Cara Belajar Teknik Gitar Vibrato

Leave a Comment
Cara Belajar Teknik Gitar Vibrato - Vibrato merupakan teknik gitar yang sangat penting untuk permainan solo gitar biasa digunakan oleh sebagai besar seorang gitaris profesional, biasanya teknik permainan gitar Vibrato dipakai pada saat pertama kali untuk mengakhiri permainan solo melodi gitar atau saat jeda melodi. Teknik Vibrato ini bisa dikatakan juga untuk memperpanjang bunyi nada/Sustain saat memainkan melodi gitar.

Cara Belajar Teknik Gitar Vibrato

Jika Anda ingin menjadi seorang gitaris yang hebat, Anda harus belajar menguasai teknik ini untuk meningkatkan keterampilan dalam permanan solo gitar Anda untuk menciptakan nada melodi yang intens. Untuk memainkan teknik ini tidaklah sulit hanya saja butuh ketetapan dan tidak boleh dengan asal-asal berbunyi harus bisa enak di dengar. Ada beberapa hal penting dalam memainkan teknik vibrato yaitu dengan cara bunyikan nada yang ditunjuk dan gerakan jari yang menekan dawai tersebut ke atas dan kebawah secara cepat untuk menghasilkan nada yang bergetar tetapi tetap menghasilkan suara halus dan indah.

Untuk memainkan teknik dasar vibrato berikut Guitarsquartz.net akan kasih tutorialnya dalam bentuk tab sederhana yang bisa Anda pelajari.

E|----------------------------------
B|-------------8~-------------------
G|----------------------------------
D|----------------------------------
A|----------------------------------
E|----------------------------------

Keterangan : 

* 8~ : ditekan pada senar ke-2 fret ke-8, * tanda "~" : merupakan simbol dari Teknik Vibrato * E_A_D_G_B_E' : merupakan posisi kepala gitar

Untuk keterangan selanjutnya Anda perlu pahami juga mengenai cara memainkan teknik vibrato yaitu dengan dua cara namanya vertikal dan horizontal. 
  • Untuk vertikal adalah dengan melakukan bending up-down dengan kenaikan nada yang tidak tinggi bahkan paling rendah. Alasanya vibrato ini bukan untuk merubah nada, namun hanyalah suatu efek suara. Kecepatan up-down ini tergantung pada kebutuhan, namun ada baiknya anda melatih agar lebih cepat.
  • Diposisi horizontal dilakukan dengan menggerakkan sedikit jari anda secara mendatar melewati fret yang lain. Para pemain gitar umumnya memakai teknik ini setelah melakukan bending up-down.
Lihat video ini tentang cara bermain vibrato pada gitar dan membuat kemajuan besar dalam bermain gitar Anda.



Klik video untuk mulai menonton.

Hanya itu saja yang bisa saya bagikan mengenai cara belajar teknik gitar vibrato, semoga  bermanfaat bagi anda yang sedang belajar bermain gitar. Jika ada yang ingin ditanyakan berikan komentar Anda di bawah, dan bila ada mastergitaris yang ingin menyempurnakan artikel di atas, silahkan tinggalkan komentar Anda. Terima kasih.



0 comments: