar ke arah atas. Dalam tablature biasa disimbolkan dengan gambar V.
  • Down-stroke Picking adalah teknik memetik senar ke bawah. Dalam tablature dinotasikan berbentuk ^.
  • Arternate Picking/Tremolo Picking adalah teknik gabungan  upstroke picking dan downstroke picking. Economic Picking adalah variasi picking. Biasanya digunakan untuk permainan gitar solo cepat.
  • Teknik economic adalah membunyikan 2 nada pada 2 senar dalam satu petikan.
  • Circle Picking adalah teknik picking yang tidak jauh berbeda dengan teknik economic akan tetapi untuk membedakannya pada circle picking memetikan senarnya dengan cara memutar seperti lingkaran sehingga dapat menghasilkan suara lebih halus
  • Tremolo Picking  adalah teknik yang sama halnya dengan arternate picking, variasi tremolo biasanya bisa di bedakan ketika ada 1 nada di petik secara sering (berulang-ulang) dan cepat. 
  • Sweep Picking adalah teknik beberapa senar sekaligus, ke atas ke bawah berdasarkan nada-nada arpeggio.
  • Harmonic Picking adalah teknik picking untuk mencari nada harmonic.
  • Tapping Picking adalah teknik picking yang dilakukan dengan memukul senar pada freet gitar secara cepat atau lambat. Teknik ini biasa dimaikan oleh Joe Satriani jika sedang solo gitar
2.) Strumming

Teknik strumming adalah teknik memetik dua atau enam senar secara bersama-sama. Strumming atau teknik memetik ini bisa hanya dengan jari atau sebuah alat yang disebut pick atau plectrum atau plectron.


Seperti teknik picking, strumming terdiri dari dua cara yaitu  downstroke (memetik gitar dari atas ke bawah) dan upstroke (memetik gitar dari bawah ke atas).
Simbol strumming dalam tabulatur gitar adalah sebagai berikut:


8 Macam Teknik Gitar Yang Perlu Dikuasai










Teknik strumming dalam setiap genre music berbeda. Strumming music dangdut akan sangat berbeda dengan lagu pop, atau dengan lagu rock. Masing-masing memiliki ciri khas, Anda bisa membedah dengan cara mendengar lagu yang dibawakan. Anda juga bisa mengikuti cara bermainnya dengan mendengarkan dan mengikutinya. Teknik strumming harus terus dilatih agar Anda menjadi gitaris yang mahir dan piawai.

3.) Hammer on

Teknik Hammer On adalah teknik memainkan dua nada (atau lebih) mulai dari nada rendah ke nada yang lebih tinggi dengan satu kali petik atau bisa dibilang teknik membunyikan dua nada dalam jarak waktu yang pendek. Caranya dengan menekan nada awal, kemudian menekan nada yang yang lebih tinggi hanya satu kali petik. 



4.) Pull Off


Dalam teknik Hammer On kita kenal juga teknik pull off. Teknik pull off adalah teknik memainkan dua nada (atau lebih) mulai dari nada tinggi ke nada yang lebih rendah dengan satu kali petik. teknik nya dengan menekan nada awal dipetik dan kemudian membunyikan nada kedua, sambil bersamaan melepaskan jari di nada pertama. 



5.) Tapping

Tapping adalah teknik gitar yang dipopulerkan oleh gitaris Van Hallen, Edie Van Hallen. Teknik  sangat popular berbarangan dengan kepopuleran band asal Belanda tersebut. Teknik ini menjadi teknik yang wajib dipelajari oleh gitaris rock hingga kini.

TeknikTapping pada dasarnya sama dengan hammer on. Perbedaannya adalah dalam teknik tapping kedua jari kanan dan kiri harus sama-sama melakukan teknik hammer on.

8 Macam Teknik Gitar Yang Perlu Dikuasai










6.) Bending


Teknik ini biasa diugnakan para musisi blues, dan terus berkembang akhirnya digunakan juga oleh gitaris rock. Teknik bending adalah menaikkan nada dengan mengangkat atau menarik senar yang kita petik. Teknik ini nyaris sama dengan teknik slide untuk mendapatkan efek suara yang tinggi. Namun bukan diangkat tapi menggeser jari.

8 Macam Teknik Gitar Yang Perlu Dikuasai












7.) Re-Bending ( Reserve Bending)


Teknik Re-Bending adalah kebalikan dari teknik bending itu sendiri, seperti teknik hammer on kebalikannnya pull off. Cara memainkannya yaitu Nada di bending dulu baru dengan pick dan kemudian turunkan bending nya ke Nada normal sebelum dibending.


8.) Teknik Arpeggio

Jika Anda akrab dengan musik rock terutama rock berkarakter keras dan cepat, tentunya anda tidak heran dengan permainan solo yang begitu cepat. Hal ini dilakukan dengan teknik Arpeggio. 

Teknik ini sangat sederhana, dimana posisi jari tangan kiri membentuk chord sedangkan pola petik dari pick dengan downstroke di senar-senar yang bernada dari senar paling besar ke paling kecil. Tapi teknik ini sering juga dilanjutkan dengan upstroke dari senar terkecil ke yang besar. Posisi tangan kiri tetap sama, meskipun sering diakhiri dengan hammering atau bending.


9.) Tremolo Handle Teknik

Ini teknik yang paling sering digunakan gitaris rock. Permainan tremolo sering kali menimbulkan efek suara yang aneh, seperti ringkikan kuda. Untuk melakukan teknik ini gitar yang kita gunakan harus memiliki alat bantu handle. Handle yang dipasang di Bridge & Stogp Tailpiece guitar jika diangkat menaikkan satu oktaf nada, sebaliknya bisa juga menjadikan nada turun jika handle nya tekan kebawah 



10.) Tremolo Picking

Tremolo Picking adalah teknik memetik satu senar dengan pick secara up down secara cepat. teknik ini biasa dimainkan jenis musik rock.



11.) Slide

Slide merupakan teknik membunyikan dua nada dalam satu senar dilakukan dengan cara dipetik satu kali dan langsung menggeser jari sehingga terdengar bunyi meluncur.

Teknik Slide ini jika ditinjau dari arahnya ada dua macam yaitu:
  • Ascending Slide / Slide Up (Slide maju dari nada rendah ke nada tinggi)
  • Descending Slide / Slide Down (Slide mundur dari nada tinggi ke nada rendah)

12.) Sliding 

Teknik Sliding adalah teknik memakai alat bantu berupa stainless steel atau bahan kaca yang bisa dimasukan kedalam jari manis kita. Seperti teknik gitar lainnya belajar teknik sliding membutukan sedikit latihan. namun tetap harus rutin dilakukan untuk hasil maksimal.


Cara melakukannya seperti ini - tekan satu senar pada fret mana saja sesukamu. Misalnya senar ke 3 fret ke 2 petik senar tersebut, lalu geser jari kamu dari fret ke 2 menuju fret ke 4 secepat mungkin tanpa mengankat jari ingat tanpa mengangkat jari". Kalau jari Anda terangkat, niscaya suara senar tidak akan bagus. Selain itu untuk melakukan teknik sliding ini, jari Anda harus menekan senar gitar dengan kuat aga suara gitar bisa terdengar , karena kita hanya satu kali memetik senar gitar untuk memainkan teknik ini..

13.) Vibrato

Teknik Vibrato adalah teknik yang menghasilkan suara gitar seperti bergelombang, dilakukan dengan cara mengguncangkan senar keatas kebawah. Teknik mirip dengan bending hanya dengan bending 1/4 atau 1/2 saja dan dilakukan secara cepat berulang ulang. Teknik Vibrato akan terasa mudah dilakukan jika menggunakan jari manis, tengah atau bisa jari telunjuk tergantung posisi fingering sesuai tangga nadanya. Vibrato bukan hanya menghasilkan suara bergelombang namun bisa memperpanjang (sustain) dan warna suara jadi lebih kuat.


14.) Trill

Trill adalah teknik gabungan dari hammer on dan pull off yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tempo yang cepat. Teknik Trill ini adalah teknik favorit yang sering dimainkan oleh para gitaris pop dan rock. Gitaris indonesia teknik ini dimainkan Andra Ramadhan dan Piyu


15.) Unisound Bend

Teknik Unisound Bend adalah teknik pengembangan dari teknik bending. Cara memainkannya yaitu lakukan bending pada gitar senar No.3 kemudian secara bersamaan petik dengan pick senar No. 2 dibawah secara langsung.


Demikianlah itu bebarapa macam-macam teknik gitar yang perlu Anda kuasai semoga dapat bermanfaat bagi Anda sekalian, selamat berlatih. Good Luck!